Senin, 28 April 2014

WEEK 3 - my diet diary

Males banget rasanya mau nulis soal minggu ke-3 ini. Terlalu banyak yang gak sesuai rencana huhuhu..



Minggu, 27 April 2014

My Kids Today Project - one project at a time

Saya memang tidak pernah menganggap bahwa kegiatan anak-anak saya biasa-biasa saja, namun saya juga tidak merasa bahwa kegiatan mereka berlebihan. Yaa.., normal-normal aja, seperti anak-anak kebanyakan.  Mereka memang sangat sibuk terutama dengan kegiatan sekolahnya, tapi saya berusaha memberi mereka ruang sebanyak mungkin untuk bereksplorasi dan bermain. Namun saat saya menonton video berjudul "Anak-anak yang sibuk - Kids Today Project" nya Rinso, saya kembali tersadar, bahwa ternyata anak-anak saya dan kebanyakan anak-anak lainnya terlalu sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk bermain. Ahh.., tiba-tiba saya ingin segera memeluk mereka, meminta maaf jika saya telah terbawa arus dan terkadang lupa bahwa mereka masih anak-anak dan butuh lebih banyak waktu untuk bermain.

kadang Abang hrs membawa 3 buah tas sekaligus :(
Bayangkan saja, jam 5 pagi mereka sudah harus bangun dan bersiap-siap, saya pun masih sangat mengantuk, apalagi mereka yang masih anak-anak?. Jam 6.15, jemputan sudah datang, kadang masih dengan sarapan di mulut mereka tergesa keluar rumah. Abang berlari menuju mobil jemputan dengan dua tas ransel (satu untuk pelajaran sekolah, satu ransel lagi berisi perlengkapan sekolah bola-nya) dan satu tas bekal. Kaka pun sama, selalu membawa minimal satu tas ransel dan satu tas bekal, namun saat ada ekskul dia akan membawa tiga buah tas!. Sekolah berakhir pukul 2.30 dan kadang ada pengayaan atau tambahan. Setelah itu ada les berenang di satu hari, sekolah bola di hari lainnya, Tari Saman di hari Sabtu, Taekwondo di hari Minggu, dst, dst. Duhh, sibuknya anak-anakku...

Kebanyakan dari apa yang mereka lakukan adalah pilihan mereka juga, saya memberi keleluasaan untuk mereka memilih kegiatannya, apalagi sekolah mereka jarang sekali memberi PR, jadi saya rasa tidak apa-apa jika mereka masih menambah kegiatan lain seperti ekskul, les, dan lain sebagainya. Namun, harusnya saya tetap memperhatikan waktu yang mereka habiskan untuk semua kegiatan itu dan lebih memastikan lagi bahwa kebutuhan mereka akan bermain semakin tercukupi. Untuk itu, saya membuat proyek yang saya namakan My Kids Today Project - One Project at a Time, di mana saya selalu berusaha menciptakan kegiatan bermain bagi anak-anak di mana pun dan kapan pun yang bisa membantu membuat mereka lebih rileks, lebih sehat secara fisik dan tentu saja akan berpengaruh kepada otaknya, dan menjadi individu-individu yang sangat menikmati masa kecilnya...

Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan tidak selalu membutuhkan waktu khusus, apalagi sampai mengeluarkan biaya tambahan. Berikut ini adalah sebagian kecil proyek bermain yang sudah kami lakukan:

1. Jalan-jalan ke taman adalah kegiatan yang paling sering kami lakukan. Mulai dari memanjat pohon, berkejaran, duduk di tanah, bermain bersama binatang, dst, tidak perlu takut kotor, yang penting bermain dan bereksplorasi!

si Kaka tomboy langsung beraksi saat lihat pohon di taman :)
menemukan stereofoam bekas? langsung jadi mainan salju2an buat si bungsu.

Si pecinta hewan yang langsung menghampiri seekor kucing tak bertuan di taman :D

2. Main rumah-rumahan. Saat pulang sekolah, selesai makan dan ganti baju, biasanya abang dan kaka langsung saya suruh belajar, namun sekarang saya mengganti rutinitas mereka. Bermain dulu, baru nanti malam sesudah maghrib mereka harus mematikan televisi dan menyiapkan pelajaran besok, itu pun hanya maksimal 1,5 jam.
Yang paling disukai oleh kaka (dan si bungsu yang belum sekolah) adalah main rumah-rumahan. Saya melibatkan mereka untuk membuat sebuah 'rumah' kecil yang nyaman dari meja, bed cover, seprei, dan bantal serta boneka-boneka. Di bawah ini tampilannya:

they love this activity sooo much!

