Kamis, 16 Agustus 2012

101 Cara Menurunkan Berat Badan (updated)

pinterest.com

Dari hasil baca sana-baca sini, blog walking sampai pengalaman pribadi, ada begitu banyak cara menurunkan berat badan, tinggal dipilih mana yang sesuai dan bisa dipraktekan...
    pinterest.com
  1. Konsumsi Serat. Selain membuat perut terasa lebih penuh dan kenyang, ternyata mengkonsumsi serat juga bisa menghambat penyerapan hingga 120 kalori dari makanan yang kamu konsumsi, alhasil, perut lebih rata pun bukan hanya idaman semata.
  2. Sarapan!. Hampir disemua literatur tentang menurunkan berat badan, sangat dilarang untuk men-skip sarapan. Lagipula, kalau hari kita dimulai dengan sarapan yang sehat, mood akan lebih bagus, kita pun akan lebih bersemangat beraktivitas, bekerja, termasuk berolahraga. 
  3. Konsumsi Probiotik. Jackie Warner, seorang pelatih selebriti, menyarankan agar mengkonsumsi makanan kaya probiotik seperti yoghurt rendah lemak untuk memaksimalkan penurunan berat badan.
  4.  Minum kopi (this is my favorite!). Kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu usaha penurunan berat badan, asal jangan tambahkan gula di dalamnya. Atau bagi yang tetap ingin manis, bisa tambahkan madu atau sedikit gula.
  5.  Tidur yang cukup. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Kolombia menemukan bahwa wanita yang tidur hanya empat jam sehari (that’s me!) mengkonsumsi kalori 329 lebih banyak pada keesokan harinya dibanding dengan yang cukup istirahat. O..ow!
  6.  Makan malam empat jam sebelum tidur. Sebenarnya banyak yang menyarankan untuk makan malam paling telat dua jam sebelum tidur, but, from my own experience, empat jam sebelum tidur rasanya lebih cepat membuat tubuh terasa enteng.
  7.  Slimspiration. Cari seseorang atau selebriti yang menjadi inspirasi bagi kamu untuk lebih langsing dan sehat. Cari fotonya di internet, print, dan pajang!. It works on me.
  8.  Bergerak aktif. Tidak punya waktu untuk ke gym?, tidak punya waktu untuk pergi ke kolam renang?, tidak punya waktu untuk mengikuti kelas aerobik?. TAPI punya waktu kan untuk naik atau turun tangga di kantor? Atau berjalan menghampiri rekan kerja jika ada keperluan (daripada menggunakan email atau telepon)? Lakukan hal-hal kecil itu sesering mungkin, gunakan pedometer untuk menghitung jumlah langkahmu.
  9.  Pilih buah daripada jus buah. Kebanyakan jus buah sudah tidak memiliki serat lagi (karena disaring) dan sudah ditambah gula atau pun susu. Buah segar adalah pilihan terbaik jika kamu sedang menurunkan berat badan.
  10.  Tambahkan protein dalam setiap makanan kamu. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa orang yang menambahkan 30 persen protein ke dalam makanan sehari-harinya mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit dalam sehari. Telur, kacang, dan daging adalah sumber protein yang mudah ditemukan.
  11.  Makan sup sebelum menu utama. Sup, apalagi yang berkalori rendah, akan sangat membantu kita dalam mengurangi asupan kalori yang masuk karena setelah mengkonsumsi sup, kita akan lebih cepat merasa kenyang saat makan menu utama.
  12. bing.com
     Minum dua sampai tiga liter air setiap hari. Air membantu membersihkan hati dan ginjal. Air juga bisa membakar 50-75 kalori lebih banyak serta mempercepat metabolisme.
  13.  Bawa bekal makan siang. Menyiapkan makan siang sendiri membantu kita untuk mengontrol jumlah kalori yang masuk. Meski pun kita berusaha membeli makanan yang menurut kita sehat, tapi apakah kita tahu berapa banyak minyak yang dipakai saat makanan tersebut dibuat?, berapa banyak garam yang ditaburkan?, dan seterusnya dan seterusnya.
  14.  Teh Hijau. Minumlah the hijau secara teratur setiap hari, selain bisa membantu proses penurunan berat badan, kulit pun bisa menjadi lebih cantik.
  15.  Jeruk Lemon. Tambahkan perasan setengah jeruk lemon ke dalam air hangat atau the hijau kamu dan minum setiap pagi setelah bangun tidur.
  16.  Olahraga. Tidak bisa dihindari, jika ingin menurunkan berat badan secara sehat, ya olahraga!. Tidak ada pilihan lain. Agar lebih mudah, tidak usah terlalu memaksakan diri, 30 menit sehari, asal rutin, pasti akan terlihat hasilnya.
  17.  Kontrol Porsi kamu. Jika kamu sudah tahu bahwa kamu bisa kenyang hanya dengan setengah piring nasi goreng, jangan habiskan satu porsi yang ada, apalagi dengan alasan sayang. Lebih baik bungkus setengahnya (kalau memang sayang) untuk dimakan saat jam makan berikutnya, atau sejak awal, berikan setengahnya kepada teman, atau pesan setengah porsi saja. 
  18.   Tulis yang kamu konsumsi. Jika serius ingin menurunkan berat badan, tidak perlu malas untuk selalu mencatat apa yang kamu makan, bahkan saat mencicipi kwetiaw pesanan teman saat makan siang pun tetap harus ditulis. Dengan ini kamu akan tahu berapa banyak yang kamu konsumsi sehari-hari, sehingga kamu akan berpikir dua kali untuk kalap makan siang atau mencicipi makanan milik teman(-teman).
