Jumat, 14 Februari 2014

Tips Nge-blog untuk Mama Blogger

gbr dari sini
Sebagai seorang mama tentu saja kita sangat sibuk mengurus keluarga, terutama anak-anak, belum lagi harus bekerja dari rumah mau pun bekerja di kantor, padahal nge-blog buat para mama yang hobi menulis kadang bikin candu dan harus tetap dijalani.


Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan agar tetap bisa eksis nge-blog tanpa mengganggu urusan rumah tangga dan pekerjaan.

  • Jadwalkan waktu khusus. Biasanya saya akan menjadwalkan pagi hari -setelah anak-anak berangkat sekolah dan sebelum saya berangkat ke kantor- untuk nge-blog. Jika tulisan saya belum selesai, saya akan menyimpannya di draft dan akan saya teruskan keesokan paginya. Kadang, jika sangat ingin dan memang tidak mengganggu aktivitas lainnya, saya akan meneruskan nge-blog pada malam hari, sepulang kerja dan saat anak-anak sudah tidur.
  • Siapkan tempat yang nyaman. Sama halnya seperti bekerja, untuk nge-blog yang efektif bagi para mama adalah dengan menyiapkan ruang khusus yang aman dari gangguan. Tempat khusus tersebut bisa saja ruang kerja, ruang tamu, dll. 
ini sudut kesukaan saya saat nge-blog
  • Buat daftar topik. Artinya, siapkan topik-topik menarik apa saja yang hendak kita tulis. Hal ini akan sangat membantu kita dalam menulis blog secara produktif namun tidak menguras terlalu banyak waktu untuk memikirkan topik yang bagus saat akan mulai menulis. Biasanya saya akan menuliskan ide-ide yang tercetus di notes di dalam smartphone saya.
  • Jadikan keseharian sebagai topik dalam blog kita. Tentunya apa yang kita alami sendiri akan lebih mudah untuk kita tuangkan dalam tulisan, kan?. Entah soal anak, soal pendidikan, tips di kantor, resep masakan, dan lain sebagainya.
  • Manfaatkan waktu macet. Saya memanfaatkan waktu terjebak macet dengan membuat draft tulisan untuk blog saya. Jadi saat duduk di depan komputer untuk menulis, saya bisa dengan cepat menyelesaikan artikel-artikel tersebut.

2 komentar:

Dee mengatakan...

Seru banget deh warna-warni pojok nge-blognya! ;)

zata ligouw mengatakan...

halah, kok gw baru baca komen lo ya Dee? maap..

thank you yaa...

Poskan Komentar