3. Memasak. Membantu saya atau si mbak memasak adalah salah satu kesukaan anak-anak, dan saat waktunya memungkinkan, saya membiarkan mereka membantu saya sambil bermain.

kaka sedang sibuk mengaduk adonan kue
hasil buatan kaka, tidak terlalu cantik, tapi kepuasan kami luar biasaa..

4. Olahraga. Anak-anak saya pecinta olahraga. Mereka selalu memilih ekskul dan kegiatan tambahan yang bersifat olahraga, bahkan saat sedang hujan pun, mereka  sering tetap berkegiatan, seperti main lompat-lompatan, main bola, sampai main sepeda. Tidak peduli baju basah dan kotor, selama mereka fit dan langsung membersihkan diri setelahnya, saya pasti mengijinkan.

para pecinta olahraga ;p

Daftar proyek bermain kami masih panjang dan akan terus berkembang, dan saya bisa melihat dengan jelas efek dari kegiatan bermain yang kami lakukan. Meski pun mereka punya kewajiban untuk bersekolah dengan jam yang cukup panjang, mereka tidak mudah stress karena di sisi lain, kegiatan bermain, apalagi yang dilakukan bersama orangtua dan keluarga lainnya membuat mereka bahagia dan kuat secara fisik dan mental yang tentu saja berpengaruh terhadap daya tahan mereka terhadap tekanan di sekolah mau pun di tempat lainnya. Saat bermain, kretivitas mereka pun terasah, ini tentu membantu proses belajar mereka di sekolah mau pun di rumah.


Yuk, kita tonton lagi video #KidsTodayProject di bawah ini:



Senin, 21 April 2014

WEEK 2 - my diet diary

nemenin anak main di taman sambil jalan pagi
Nggak terasa udah masuk minggu ke dua aja, nih..
Maunya sih nggak nimbang, tapi kaki rasanya gatelll banget mau naik ke timbangan, penasaran, hehehe..

Minggu ke dua ini, seperti minggu pertama, saya fokus di mengatur makan, mengurangi camilan, dan berusaha makan sebelum jam 7 malam. Fokus lainnya di minggu ini adalah memperbanyak olah raga, jadi saya mendaftar lagi di kelas belly dance. Selain olahraga di kelas, saya juga melakukan olahraga bersama anak-anak, mulai dari berenang sampai jalan-jalan di taman.


DAY 9 -11
Hari ke 9 sampai hari ke 11 ritual saya kurang lebih sama, sarapan oatmeal atau telur rebus, makan siang secukupnya, dan makan malam yang saya majukan menjadi sebelum jam 7 malam. Saya mengurangi asupan karbohidrat, tapi tidak drastis sehingga saya merasa tidak lemas sama sekali. Kebetulan di kelas olahraga saya ada seorang teman yang mencoba tidak makan nasi selama satu bulan dan turun 6 kg, namun karena gula darahnya rendah dan ia sakit, dokter melarang dia meneruskan dietnya, alhasil sekarang berat dia naik drastis lagi, 5kg hanya dalam hitungan hari, duhh..sayang banget kan? jadi intinya, jangan memangkas karbo secara drastis, dikurangi saja..

DAY 12-13
Di hari ke 12 saya agak berantakan. Mood nggak bagus dan bawaannya mau ngemilll terus. Mungkin sedikit frustrasi dan bosan juga dengan program ini. Maunya cepet turun tapi gak mau mengeluarkan terlalu banyak effort ;p halahh.. Hari itu saya memang gak makan berlebihan, tapi saya minum kopi dengan gula sampai 3 x dalam sehari, ooppss..
Hari ke 13 lumayan membaik keadaannya, saya kembali ke track, sarapan tahu, makan siang nasi dua sendok + sayur mayur dan daging pedas kesukaan saya. Sorenya saya makan oatmeal di kantor sebelum pulang. Niatnya agar sampai di rumah tidak kelaparan dan malah kalap makan apa saja yang ada di meja makan (sering kejadian soalnya *malu*).

DAY 14
Ini dia catatan makan dan olahraga saya di hari ke 14:


DAY  15
Minggu, 20 April 2014 adalah hari ke 15 saya menjalani program ini. Tapi khusus untuk hari ini saya 'libur' dulu yah, soalnya mertua ulang tahun, hehehe. Ada banyak makanan enak di rumahnya dan saya tidak mau melewatkan kesempatan berkumpul bersama keluarga besar dan sibuk menahan-nahan keinginan untuk mencicipi ini itu. Namun kabar baiknya, meski pun saya makan lebih banyak dari biasanya, saya tidak makan berlebihan, mungkin karena selama dua minggu terakhir ini saya sudah terbiasa makan sedikit, maka saya menjadi lebih cepat kenyang, alhamdulillah :) Hari ini saya juga tetap menghadiri kelas AerobickMix sebelum pergi ke acara makan-makan di rumah mertua.

Akhirnya memberanikan diri nimbang lagi meski pun perasaan gak ada yang berkurang :(
Eh ternyata sesuai target sih, turun 1 kilo lagi, yay!. Harus semangat nih,  a long loooong way to go.

Kamis, 17 April 2014

Cream Soup Keju


Berawal dari melihat postingan Path seorang teman, saya terinspirasi untuk membuat makanan yang sama yaitu Cream Soup dan karena kebetulan sedang punya banyak stok keju di rumah, saya melebihkan pemakaian kejunya, ternyata lebih gurih dan enak tanpa harus menambahkan penyedap rasa, cocok sekali untuk makanan si kecil yang kebetulan sedang susah makan saat itu, plusss...bisa jadi makanan diet saya, hihihi.. *salahfokus*

Ini dia resepnya:

Bahan-bahan :
- 2 bonggol Jagung manis, diserut
- 2 buah wortel, potong kecil-kecil
-  fillet ayam secukupnya
-  4 buah bakso ayam/sapi
-  1 siung bawang bombay, iris
-  3 siung bawang putih, iris tipis
-  1 sdm mentega
- 1 buah tomat segar
-  2 butir telur ayam, kocok dengan garpu
-   keju kraft quick melt parut
-  3 sdm maizena, larutkan dalam air
-  3 sdm susu cair jika suka



Cara membuatnya :
- Rebus ayam sampai setengah matang, buang airnya
- Potong ayam bentuk dadu atau disuwir-suwir
- Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan mentega sampai layu dan harum
- Rebus ayam yg sudah dipotong/disuwir tadi dengan air yg baru
- Masukan tumisan bawang tadi ke dalam panci rebusan ayam
- Masukan jagung manis, wortel, dan sosis lalu rebus dengan api besar sampai matang
- Kecilkan api, aduk-aduk terus sambil tuang telur yang sudah dikocok tadi
- Masukan garam, gula, lada sesuai selera
- Masukan parutan keju
- Terakhir, masukan maizena yang  sudah dilarutkan dengan air sambil terus mengaduk. Saat dirasa sudah matang, matikan kompor, biarkan sebentar baru dituang ke dalam wadah.



Catatan: Jika cream soup ini diperuntukan untuk anak, pastikan jagung manis dan wotelnya sudah lembut sebelum disajikan. Untuk yang alergi susu, sebaiknya susu tidak usah dipakai, tidak terlalu mengubah rasa.

Nah, gampang, kan? Selamat mencoba!

Minggu, 13 April 2014

WEEK 1 - my diet diary


catat..catat..catat..
Minggu pertama (dimulai sejak hari Minggu yang lalu tgl 6 April) memulai program ini fokus saya adalah mengurangi ngemil dan mengganti camilan saya dengan camilan yang lebih sehat serta berkalori rendah. Saya juga menggunakan diary untuk mencatat apa saja yang saya makan dan olahraga apa yang saya lakukan. Memang nggak setiap hari sih tapi lumayan membuat semuanya jadi on track.

Seperti yang saya bilang di sini, target saya hanyalah turun 1 kg per minggu. Silahkan baca sampai selesai untuk tahu apakah saya mencapai target tersebut atau tidak ;p

DAY 1 -DAY 2
Beraddd.., berusaha makan secukupnya dan memangkas karbohidrat lumayan banyak. Belum lagi rasa malas yang melanda saat harus mulai olahraga. Hari pertama batal ke pusat kebugaran, jadi cuma pake air climber selama 30 menit dan melakukan plank serta squash. Hari ke dua ikut pilates di sanggar senam dekat rumah.

DAY 3 
Gagal!, makan nasi padang pake' rendang dan kuah bersantan plus terong balado favorit, gak mikir lagi, bodo' amat, gak tahan huhuhuuu.. malemnya makan bakso karena alasan banyak kerjaan dan perlu energi tambahan. Hari itu gak olahraga pula, duh..

DAY 4
Berusaha kembali ke track dan menebus kegagalan hari sebelumnya. Berhasil, yay!

DAY 5-7
Berjuang untuk gak kebanyakan makan karbo, olahraga meski pun cuma 30 menit, dan mengganti cemilan dengan snack bar yang rendah kalori.

berusaha makan dengan secukupnya...
DAY 8
yang jatuh pada hari ini. TODAY is PERFECT. Saya sarapan tempe dan tahu, makan siang dua sendok nasi dengan banyak lauk (tempe, daging, sop, dan sambal), minum kopi hitam dengan sedikit gula, dan makan malam (yang saya majukan jadi jam 5 sore) dua telur dadar + tempe dan sambal.Cemilan saya sepanjang hari ini adalah dua buah pisang mas dan satu snack bar. Saya juga mengikuti kelas ObickMix di sanggar senam langganan dan mengantar anak-anak berenang.

Saya puas dengan pencapaian hari ini, tapi bagaimana dengan pencapaian minggu ini? apakah sesuai target? yup, dalam kondisi sudah makan minum dll hari ini, saya menimbang badan dan hasilnya TADAAAA...69,5 kg! yes, turun 1,5 kilo, target bukan hanya tercapai, tapi ada bonus setengah kilo-nya juga. Alhamdulillah...

Mudah-mudahan minggu depan progress-nya juga bagus...

My Diet Diary - Prolog

Sejak minggu lalu, saya membulatkan tekad untuk kembali ke jalan yang benar *halah*, mengatur makan dan kembali berolahraga. Berat badan saya yang sudah sempat turun kembali naik meski pun jauh dari berat badan saya sebelumnya. Beteeeenya minta ampun, tapi selalu malas untuk olahraga, tetap ngemil sepanjang waktu termasuk tengah malam, makan banyak nasi, dst, dst..

harus mulai kembali ke 'track' lagi nih..
Seperti biasa dan sudah umum, orang yang ingin menurunkan berat badan selalu punya 'wake up call', begitu juga saya kali ini. Saat sedang mengadakan seminar bersama the Urban Mama dan disponsori oleh salah satu pusat kebugaran, saya 'dipaksa' mengukur berat badan (beserta serta metabolic age, fat, dll). Saya gak mau dong, secara udah berasa bahwa berat badan terus bertambah beberapa bulan terakhir, but,  i am in denial, gak mau nimbang, pura-pura asik2 aja.. ehhh, saat ditimbang dan melihat hasilnya rasanya pengen ngurung diri di kamar sambil nyakar-nyakar tembok! life isn't fair! *drama-queen-mode-on*


Ini dia yang menyebabkan dada saya sesak:
Weight 71.2 kg --- sebelumnya 65 lebih dikit..
Metabolic Age 52! --- pantesan akhir-akhir ini saya berasa seperti nenek-nenek, cepet capek, males beraktivitas, dan yang cukup mengganggu, mood sering jelek.. oh, noooo...

Pulang dari acara tersebut, saya nggak langsung action. Masih in denial. Masih 'bangga' dengan sisa-sisa kesuksesan masa lalu yang berhasil nurunin sekitar 16 kg setelah melahirkan anak ke tiga. Jadi kenaikan berat badan yang 'cuma' 6 kilo harusnya nggak banyak berpengaruh buat saya..

ahhh..tapi nggak bisa, mood saya makin jelek setiap harinya. Acara milih baju saat mau berangkat ngantor, meeting, dll, jadi lebih lama dan penuh drama, jadi berasa sempit semua. Saya berasa kayak lepet!

Dan akhirnya, setelah mempersiapkan mental dan beberapa hal lain yang diperlukan, minggu lalu, saya resmi memulai (LAGI) perjalanan untuk membuang kelebihan berat badan ini, goalnya tidak ekstrim, hanya 1 kg per minggu dan saya ingin by the end of July, saya sudah bertubuh ideal...*fingers crossed*

Berikutnya saya akan posting progress-nya per minggu saja biar gak nyampah di-blog dan timeline google+ teman-teman ;p

Senin, 07 April 2014

HELLO MONDAY: Moments..

bing.com


Suka banget deh sama gambar di atas ini. Bikin gw teringat masa keci yang penuh kenangan. Memotivasi gw untuk menjalani hidup dengan lebih baik dan untuk selalu berusaha menciptakan momen indah bersama orang-orang tercinta.

Entah kenapa, akhir-akhir ini lagi sering teringat sama almarhum kakak laki2 gw dan kakak laki-laki tertua yang udah jarang banget ketemu..

Gw inget banget masa kecil yang penuh lika liku dengan mereka, dari senang, seru, sampe sedih. Untung banget masih banyak momen indah yang bisa diingat dan bikin kangen, ada juga momen sedih yang menimbulkan rasa sesal, aber, so ist das leben, that's life..

Tapi yang terpenting sekarang gw jadi lebih ingat untuk menciptakan momen-momen baru yang indah bersama orang-orang yang gw cintai sambil menikmati dan mengenang momen lama yang penuh kesan..

missed you so much bro...