Kamis, 17 April 2014

Cream Soup Keju


Berawal dari melihat postingan Path seorang teman, saya terinspirasi untuk membuat makanan yang sama yaitu Cream Soup dan karena kebetulan sedang punya banyak stok keju di rumah, saya melebihkan pemakaian kejunya, ternyata lebih gurih dan enak tanpa harus menambahkan penyedap rasa, cocok sekali untuk makanan si kecil yang kebetulan sedang susah makan saat itu, plusss...bisa jadi makanan diet saya, hihihi.. *salahfokus*

Ini dia resepnya:

Bahan-bahan :
- 2 bonggol Jagung manis, diserut
- 2 buah wortel, potong kecil-kecil
-  fillet ayam secukupnya
-  4 buah bakso ayam/sapi
-  1 siung bawang bombay, iris
-  3 siung bawang putih, iris tipis
-  1 sdm mentega
- 1 buah tomat segar
-  2 butir telur ayam, kocok dengan garpu
-   keju kraft quick melt parut
-  3 sdm maizena, larutkan dalam air
-  3 sdm susu cair jika suka



Cara membuatnya :
- Rebus ayam sampai setengah matang, buang airnya
- Potong ayam bentuk dadu atau disuwir-suwir
- Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan mentega sampai layu dan harum
- Rebus ayam yg sudah dipotong/disuwir tadi dengan air yg baru
- Masukan tumisan bawang tadi ke dalam panci rebusan ayam
- Masukan jagung manis, wortel, dan sosis lalu rebus dengan api besar sampai matang
- Kecilkan api, aduk-aduk terus sambil tuang telur yang sudah dikocok tadi
- Masukan garam, gula, lada sesuai selera
- Masukan parutan keju
- Terakhir, masukan maizena yang  sudah dilarutkan dengan air sambil terus mengaduk. Saat dirasa sudah matang, matikan kompor, biarkan sebentar baru dituang ke dalam wadah.



Catatan: Jika cream soup ini diperuntukan untuk anak, pastikan jagung manis dan wotelnya sudah lembut sebelum disajikan. Untuk yang alergi susu, sebaiknya susu tidak usah dipakai, tidak terlalu mengubah rasa.

Nah, gampang, kan? Selamat mencoba!

2 komentar:

Mommy Aidan mengatakan...

kalo' pake susu, susu cair? susu cair kan macem2 mereknya, yang enak apa ya?

zata ligouw mengatakan...

Hai mommy aidan, iya gw sih biasanya pake susu cair tp merek ganti2, nggak terpaku sama satu merek, bisa apa aja kok :)

Poskan Komentar