Kamis, 02 Juli 2015

5 ide DIY sederhana untuk rumah yang lebih rapi


Cetakan kue dan gelas plastik  untuk barang-barang kecil
Barang-barang kecil terserak tak menentu? misalnya kita menemukan peniti di kamar, bros di dalam mobil, kancing lepas di kamar mandi, pensil anak-anak di ruang tamu, dst?, sounds familiar? sepertinya kita butuh tempat untuk penyimpanan barang-barang kecil yang mungkin murah, tidak terlalu penting tapi saat diperlukan susah dicari dan seringkali hilang karena ukurannya yang kecil.

Solusinya, gunakan cetakan kue bekas dan gelas plastik bening dari bekas minuman air mineral.


Clever idea: muffin pan craft storage
sumber dari sini


Jepitan plastik roti untuk kabel-kabel
Jujur saja, saya punya lebih dari 10 kabel charger di rumah, dari mulai charger handphone saya, handphone suami, handphone kedua anak yang sudah agak besar, charger laptop, tablet, kamera, sampai charger Nano Spray ;p  kebayangkan kalau saya atau orang rumah mau 'ngecas' harus pilih-pilih dulu?

Nah, salah satu solusinya, kalau kita penggemar roti tawar, jangan dibuang tag yang digunakan untuk pengikat plastiknya. Tag tersebut bisa kita gunakan untuk menamai setiap kabel charger tersebut agar tidak tertukar dan mudah dicari.

Clever idea: bread tags as cable labels
sumber dari sini

Papan tulis sebagai pengingat
Dapur yang seringkali menyatu dengan ruang makan adalah salah satu lokasi tempat anggota keluarga berkumpul, entah di pagi hari, siang, dan biasanya malam hari. Lokasi ini adalah tempat yang cocok untuk menaruh reminder, berupa catatan-catatan untuk kita dan anggota keluarga lainnya. Misalnya saya akan membuat catatan untuk si mbak jika saya sedang tidak di rumah, misalnya untuk mengingatkan dia agar tidak lupa memberi si bungsu jus buah, atau catatan untuk abang dan kaka, mengingatkan mereka untuk tidak terlambat pergi les, dst.

Nah, agar kegiatan ingat mengingatkan ini bisa smakin rapih dan cantik, ide membuat papan tulis di dapur merupakan ide yang cemerlang. buat saja sendiri dan tempelkan di salah satu pintu lemari atau bagian lainnya yang sesuai. Bahan yang diperlukan pun hanya selembar triplek tebal yang dipotong sesuai keinginan, cat khusus papan tulis yang bisa dibeli di toko matrial dan tentu saja paku untuk menempelkan papan tulis tersebut di tempat yang diinginkan.


sumber dari sini

Gantungan khusus tas sekolah
Anak-anak sering menaruh sembarangan tas sekolah saat pulang sekolah?, entah di lantai, di atas meja ruang tamu, di atas kasur, dan tempat-tempat lainnya?. Kenapa tidak membuatkan mereka gantungan khusus untuk tas-tas sekolah mereka?.

Beli saja gantungan yang sudah jadi dan tinggal tempel atau paku di dekat meja belajar mereka, atau seperti yang saya lakukan, saat ada sisa papan tebal, saya memotongnya dan menempelkan beberapa baut berbentuk tanda tanya di papan tersebut, lalu memakunya di pojokan dekat meja belajar. 

sumber dari sini

Meja kerja 'baru' yang rapi
Di rumah ada meja bekas yang sudah tidak enak dilihat? daripada membuat rumah kelihatan kurang cantik dan rapi, sudah saatnya benda tersebut diperbaiki. Lakukan saja sendiri atau minta bantuan suami, terutama bagian-bagian yang sulit seperti menempel triplek atau menggergaji. 

Seperti gambar di bawah ini misalnya, jika tidak ada yang bisa membantu memotong triplek dan menempelnya, gunakan saja karton duplex untuk menutup bagian yang berlubang, lalu langsung dicat dengan warna favorit kita. Tinggal ditambah beberapa pernak-pernik cantik, jadi deh meja kerja yang semakin kita semangat bekerja dari rumah :)

gambar dari sini

***

#DIY
#decoration
#decor
#remaking
#hobby
#crafts


0 komentar:

Poskan Komentar