Senin, 31 Agustus 2015

3 Manfaat lidah buaya bagi rambut ...

Akhir-akhir ini, karena sudah lebih banyak berada di rumah, saya mengikuti jejak mama mertua menamam beberapa tumbuhan di rumah, terutama lidah buaya. Kebetulan papa mertua memiliki banyak tumbuhan lidah buaya di lotengnya, saya pun mengambil beberapa untuk dijadikan bibit. Saya menanamnya di kaleng-kaleng bekas dan hanya di taruh di halaman belakang, siram setiap hari dan beri pupuk dari sisa air cucian ikan dan beras, mudah sekali merawatnya.

pic from here
Sejak kecil saya sudah mengenal lidah buaya dengan baik, ibu saya sering menggunakannya saat saya masih kecil, untuk dirinya sendiri mau pun untuk saya dan kakak adik lainnya. Saya ingat sekali, rasanya kurang nyaman jika sedang dipakaikan lidah buaya oleh mama, terasa lengket di kulit, terutama kulit kepala, dan perlu usaha ekstra juga saat harus membilasnya. Namun saat saya dewasa, saya bisa menikmati hasilnya, rambut saya sangat lebat begitu juga rambut kakak-kakak serta adik saya.

Karena pengalaman tersebut, saya pun melakukan hal yang sama, saat putri saya berambut tipis dan sedikit, saya mulai rajin memakaikannya lidah buaya hingga akhirnya rambutnya tumbuh banyak, meski pun tetap dengan tekstur rambut yang sangat halus dan tipis, namun banyak sehingga kelihatan jauh lebih tebal daripada sebelumnya.

Karena menanam dan memakai lidah buaya, saya pun tertarik mencari tahu lebih jauh apa saja kegunaan lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan dan dalam artikel ini khususnya bagi rambut.

Perawatan Rambut rontok. Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat melembutkan serta menguatkan rambut. Jika dipakai dengan teratur dan diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat, hasilnya akan lebih maksimal. Dengan memakaikannya ke rambut secara berkala maka hal ini akan memicu pertumbuhan rambut baru serta menguatkan rambut lama. Saya pernah mengalaminya, saat rambut rontok sesudah melahirkan, saya kembali rajin mengoleskan lidah buaya langsung ke kulit kepala. Namun sebagai catatan, perawatan lidah buaya untuk rambut rontok akan berhasil jika rambut hanya rontok tidak terlalu parah, namun saat rontok sudah sampai mengakibatkan kebotakan, sebaiknya langsung berobat ke dokter spesialis.

Mengurangi ketombe. Enzim alami yang terkandung di dalam lidah buaya berfungsi melembabkan kulit kepala sehingga mencegah tumbuhnya ketombe. Enzim tersebut juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan memberikan rasa dingin dan segar di kulit kepala.

Pelembab alami. Lidah buaya juga berfungsi sebagai conditioner bagi rambut. Untuk membuat conditioner alami dari lidah buaya caranya sangat mudah, cukup campurkan satu batang lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya dan kita peras sehingga menghasilkan semangkuk kecil gel, lalu tambahkan satu sendok teh minyak zaitun, aduk hingga rata dan pelembab alami ini siap kita gunakan untuk kulit kepala juga bisa untuk kulit wajah. 

***

0 komentar:

Poskan Komentar