Senin, 31 Desember 2012

Social Media for Your Small Business

 Media Sosial Untuk UKM

Saya bukan ahli media sosial, tapi saya pemerhati dan sangat tertarik dengan topik yang satu ini, bahkan, essay saya sebagai salah satu syarat kelulusan untuk program CPR (Certified Public Relations) beberapa minggu lalu adalah “Social Media Management for Law Firms”. Kenapa law firm? Karena harus berusaha nyambung dengan kerjaan saya saat ini di law firm hehehe..

Eniwei, salah satu passion saya adalah entrepreneurship, karena cita-cita akhir saya dalam dunia kerja adalah menjadi momtrepreneur. Kaya'nya indah banget, bisa lebih sering bersama keluarga terutama anak-anak, namun tetap punya penghasilan, di bidang yang saya suka lagi…*menatap langit penuh harap*
Untuk para mama yang sudah lebih dulu memiliki usaha kecil atau baru berencana punya usaha sendiri, tulisan tentang media sosial untuk UKM ini mudah-mudahan bisa bermanfaat ya..

Beberapa platform yang sering digunakan untuk marketing UKM antara lain adalah facebook, twitter, blog, dan yang sedang booming – pinterest, serta kalau mau agak serius bisa pakai LinkedIn.

FACEBOOK. Ini adalah platform yang paling banyak digunakan dan paling ‘ramah’ UKM karena selain mudah digunakan juga penggunanya yang sangat banyak yang tentu saja akan menjadi tempat yang bagus untuk mengiklankan jasa atau pun produk UKM. Mengutip ucapan Feby, pemilik cocopopcrafts di seminar yang diadakan mamatalks Juli lalu, bahwa di facebook, semua orang setara dan berteman, tidak ada follower, tapi friends. Saya sangat setuju…

i do like facebook


PINTEREST. Meski pun tergolong baru, tapi banyak banget yang udah ngefans sama platform ini. Seru banget, tampilannya kaya mading jaman kita sekolah dulu. Colourful, boards-nya bisa macem-macem lagi, sesuai dengan kesukaan kita. Misalnya saya pecinta sepatu dan make up, saya bisa punya dua boards alias papan yang berbeda untuk dua tema tadi. Keren deh pokoknya.

pinterest-nya Diana Rikasari yang cool banget..


TWITTER. Honestly, i’m not a fan of twitter, tapi saya punya akun twitter  (karena pernah beberapa kali sebel sama orang yang follow saya, trus saya follback -gw kan baik hati dan tidak sombong- eh, pas followernya udah banyak, gw di unfoll. Ups..jadi curcol, nih, hehehe). Opini saya sih, kalo bukan seleb atau figur publik lainnya, agak kurang cocok pakai platform ini kayanya, karena hitungan sukses atau tidaknya seringkali dinilai dari jumlah follower kita. Jadi sepertinya agak sia-sia kalau kita bikin akun twitter sementara followernya sedikit sekali dan kita sering tweet jasa atau produk kita, siapa yang mau lihat, kan?. Tapi kalau produk kita sudah cukup dikenal, membuat akun twitter adalah langkah yang bagus.




BLOG. Punya blog adalah suatu keharusan bagi seorang momtrepreneur. Selain untuk menjaring calon konsumen, blog juga berguna untuk pencitraan. Kalau rajin nulis blog dengan isi yang berbobot (dan tentunya rajin mempromosikan blog tersebut kemana-mana), niscaya kita bisa dikenal dan dianggap sebagai seorang yang kredibel dibidangnya. Misalnya mama bergerak di bidang pengajaran bahasa dan sering menulis tentang tips mengajar, referensi buku untuk mengajar, pengalaman mengajar atau pun mengelola lembaga pengajaran, dll, mama bisa dikenal sebagai orang yang ahli di bidang tersebut. Atau ‘cuma’ jadi ahli rumah tangga seperti mama gokil satu ini. She’s one of my favorite blogger!

Segitu dulu share-nya ya! really love to hear your own experience in using social media for your own business..

Z

Sabtu, 22 Desember 2012

home spa for busy mama :)

Semua mama pasti sudah super sibuk mengurus segala hal hingga terkadang waktu untuk diri sendiri, terutama yang berhubungan dengan perawatan tubuh agak terbengkalai. Contohnya saya, sebagai seorang ibu dari tiga anak, pekerja kantoran, punya pekerjaan sampingan sampingan, dll, dll, rasanya sangat sulit dan sayang kalau menghabiskan waktu libur jauh dari anak-anak.
Tapi selalu ada solusi dari setiap masalah, kan? :) Kenapa nggak melakukan perawatan sendiri di rumah? mmurah dan mudah, dan yang terpenting tidak jauh dari anak-anak :) Berikut langkah-langkah sederhana yang saya lakukan:

1. Siapkan perlengkapan spa rumahan kita plus beberapa perlengkapan tambahan, seperti cemilan sehat, teh hangat, dan tentunya bacaan favorit!


