Rabu, 26 November 2014

Asiknya Bersama...

  "I think togetherness is a very important ingredient to family life" 

Barbara Bush

Sebagai seorang ibu, saya sadar betul bahwa kebersamaan dengan keluarga adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan berkeluarga. Berawal dari kebersamaan akan ada begitu banyak cinta dan cerita yang akan menemani anak-anak saya tumbuh dewasa..

Namun, kesibukan sebagai ibu bekerja (part-time kantoran dan bekerja dari rumah) kadang membuat waktu kebersamaan bersama keluarga, terutama, anak-anak, tidak terlalu banyak. Untuk menyiasati hal tersebut, saya berusaha sekuat tenaga untuk mempersiapkan dan mengorganisir waktu kebersamaan bersama anak-anak dan suami, apalagi tiga anak saya adalah tipe yang senang sekali menghabiskan waktu bersama, di mana pun dan kapan pun.

Teringat penjelasan dari mbak Efnie Indiranie, M.Psi, psikolog anak, saat saya datang di acara community gathering yang diadakan oleh OREO, bahwa kedekatan yang tercipta dalam keluarga akan berdampak positif terhadap proses perkembangan anak dan kedekatan tersebut bisa dibangun lewat hal-hal sederhana seperti melakukan sharing kegiatan sehari-hari dengan anggota keluarga lainnya atau melakukan permainan interaktif bersama-sama. Disinilah peran ibu menjadi sangat penting karena naluri ibu bisa mengukur sejauh mana keluarga perlu untuk menginvestasikan waktu, memberi energi dan komitmen membangun kebersamaan keluarga setiap hari.

Olahraga bersama anak2 dan keponakan, serunya luar biasa...
Kebersamaan memang harus diciptakan, saya sendiri berusaha melibatkan anak-anak dalam hampir setiap kegiatan saya, bahkan ada saat saya atau suami mengajak anak-anak, terutama yang sudah besar, ke tempat kami bekerja, selain agar kami lebih dekat juga agar mereka mengenal dan mengerti pekerjaan kami masing-masing.

Saat berolahraga pun bisa menjadi saat kebersamaan bagi kami semua. Contohnya saat saya sedang jogging, ketiga anak saya, dua orang keponakan, serta suami saya ikut serta. Kami lari-lari kecil di danau dekat rumah, lalu setelah itu ngobrol di tepi danau sambil ngemil Oreo. Rasanya tak tergantikan senangnya...

Nah, buat mama yang selalu berusaha menciptakan kebersamaan di tengah keluarga, jangan lupa ya untuk ikutan kompetisi #asiknyabersama dengan rincian seperti di bawah ini. Yuk segera ambil kamera dan berkreasi :)


                                                                             ***

0 komentar:

Poskan Komentar