  19.  Ganti nasi putih dengan nasi merah. Jika masih belum terbiasa, campur saja dulu. Buat pecinta nasi putih rasa nasi merah memang kurang enak, tapi lama kelamaan akan terbiasa.
  20.  Ganti roti putih dengan roti gandum. Sama seperti poin sebelumnya. Roti gandum yang kaya serat akan lebih mengenyangkan dan kalorinya juga lebih rendah.
  21.  Optimis!. Ini sangat penting. Orang-orang yang optimis bahwa mereka bisa menurunkan berat badan terbukti memang bisa menurunkan berat badan daripada orang-orang yang pesimis.
  22.  Ngemil kismis. Jika ingin ngemil tiba-tiba (padahal baru jam 10 pagi dan sebelumnya sudah cukup sarapan), sambil menunggu  jam makan siang, konsumsilah kismis, segenggam saja sudah cukup. Hal ini bisa mencegah kamu ngemil makanan tinggi garam seperti keripik, dll, yang akan mensabotase rencana dietmu.
  23.  Peregangan. Bekerja kantoran? Lebih banyak duduk? Seringkali, tanpa sadar kita tidak bergerak selama berjam-jam, membuat tubuh terasa sakit dan pegal, sehingga kamu pun jadi malas berolahraga.  Solusinya, lakukan peregangan sesering mungkin. Buat yang malu melakukan peregangan di kursinya, bisa menjadikan toilet sebagai tempat stretching. Saat selesai buang air, lakukan peregangan selama lebih kurang lima menit, ulangi setiap kali kamu pergi ke toilet.
  24.  Puasa. Di bulan Ramadhan, maksimalkan puasa kamu, selain berpahala, bonusny, berat badan kamu pasti berkurang, asal  tidak makan berlebihan saat berbuka puasa dan di malam hari.
  25.  Miliki teman berolahraga. Bosan atau iseng  lari pagi sendirian? Ajak teman yang kamu tahu punya tujuan yang sama denganmu.
  26.  Cari teman diet. Taruhan secara positif jika memungkinkan. Siapa yang lebih banyak turun setiap bulannya akan mendapat buku favorit dari teman yang ‘kalah’, atur saja, sesuai kesepakatan.
  27.  Makan pedas. Studi menunjukan bahwa makanan pedas bisa mempercepat metabolisme dan mendorong pembakaran kalori yang lebih banyak.
  28.  Dance. Bergoyang mengikuti irama music R & B atau musik favorit kamu lainnya akan membantu membakar kalori dengan cara yang asik tanpa terasa. On my bad day, I will use music to forget all my problems, dancing like crazy, seperti pelarian yang positif. Try it!
  29.  Konsumsi kedelai. Tempe dan tahu adalah makanan yang enak, sehat, dan cocok untuk diet kamu. Makan dengan sambal, tanpa nasi pun akan terasa sangat nikmat dan tentu saja mengurangi angka di timbangan. Eit..kalau bisa jangan digoreng ya..kukus atau dibacem saja.
  30.  Nonton acara TV favorit sambil pegang dumbbell. Tidak ada ruginya, kan? Buang rasa malas jauh-jauh. Digunakan saat break iklan pun lumayan, daripada tidak sama sekali.
  31.  Variasikan makanan. Tubuh Anda membutuhkan semua nutrisi  dan ini bisa didapat dengan beragammnya jenis makanan kamu. Kalau kekurangan nutrisi, otomatis penurunan berat badan yang sehat akan terganggu.
  32.  Pilih gula asli. Sebaiknya konsumsi gula asli tetapi dengan takaran secukupnya, karena gula buatan justru kurang baik untuk sering dikonsumsi.
  33.  30 Menit kardio setiap hari. Olahraga  apa pun yang meningkatkan detak jantung akan membakar kalori, misalnya aerobic, kickboxing, dan menari.
  34.  Beli pedometer. Pakai dan bawa ke mana-mana untuk sehingga kamu bisa termotivasi untuk berjalan 5000 langkah setiap harinya.
  35. Gunakan bantuan online. Myfitnesspal adalah salah satu contoh online buddy dalam menurunkan berat badan. Harus coba!
  36.  Buat target mingguan. Agar terasa ringan, buatlah target kecil mingguan, misalnya dengan menargetkan penurunan setengah kilo setiap minggunya daripada langsung menargetkan turun limabelas kilogram dalam 3 bulan misalnya, karena angka yang besar terkadang membuat kita ‘takut’ dan pesimis hingga akhirnya gagal.
  37.  Say no to soda!. Minuman ini mengandung kalori, tapi sama sekali tidak mengenyangkan (bikin kembung iya), alias kalori kosong. Sebaiknya pilih air putih setiap kali merasa haus.
  38.   Jauhi stress. Saat stress, banyak wanita yang makan berlebihan, jadi, ushakan untuk tidak stress berlebihan sehingga kamu bisa tetap mengendalikan nafsu makanmu.
  39.  No fast food! Believe me. Saya melihat seorang teman lama yang sejak remaja suka sekali makan junk food, terakhir bertemu dia, saya pikir dia sedang hamil *sorry sis L*. 
  40. Sit-up sambil nonton serial favorit. Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit lhoo..
to be continued. If you have any ideas, tips, or even experience, please share with me ya...

Z


share

0 komentar:

Poskan Komentar