Senin, 25 November 2013

Sate Garo'

 
Sate Garo' dari Manado ini tampilannya bukan seperti sate yang pake tusukan gitu, tapi dagingnya memang dipotong-potong kurang lebih seukuran sate. Ini resep favorit keluarga. Gw doyaannn banget karena nyokap sering bikinin Sate Garo' ini, dan secara karena dulu ekonomi keluarga gw menengah ke bawah, waktu kecil ini hanya dibikin buat event2 khusus aja, jadi sekarang maunya minta bikinin makanan iniiii terus hehehe...

Akhirnya, beberapa saat lalu gw memutuskan untuk bikin sendiri dan berhenti merepotkan nyokap gw. Nyokap agak amazed waktu gw nanya2 resepnya, soalnya dia tau gw kurang bisa bikin masakan yang serius, bisanya cuma yang gampang2 dan instan hihihi..

Alhasil, ternyata hasil buatan gw ini cukup sukses karena abang dan kaka suka banget. Memamng sih belum seenak buatan nyokap, tapi not bad lahh..

BAHAN-BAHAN:

1 kg daging sapi, potong-potong seukuran daging untuk sate
1/4 kg cabe merah campur rawit merah (atau sesuai selera)
8 siung bawang merah
seujung jari lengkuas, dikeprak
seujung jari jahe, dikeprak
3 siung bawang putih (atau sesuai selera, gw gak suka kebanyakan bawang putih)
2 lbr daun jeruk
garam, lada, dan gula pasir secukupnya



CARA MEMBUAT:

1. Ulek semua bumbu berbarengan dengan garam, jangan terlalu halus.
2. Daging dipresto dengan sedikit air (agar bisa dimakan oleh anak2 juga, biar nggak alot).
3. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang sudah diulek, masukan jahe dan lengkuas serta daun jeruk. Saat sudah harum, masukan daging ke dalam penggorengan. Aduk terus sampai berubah warna, masukan sedikit lada dan gula pasir, aduk-aduk lagi. 
4. Angkat dan sajikan.


tumis cabe dll yang sudah diulek kasar
masukan daging yang sudah dipresto, aduk-aduk hingga berubah warna.

VOILA!

Sate Garo' siap disajikan dengan nasi hangat, yummm..

PS: hati2, bisa bikin nambah nasi terus ;p


0 komentar:

Poskan Komentar