Minggu, 08 Februari 2015

5 tips membuat anak suka berolahraga...

Tahun 2015 ini, seperti yang pernah saya tulis di sini, saya berniat untuk meneruskan gaya hidup sehat dan menularkannya kepada keluarga, terutama anak-anak. Meski pun anak-anak menyukai olahraga, namun tidak berarti mereka melakukannya secara teratur. Agar mereka terbiasa berolahraga teratur, berikut 5 tips yang saya terapkan pada mereka:

1.Melakukan olahraga di tempat yang tidak biasa. Biasanya saya mengajak anak-anak untuk berolahraga di rumah dan sekitarnya dengan hanya berlari atau olahraga dengan alat-alat sederhana seperti air climber, skip rope, dumbell, naik sepeda, dan lain-lain. Namun agar mereka tidak bosan, saya kerap mengajak mereka ke taman atau ke danau untuk jogging dan main sepeda. Lokasi outdoor yang murah meriah dan sering kami kunjungi adalah Bumi Perkemahan Jambore di Cibubur.

jogging dan bersepeda di Jambore...

2. Beri contoh. Untuk yang satu ini saya harus berusaha keras menahan hobi nonton dvd saat sedang di rumah, karena saya tidak ingin anak-anak melihat saya terlalu sering bersantai di sofa, sambil nonton tivi dan ngemil pula, hehehe.. Jadi, secara berkala, saya pun harus berolahraga terutama saat anak-anak sedang di rumah. Otomatis mereka akan menganggap berolahraga itu sebagai sesuatu hal yang biasa dan bukan hal yang berat dan harus dipaksakan. Saya ingin memberi contoh yang baik pada mereka agar saat saya menuruh mereka berolahraga mereka tidak akan protes atau menunda-nunda.

saat melihat saya rajin berolahraga, anak2 pun terinspirasi utk melakukan hal yg sama

3. Libatkan teman-teman dan sepupu mereka. Ini poin yang paling sukses membuat mereka suka berolahraga. Seringkali si kaka berenang bersama teman-teman satu kompleknya dan si abang main bola bersama beberapa teman rumah serta teman sekolah. Si bungsu pun sangat menikmati acara berenang jika para sepupunya ikut serta :D.

berenang bersama sepupu merupakan momen yang ditunggu2 oleh si bungsu...

4. Jadikan sebagai kebiasaan. Dengan teratur dan konsisten melakukan semua poin di atas, mereka akan merasa bahwa olahraga adalah bagian dari kegiatan mereka sehari-hari sama halnya dengan belajar, main, makan, dan lain-lain.

Ken terbiasa janjian dengan teman atau sepupunya untuk berolahraga...

5. Perlengkapan olahraga yang sesuai. Untuk menghindari cedera serta demi kenyamanan mereka berolahraga, gunakan perlengkapan yang sesuai, misalnya baju renang yang pas dan nyaman dan khusus untuk lari, gunakan sepatu lari yang layak. Karena anak-anak ukurannya sudah seperti ukuran orang dewasa, maka biasanya kami mencari sepatu olahraga bersama-sama, salah satunya lewat koleksi sepatu running yang ada di Zalora.



Nah, tidak terlalu sulit kan untuk membiasakan anak-anak berolahraga?, yuk, kita mulai dari sekarang..

7 komentar:

indah jelita mengatakan...

Nice info mama! :))

xx,
www.indahjelita.com

zata ligouw mengatakan...

makasih indah jelita :)

Ndahsulistyanin mengatakan...

Brb cuss ngajak anak berenang

Tanti Amelia mengatakan...

Keren ih anak anak diajak olahraga salam kenal ya m ba k

Tanti Amelia mengatakan...

Keren ih anak anak diajak olahraga salam kenal ya m ba k

Tanti Amelia mengatakan...

Keren ih anak anak diajak olahraga salam kenal ya m ba k

zata ligouw mengatakan...

hai Tanti, salam kenal jugaaa :)

Poskan Komentar