Minggu, 09 November 2014

5 Cara Menghemat Pengeluaran Anak-anak...

Salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah pengeluaran untuk anak-anak. Kadang saya berpikir keras bagaimana caranya menghemat tanpa mengorbankan kesenangan dan kesejahteraan anak-anak :).

Ini lah beberapa yang kurang lebih sudah saya lakukan:

1. Buat sendiri mainan edukatif mereka, misalnya busy book, puzzle, dll. Manfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat busy book, bisa dari sisa-sisa kain planel dan kain katun, sisa karton dan majalah, dll.



2. Buat sendiri bahan pelajaran tambahan mereka, misalnya dengan membuat buku dari majalah bekas, print soal-soal dan dibundel, dll. Kadang saya membuat soal yang saya ambil dari guntingan di majalah anak-anak yang sudah tidak terpakai, atau saya print dari internet dan mem-bundel serta menghiasnya sehingga kelihatan lebih menarik.

easy handmade books
sumber dari sini

3. Daur ulang alat tulis serta perlengkapan sekolah mereka. Buatkan tempat khusus untuk krayon/pensil warna yang sudah tidak ada tempatnya, buat tempat pensil dari bahan-bahan sisa, dst.

sumber dari sini


4. Perbaiki tas-tas mereka. Cuci tas, perbaiki resleting yang rusak, dst. Dulu saat tas sudah rusak, saya memilih uintuk membuangnya karena tidak tahu harus diapakan. Saat tinggal di dekat tukang jahit yang kebetulan bisa memperbaiki tas, saya malah keranjingan memperbaiki semua tas yang rusak atau sudah kurang bagus, dari mulai mengganti resleting yang rusak, menjahit bagian yang robek sampai menambah aksesoris seperti bordiran nama atau gambar.



5. Re-make dan re-decorate meja/ruang belajar mereka. Kadang anak atau kita ingin membeli sesuatu hanya karena bosan. Dengan mendekorasi ulang meja belajarnya kita bisa meminimalisir keinginan untuk membeli barang-barang baru yang kurang diperlukan.


***

2 komentar:

heydeerahma mengatakan...

blognya selalu menginspirasi dengan karya-karya zata yang unik :D

zata ligouw mengatakan...

makasihhhh Dee...

Poskan Komentar