Senin, 20 Juli 2015

Simple Beef Fettuccine untuk menu hari raya ...

ini bahan-bahannya ...
Idul Fitri 2015 kali ini keluarga besar suami akan berkumpul di rumah ibunya. Karena sudah cukup berumur, anak-anak dan menantu membuat makanan tambahan untuk di bawa ke sana karena yang akan hadir pasti banyak, maklum, mama mertua saat ini adalah mak tuo alias orang tertua di keluarga suami.

Berhubung saya tidak bisa memasak, jadilah andalan saya hanya spageti dan kebetulan sekali ini memang makanan favorit anak-anak dan para keponakan. Ya sudahlah, saya bikin makanan untuk krucils aja ya, yang bikin makanan 'kelas expert' seperti ketupat, opor ayam, rendang, dll, biar saudara-saudara lain yang jago masak aja, hehehe...

Kali ini saya memakai pasta fettuccine agar anak-anak dan keponakan tidak bosan (biasanya pakai pasta spageti soalnya).

Nah, buat yang sama-sama nggak jago masak, ini dia step by step-nya yaa :)

Bahan-bahan:
  • Saus spageti instan, saya biasa pakai merek Del Monte
  • Pasta fettucinne atau spageti, saya suka yang La Fonte
  • Daging sapi cincang
  • Saos tomat sebagai tambahan jika suka (saya suka menambahkan saos tomat karena selain rasanya menjadi lebih enak, sedikit lebih asam, dan tentu saja jadi lebih banyak).
  • Saos pedas jika suka (saya tidak pernah langsung menambahkan saos pedas di bumbu spageti agar anak-anak dan orang dewasa bisa menakar sendiri kadar pedas yang mereka inginkan).
  • Bawang putih dicincang halus
  • Bawang bombay dicincang kasar
  • Tomat dipotong dadu 
  • Oregano jika suka (ada beberapa anak tidak suka rasa oregano)
  • Keju parut (optional)


Cara membuat:

1. Masukan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan, setelah panas, masukan bawang putih dan bawang bombay, aduk hingga harum dan kecokelatan.



2. Masukan daging cincang, aduk hingga berwarna agak kecokelatan. Hati-hati, jangan terlalu matang dan coklat dulu karena bisa alot dan susah dikunyah oleh anak-anak jika ditahap ini daging sudah terlalu matang. 




3. Setelah daging agak kecokelatan, masukan bumbu spageti instan. Aduk rata sampai mendidih.



4. Setelah mendidih, masukan lagi saos tomat sesuai selera.



5. Masukan potongan tomat ke dalam wajan. Saya sengaja menambhakan tomat terakhir agar saat dimakan masih terasa keras dan enak untuk dikunyah, tapi ada juga yang suka tomatnya matang dan melebur bersama bumbu spageti.



6. Tambahkan oregano secukupnya, aduk rata, dan matikan api sesaat kemudian.



7. Parut keju, hidangkan secara terpisah, jadi bagi yang suka bisa menambahkan keju ke dalam fettuccine-nya.

8. Rebus fettuccine di dalam panci besar. Didihkan air di dalam panci, setelah mendidih masukan satu sendok minyak goreng baru serta seujung sendok garam, aduk-aduk, baru masukan pasta fettuccine ke dalamnya. Minyak goreng berguna untuk membuat pasta tidak lengket dan garam memberi sedikit rasa pada pasta.

Setelah selesai, ada dua cara menghidangkannya, taruh pasta yang sudah matang di piring saji besar, lalu taruh bumbu di mangkok saji yang berbeda dan hidangkan di samping pasta. Namun kali ini, demi alasan kepraktisan, apalagi penggemarnya biasanya anak-anak, saya mencampur pasta yang sudah direbus dengan bumbunya. Jadi saya tempatkan pasta di penggorengan besar dan memasukan saos spageti yang sudah jadi lalu mengaduknya dengan api sedang selama sekitar dua menit, agar bumbu meresap dan tercampur dengan rata. Setelah pasta dan sausnya tercampur dengan sempurna, pindahkan beef fettuccine tersebut ke piring saji dan siap dihidangkan...

beef fettuccine dan makanan lainnya siap dinikmati...


SELAMAT MENIKMATI dan selamat lebaran semuanya....

***

3 komentar:

bunda rizma mengatakan...

ta, penggorengannya pakai apasih? #salahfokus
oiya met lebaran ya, mhon maaf lahir batin :)

zata ligouw mengatakan...

duh, apaan ya, nggak ada mereknya Lok, hehehe..

bunda rizma mengatakan...

dari baja bukan? apa keramik?

Poskan Komentar