Rabu, 15 Juli 2015

5 tips rumah rapi dan terkendali saat ditinggal mudik ART

Aww, dua hari lagi lebaran, selain harus bantu-bantu orang tua untuk masak segala macam makanan lebaran, saya pun masih harus membersikan dan membereskan rumah sendiri karena si mbak sedang mudik dan suami sedang liputan keluar kota. Inilah yang saya lakukan agar rumah tetap nyaman dan mood saya dan anak-anak tetap terjaga :) 

1. Delegasikan tugas kepada anak yang besar. Alhamdulillah saya punya dua anak yang sudah besar, yang pertama baru masuk SMP dan yang kedua kelas V SD, jadi selain bisa menolong saya membereskan rumah, sesekali mereka juga bisa membantu saya menjaga si bungsu yang baru berumur 4 tahun.

dua anak besar ini sdh bisa membantu mengerjakan tugas2 ringan dan menjaga adiknya

2. Pembagian tugas yang jelas. Abang Ken bertugas membuang sampah, merapihkan bagian luar rumah serta memberi makan Luxi, kucing kami pada malam hari, sedangkan adiknya, Caca, bertugas membantu saya merapikan bagian dalam rumah dan memberi makan Luxi pagi dan siang. Saat saya sedang mengurus cucian, seterikaan, dan masakan, mereka berdua bertugas menemani si bungsu.

3. Kerjakan yang perlu. Saat sedang tidak ada mbak, saya tidak menyeterika semua pakaian, saya hanya menyeterika pakaian yang akan dipakai bepergian, pakaian rumah, apalagi pakaian tidur hanya saya lipat saja. Saya pun meminta anak-anak untuk tidak mengganti baju terlalu sering, misalnya kalau hanya ketumpahan air sedikt, ya tidak usah ganti baju, cukup dikeringkan saja.
Untuk urusan masak pun, saya memilih cara yang ringkas, misalnya masak nasi dan telor ceplok serta tumis sayur saja, kadang agar cepat dan mudah saya menggunakan bumbu & bahan dasar yang banyak dijual. Toh hanya selama si mbak mudik :)

4. Selalu tinggalkan rumah dalam keadaan rapi. Sejak dulu saya paling tidak suka jika pulang ke rumah, apalagi dalam keadaan capek dan masih harus beres-beres, duh, mood langsung rusak rasanya. Makanya saya menerapkan peraturan ini, apalagi sehari sebelum lebaran sampai H+3 kami akan bepergian setiap hari. Ingat, tidy room, tidy mind ;p

Merapikan ruangan dan mainan dulu sebelum bepergian

5. Tips terakhir dan yang terpenting, happy aja, yang penting dikerjakan pelan-pelan, bersama-sama, dan sambil banyak bermain dengan anak-anak, selain rumah rapi, anak-anak ada kegiatan, badan sehat karena banyak bergerak, juga hemat karena tidak perlu bayar infal ;p

***

3 komentar:

Novi Ardiani mengatakan...

thanks banget nih tips nya.... bermanfaat banget :)

zata ligouw mengatakan...

sama-samaaa Noviii...

Angkasa Bali mengatakan...

makasi infonya cocok banget bagis saya yang jarang di rumah

Poskan Komentar