Sabtu, 18 Februari 2012

Awas demam berdarah!


Tadi siang saya menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Fimela.com bekerja sama dengan awasdb.com. Saya, pasangan, serta dua anak saya menikmati obrolan santai soal bahaya demam berdarah dan pencegahannya di Penang Bistro, Oakwood Residence, Mega Kuningan, Jakarta. 

Santai karena kami bisa mengikuti pesan yang disampaikan oleh dokter Endah Citra Resmi serta Rezka Ilhamsyah sambil menikmati makan siang yang lezat. Bahkan anak saya pun dengan cukup mudah menyerap pesan yang disampaikan. Sekali ia berbisik, “Ma..berarti aquarium yang di rumah harus sering dibersihin, ya?, takut Sabil (adek bayinya) kena demam berdarah.”

Yang saya (dan mama lainnya) pelajari (lagi) adalah bahaya demam berdarah yang seringkali, karena saking seringnya, mulai dianggap biasa oleh kebanyakan orang, padahal ini adalah penyakit menular yang berujung pada kematian. Parahnya lagi, dulu kita ingat bahwa DBD terjadi pada musim hujan, tapi sekarang kelihatannya penyakit itu seperti tak kenal musim.

Dokter Endah berbicara panjang lebar mengenai demam berdarah, setelah itu dilanjutkan oleh Rezka dari awasdb.com. Para mama yang hadir dengan antusias melayangkan banyak pertanyaan dan komentar kepada kedua pembicara tersebut. Pertanyaan yang saya catat (karena saya juga bertanya-tanya tentang hal ini) adalah bagaimana cara pencegahan dan penanganannya, selain 3M yang sering didengung-dengungkan oleh pemerintah. Salah satu jawaban yang perlu digarisbawahi adalah: banyak minum! Ya, perbanyak cairan yang masuk ke tubuh, apa pun itu, tidak mesti jus jambu saja, seperti yang banyak kita dengar.

Wah, dari bincang santai itu begitu banyak ilmu dan informasi baru yang saya dapatkan. Saya pun merasa bahwa saya harus lebih waspada dengan bahaya demam berdarah ini namun tetap berusaha tenang dan melakukan berbagai tindak pencegahan yang perlu dilakukan.

Oya, satu suvenir yang menarik perhatian saya dan suami adalah jam yang ada dalam goodie bag. Jam tersebut memberi penanda pada waktu-waktu di mana nyamuk aides aegepti penyebab demam berdarah berkeliaran, sehingga kita bisa lebih aware dan melakukan pencegahan dengan menggunakan lotion anti nyamuk di pagi hari dan menyemprotkan pembasmi nyamuk di sore hari.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang demam berdarah dan pencegahannya, langsung saja kunjungi awasdb.com.

Semoga artikel liputan ini bermanfaat ya ... :)

0 komentar: