Jumat, 28 November 2014

10 Manfaat Utama Minum Jus...


Juicing for better health!

Sudah sebulan terakhir ini saya rajin membuat juice dan smoothie untuk kami sekeluarga. Awalnya saya membuat juice untuk menyiasati ketiga anak saya yang sangat susah makan sayur dan buah. Daripada mereka kekurangan nutrisi-nutrisi penting yang seharusnya mereka dapatkan dari sayuran dan buah-buahan, saya mengambil 'jalan pintas' membuat jus dan 'memaksa' mereka meminumnya :)

Awalnya memang sedikit sulit membiasakan mereka meminum jus tersebut, apalagi jus sayuran, namun dengan perpaduan bahan-bahan yang tepat dan menggunakan blender yang menurut saya sesuai, rasa langu yang biasanya ada kini tak terasa lagi, kalau menurut suami saya, pisau penghancur yang kurang baik berpengaruh pada rasa juice mau pun smoothies yang kami buat. Apalagi kami sekarang menggunakan blender Electrolux yang mampu menghancurkan bahan-bahan, termasuk es batu, namun tetap mepertahankan serat buah dan sayurannya.

Sejak rajin minum juice dan smoothies, ada banyak perubahan positif yang saya rasakan, dari mulai tubuh yang vterasa lebih fit, tidak mudah lapar, sampai pencernaan yang lancar.

Ini dia 10 manfaat utama yang bisa kita dapatkan jika rajin mengkonsumsi juice:

1. Membuat tubuh lebih fit. Tentunya karena kandungannya yang sehat, badan akan terasa lebih enak dan fit. Catatan saya pribadi, saat tubuh sering dimasuki makanan yang kurang sehat seperti gorengan, karbohidrat berlebihan, dll, tubuh sering terasa lemas dan mengantuk, dan saat saya memperbanyak konsumsi jus dan mengurangi makanan yang kurang sehat, rasa sering ngantuk pun hampir tidak pernah mampir lagi (kecuali malamnya kurang tidur, hehehe..)

2. Memberikan kecukupan cairan bagi tubuh. Seperti sudah kita ketahui bahwa rekomendasi air yang kita konsumsi setiap harinya adalah minimal 8 gelas, jadi jus yang kita minum menambah suplai air yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Detoksifikasi. Jus membantu tubuh menghilangkan toksin dengan cara membersihkan saluran pencernaan.

4. Menurunkan berat badan secara alami. Ini penting sekali buat saya yang sedang berusaha menurunkan berat badan ;p. Menurut yang saya baca, jus membakar lemak yang menyimpan toksin, selain itu, dengan mengkonsumsi jus saya merasa lebih fit dan lebih cepat kenyang, otomatis makanan dan cemilan yang masuk pun berkurang dan ini sedikit demi sedikit membantu saya dalam proses penurunan berat badan secara alami.

5. Menyehatkan kulit, rambut, dan kuku. Kulit menjadi lebih cerah dan tidak kusam.

6. Meningkatkan kualitas tidur. Ini beneran lho, sebelumnya saya agak susah tidur dan sering begadang, tapi akhir-akhir ini saya bisa dengan mudahnya tidur dan bangun pagi-pagi.

7. Salah satu pencegahan terhadap penyakit.

8. Kaya akan klorofil.

9. Antioksidan.

10....dannn..., ehemmm, meningkatkan kualitas sex! - gak perlu dijelasin kali yaa?? ;p



Nah, banyak kan manfaat nge-jus?, gampang lagi bikinnya, nggak punya juicer, bisa pake blender, praktis dan terjangkau..., dan kalau mau lihat beragam tips sehat dan resep jus yang enak dan segar, cek aja facebook fans page-nya Electrolux Indonesia ya..

Selamat hidup sehat!
***

Kamis, 27 November 2014

#15MinsDIY - Tempat Pensil Untuk si Kecil...


Hanya punya sedikit waktu untuk bikin craft?, coba ide dari blog lama saya, 'MamaHematDotCom' ini untuk bikin tempat pinsil si kecil dari kain flanel sisa, yuk?

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan serta langkah pembuatannya. Have fun!!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1.Kain flane, ukuran bebas, sesuaikan saja dengan alat-alat tulis yang akan dimasukan ke dalamnya.

2.Sisa-sisa kain flanel yang dibentuk menjadi aksesoris, bisa bentuk love, mobil2an, bacpack, dll

3.Lem uhu

4.Jarum dan benang (optional) - Jika ingin tanpa jahitan, lem sekeliling tempat pensil dengan lem uhu, jika ingin dijahit dengan tangan, gunakan jarum dan benang sulam warna-warni.

Langkah pembuatannya:





 






SELAMAT MENCOBA, MAMA :)

Rabu, 26 November 2014

Asiknya Bersama...

  "I think togetherness is a very important ingredient to family life" 

Barbara Bush

Sebagai seorang ibu, saya sadar betul bahwa kebersamaan dengan keluarga adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan berkeluarga. Berawal dari kebersamaan akan ada begitu banyak cinta dan cerita yang akan menemani anak-anak saya tumbuh dewasa..

Namun, kesibukan sebagai ibu bekerja (part-time kantoran dan bekerja dari rumah) kadang membuat waktu kebersamaan bersama keluarga, terutama, anak-anak, tidak terlalu banyak. Untuk menyiasati hal tersebut, saya berusaha sekuat tenaga untuk mempersiapkan dan mengorganisir waktu kebersamaan bersama anak-anak dan suami, apalagi tiga anak saya adalah tipe yang senang sekali menghabiskan waktu bersama, di mana pun dan kapan pun.

Teringat penjelasan dari mbak Efnie Indiranie, M.Psi, psikolog anak, saat saya datang di acara community gathering yang diadakan oleh OREO, bahwa kedekatan yang tercipta dalam keluarga akan berdampak positif terhadap proses perkembangan anak dan kedekatan tersebut bisa dibangun lewat hal-hal sederhana seperti melakukan sharing kegiatan sehari-hari dengan anggota keluarga lainnya atau melakukan permainan interaktif bersama-sama. Disinilah peran ibu menjadi sangat penting karena naluri ibu bisa mengukur sejauh mana keluarga perlu untuk menginvestasikan waktu, memberi energi dan komitmen membangun kebersamaan keluarga setiap hari.

Olahraga bersama anak2 dan keponakan, serunya luar biasa...
Kebersamaan memang harus diciptakan, saya sendiri berusaha melibatkan anak-anak dalam hampir setiap kegiatan saya, bahkan ada saat saya atau suami mengajak anak-anak, terutama yang sudah besar, ke tempat kami bekerja, selain agar kami lebih dekat juga agar mereka mengenal dan mengerti pekerjaan kami masing-masing.

Saat berolahraga pun bisa menjadi saat kebersamaan bagi kami semua. Contohnya saat saya sedang jogging, ketiga anak saya, dua orang keponakan, serta suami saya ikut serta. Kami lari-lari kecil di danau dekat rumah, lalu setelah itu ngobrol di tepi danau sambil ngemil Oreo. Rasanya tak tergantikan senangnya...

Nah, buat mama yang selalu berusaha menciptakan kebersamaan di tengah keluarga, jangan lupa ya untuk ikutan kompetisi #asiknyabersama dengan rincian seperti di bawah ini. Yuk segera ambil kamera dan berkreasi :)


                                                                             ***

Selasa, 25 November 2014

Dekor Dapur!



Setelah sekian lama pengen renovasi dapur atau minimal mempercantik salah satu pojokan dapur biar lebih semangat nyiapin makanan dan minuman sehat buat gw dan keluarga, akhirnya kesampean juga, bulan lalu akhirnya sempet juga ngecat tembok dapur, ngecat lemari gantung, nyuci2 taplak dan perabotan yang udah lama gak dipakai, ganti plastik meja, sampe beli beberapa pernak-ik untuk mempermanis dapur..

Ini dia kurang lebih prosesnya...

 
Duhhh, liat deh betapa jeleknya bagian dapur yang ini... Tembok yang dekil, taplak dan plastik meja yang sudah kurang bagus, serta lemari gantung yang kotor.
Semua turun tangan membantu. Langkah pertama adalah menyingkirkan meja dan mengecat tembok yang kotor.
Senangnya Sabil disuruh bantuin ngecat :D
tembok selesai...
lemari gantung dicat putih...

Taraaa....

Minggu, 09 November 2014

5 Cara Menghemat Pengeluaran Anak-anak...

Salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah pengeluaran untuk anak-anak. Kadang saya berpikir keras bagaimana caranya menghemat tanpa mengorbankan kesenangan dan kesejahteraan anak-anak :).

Ini lah beberapa yang kurang lebih sudah saya lakukan:

1. Buat sendiri mainan edukatif mereka, misalnya busy book, puzzle, dll. Manfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat busy book, bisa dari sisa-sisa kain planel dan kain katun, sisa karton dan majalah, dll.



2. Buat sendiri bahan pelajaran tambahan mereka, misalnya dengan membuat buku dari majalah bekas, print soal-soal dan dibundel, dll. Kadang saya membuat soal yang saya ambil dari guntingan di majalah anak-anak yang sudah tidak terpakai, atau saya print dari internet dan mem-bundel serta menghiasnya sehingga kelihatan lebih menarik.

easy handmade books
sumber dari sini

3. Daur ulang alat tulis serta perlengkapan sekolah mereka. Buatkan tempat khusus untuk krayon/pensil warna yang sudah tidak ada tempatnya, buat tempat pensil dari bahan-bahan sisa, dst.

sumber dari sini


4. Perbaiki tas-tas mereka. Cuci tas, perbaiki resleting yang rusak, dst. Dulu saat tas sudah rusak, saya memilih uintuk membuangnya karena tidak tahu harus diapakan. Saat tinggal di dekat tukang jahit yang kebetulan bisa memperbaiki tas, saya malah keranjingan memperbaiki semua tas yang rusak atau sudah kurang bagus, dari mulai mengganti resleting yang rusak, menjahit bagian yang robek sampai menambah aksesoris seperti bordiran nama atau gambar.



5. Re-make dan re-decorate meja/ruang belajar mereka. Kadang anak atau kita ingin membeli sesuatu hanya karena bosan. Dengan mendekorasi ulang meja belajarnya kita bisa meminimalisir keinginan untuk membeli barang-barang baru yang kurang diperlukan.


***