Kamis, 23 April 2015

Sukses Bekerja dari Rumah | BOOK REVIEW

isi buku ini makin memantapkan saya untuk bekerja dari rumah

Kali ini saya ingin me-review sebuah buku karya Brilyantini berjudul SUKSES BEKERJA DARI RUMAH. Buku setebal 241 halaman ini mengupas tentang jurus jitu bagi perempuan yang ingin sukses berkarya dari rumah. Wuihhh, sebelum membaca, saya menyiapkan kopi dan camilan dulu biar membaca makin asik dan seru :D

Ada begitu banyak alasan seseorang, dalam hal ini seorang ibu, memilih untuk bekerja dari rumah, mulai dari bosan dengan pekerjaan kantor, waktu yang terlalu lama dihabiskan di luar rumah akibat jalanan yang macet, bos yang galak, gaji yang tidak sebanding, atau ingin meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga di rumah. Apa pun alasannya, bekerja dari rumah adalah pilihan dan saat kita sudah memilih sudah seharusnya kita berbuat yang terbaik untuk menjadi seorang pekerja yang sukses.

gbr dari alexisgrant
Saat kita sudah memutuskan untuk tidak bekerja kantoran dan lebih memilih menjadi pekerja lepas, ada beberapa persiapan untuk membuat semuanya menjadi lebih mudah dan lancar. Dalam buku ini ditulis beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan, yaitu hidup teratur, kondisi segar, manajemen waktu, dan seterusnya. 

Yang penting untuk saya garis bawahi adalah bahwa meski pun bekerja dari rumah, kita selalu harus dalam kondisi segar sama seperti saat kita bekerja kantoran, tetap aktif di pagi hari membantu anak-anak yang hendak bersiap ke sekolah, mengurus suami dan mengurus diri sendiri seperti mandi, memakai make up bila perlu, dan seterusnya. 

Bekerja dari rumah bukan berarti kita harus selalu berada di rumah, sesekali keluar rumah untuk refreshing pun sangat diperlukan, misalnya pergi ke coffee shop atau sekedar jalan-jalan mencari inspirasi.

Buku ini membantu kita mengenali pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan dari rumah, mulai dari penulis, penerjemah, guru privat, sampai programmer. Dibahas cukup lengkap sehingga dapat membantu kita yang selama ini bingung mau mengerjakan apa dari rumah. Saat membaca buku ini, ada beberapa hal yang terpikirkan untuk saya kerjakan dari rumah atau lebih banyak di rumah, mulai dari menulis, blogging, menjadi instruktur senam (Zumba, BL, dll), sampai crafting.


Kendala yang paling sering ditemui oleh seseorang yang ingin membuka usaha sendiri adalah modal. Bab III dalam buku ini khusus membahas masalah ini, "dari mana modalnya?." Sumber modal usaha yang bisa kita coba adalah dari tabungan pribadi, menjual aset pribadi, mengajukan pinjaman lunak ke saudara dan ke bank. Pilih bank yang mana, ya? Kapan balik modal? dan beberapa pertanyaan penting lainnya dibahas tuntas di bab ini.

Bagi yang belum punya pekerjaan pengganti atau rencana ingin mengerjakan apa sesudah berhenti bekerja sebaiknya jangan resign dulu, rencanakan semuanya dengan matang. Tidak semua orang bernasib baik dan langsung mendapat job sebagai pekerja lepas saat sudah berhenti bekerja kantoran. Selanjutnya akan dibahas mengenai cara apa saja yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan potensi diri seperti memanfaatkan sosial media, jaringan dan lain sebagainya.

Di akhir buku ini akan ada inspirasi dari beberapa pekerja lepas yang sukses baik di rumah mau pun pekerjaannya. Mereka akan berbagi cerita dan tips mengenai proses perjalanan mereka menjadi seorang pekerja lepas yang berhasil.

Inspiratif sekali, kan, buku ini? yuk baca bukunya langsung ...



INFORMASI BUKU:

Judul: Sukses Bekerja Dari Rumah
Penulis: Brilyantini
Editor: Herlina P. Dewi
Proof Reader: Weka Swastika
Desain Cover: Teguh Santosa
Layout isi: Sindy Fatika
ISBN: 978-602-7572-35-5
Tahun terbit: 2015
Penerbit: Stiletto Book

Ringkasan yang tertulis di belakang buku:

Berkutat dengan rasa bersalah karena harus membagi waktu antara anak dan pekerjaan, akhirnya banyak perempuan memutuskan berhenti kerja setelah menikah dan punya anak. Namun, masalah lain pun muncul. Setelah berhenti bekerja, lalu ngapain? Banyaj sekali perempuan yang ingin bisa terus berkarya dari rumah, tetapi tak tahu bagaimana cara memulainya.
Buku ini membeberkan pengetahuan serta trik yang bisa dilakukan perempuan untuk terus berkarya dari rumah, seperti:
  • Berbagai macam pekerjaan untuk freelancer
  • Bagaimana cara memulainya
  • Keahlian yang dibutuhkan
  • Strategi marketing yanf harus dilakukan
  • Trik membangun jejaring
  • Manajemen waktu dan keuangan untuj pekerja lepas
  • Sampai, profil para perempuan inspiratif
Buku ini memang didedikasikan untuk Anda, perempuan yang tetap berkarya dari rumah, baik bagi yang masih lajang, terlebih untuk yang sudah menikah dan punya anak.

Simak juga tulisan saya tentang "10 Alasan Asyiknya Bekerja Dari Rumah."

***