2. Mau lebih santai? siapkan tontonan yang menenangkan dan mengasyikan, misalnya film favorit atau bahkan video klip kesukaan. 3. Sebelum memakai masker dan lulur, saya biasanya akan membersihkan wajah dengan susu pembersih diikuti dengan penyegar. Ingin yang lebih alami dan tersedia di dapur? bersihkan saja menggunakan irisan jeruk nipis. Sedikit perih memang, tapi efeknya menyegarkan dan bersih! 4. Langkah berikutnya, saya mulai memijat tubuh dengan minyak zaitun dan melakukan scrub ke seluruh badan. Fungsi dari scrub ibi adalah membantu mengangkat sel kulit mati secara intensif sekaligus menghaluskan kulit. Cocok banget buat ibu-ibu yang saking sibuknya sering mandi buru-buru, hihihi curcol. Jadi, saat seminggu sekali melakukan home spa seperti ini bisa jadi ajang membersihkan diri maksimal yang terkadang sulit dilakukan dihari-hari biasa.


5. Setelah selesai scrubbing, saya lanjutkan dengan memakai masker untuk wajah dan masker payudara.
tetap bisa berinteraksi dengan si kecil dan kakak2nya..sempurna!
mamanya asik merawat diri dengan Sariayu, anak2nya  pun asik bermain :)

6. Setelah masker mengering, saya membersihkan masker di wajah dan di dada menggunakan air hangat. Sesudah itu, ritual berikutnya adalah mandi dengan lulur mandi. Banyak merek yang dijual di pasaran yang harganya sangat terjangkau. 7. Setelah mandi, langkah terakhir adalah mengoleskan hand body lotion putih langsat ke seluruh tubuh dan mengoleskan pelembab putih langsat ke wajahku . Segerrrr...

Dan..selesai..

Rasanya nikmat banget, seperti habis perawatan di spa yang mahal :) tapi kenikmatan yang tak tertandingi adalah kepuasan menikmati spa sambil tetap didampingi oleh anak-anak. PRICELESS

This is my weekly ritual in pics:

my weekly ritual...
Mau tau lebih banyak tentang produk spa ini? sila cek sendiri di fan page Sariayu Martha Tilaar dan follow @Sariayu_MT

Sabtu, 15 Desember 2012

5 Ide hadiah Tahun Baru di bawah Rp 100rb

Seminggu lagi Natal tiba, dua minggu lagi sudah tahun baru-an. Buat yang belum sempat beli hadiah Natal dan Tahun Baru untuk anak atau keponakan, baca tulisan ini buat inspirasi. Enjoy!

1.Bantal Gangnam style
Berhubung Gangnam style masih cukup 'in'. Bantal seharaga Rp. 54.000 ini bisa jadi pilihan yang lucu untuk hadian Natal dan Tahun baru, tidak hanya buat anak atau ponakan, sepertinya orang dewasa juga suka deh hehehe..
anak-anak dan dewasa pasti suka bantal ini :)


































for Snoopy lovers

2.  Snoopy Edition Italy Soccer
Cocok buat anak yang suka bola :), sedang diskon 50% pula, menjadi Rp. 89.500. Silahkan cek di sini untuk lebih lengkapnya.
Masih tersedia warna lain dan Snoopy dengan beragam gaya. 



 


 










 3. Polkadot Dress yang colourful

Harga dress ini menjadi Rp. 87.500 setelah didiskon. Bisa langsung dipakai anak untuk ke gereja atau merayakan tahun baru.














cocok buat ke gereja di saat Natal


4. Tunic Red Blouse
Lucuuu banget buat anak cewe. Bisa untuk acara formal atau pun casual. Harganya Rp. 99.950 setelah didiskon 50%. Lihat detailnya di sini.





























5. Candy Charm Bracelet
Gelang yang cute ini cocok untuk anak perempuan mau pun dewasa yang senang dengan warna-i permen. harganya Rp. 65.000 dan bebas ongkos kirim ke Jabodetabek. Klik di sini untuk info lengkap.


Merry Christmas and Happy New Year all!

Wish you a veryyyy nice Holiday!

Frugal Holiday ;p

Akhir bulan kemarin..karena lagi banyak keperluan, dari bayar cicilan sampe renovasi rumah, alhasil, saat anak-anak minta jalan-jalan di akhir minggu, bujetnya ngga memadai hehehe..jadilah suamiku ngajak liburan hemat, dan di luar dugaan, anak-anak senengggg banget..alhamdulillah.. mereka menikmati bekal makanan yang kami bawa plus jajan es krim dan buah di Kebun Raya Bogor..eh, pulangnya masih sempet beli kelinci lhoo...
abang Kenan, kaka Caca, dan ade Sabil..

Wowwwww....seruuuu....
Dana yang terpakai hanya untuk bayar tol, tiket 8 orang (termasuk omanya anak2 dan sepupu mereka), beli es krim, beli pisang satu sisir, dan beli kelinci :)

Z


share

Minggu, 02 Desember 2012

DIY: Batik Pocket Note

punya agenda kecil ini, tapi kurang suka dengan modelnya. Iseng2 gw bikin covernya dari baju batik bekas yang udah ga kepake..


bahannya: baju batik bekas, agenda poket, lem uhu, dan gunting
gini nih jadinya..