Senin, 12 Oktober 2015

Pentingnya mainan bagi tumbuh kembang anak ...

Belum lama ini saya bertemu dan ngobrol dengan mba Agustina Napitupulu, Marketing Communication Manager Kanmo Retail Group, di sela-sela acara talkshow "Pentingnya mainan bagi tumbuh kembang anak usia 0-3 tahun" di ELC store, Grand Indonesia, Jakarta.


Kami ngobrol soal betapa pentingnya mainan bagi anak-anak, dalam hal ini bayi karena masih ada yang beranggapan bahwa bayi belum mengerti apa-apa jadi tidak perlu diberi mainan macam-macam dan kalau pun diberi mainan, ya bisa apa saja. Terbukti jika ada orang membeli kado untuk bayi, biasanya tidak terlalu memikirkan fungsi mainan tersebuat buat si bayi, pertimbangannya hanya mainannya bagus dan relatif aman buat si bayi, tidak terlalu memikirkan apakah mainan tersebut punya fungsi lain selain untuk dimainkan.

Jujur saja, saya pun dulu pernah berpendapat seperti itu, beri saja si bayi mainan lembut warna warni pasti sudah cukup, makanya yang saya beli tidak jauh-jauh dari boneka. Ternyata ada begitu banyak hal yang bisa didapat oleh anak jika ia mempunyai mainan yang tepat. Hal inilah yang kurang lebih ingin disosialisasikan oleh ELC lewat talkshow bersama Dr. Markus Danusantoso SpA ini.



Sebelum sesi dr. Markus dimulai, ibu Bertha Septiani selaku Marketing and Communication Director Kanmo Retail Group menyampaikan tentang koleksi mainan ELC yang mendukung tumbuh kembang anak dengan membantu menstimulasi perkembangan motorik kasar serta halusnya sesuai usia serta kemampuannya yaitu koleksi 'My Discovery Zone' 

Pada saat sesi dr. Markus yang bicara mengenai pentingnya mainan bagi tumbuh kembang anak, terutama yang berumur 0-3 tahun, saya belajar banyak hal. Rasanya punya tiga anak tidak membuat saya mengetahui hal ini dengan baik.


Secara singkat, berikut ini adalah hal-hal yang disampaikan oleh dr. Markus:

PENDAHULUAN
Bermain merupakan sarana belajar dan menambah pengalaman. Aspek-aspek perkembangan yang etrkait dengan aktivitas bermain adalah motorik kasar dan halus, kognitif dan bahasa, serta sosial dan kepribadian. Aktivitas ini juga meningkatkan ketajaman panca indera.

MENGAPA ANAK PERLU BERMAIN?
1. Meningkatkan fungsi panca indera, tahapan perkembangan, mental/emosional.
2. Merangsang perkembangan sistem syaraf dan kecerdasan yang lebih baik.
3. Membantu mengenal lingkungan sekitar.
4.Melatih agar anak lebih mandiri, mengendalikan emosi serta bisa berinteraksi dengan orang lain.

BAGAIMANA CARA MEMILIH MAINAN?
1. Tidak berbahaya dan terbuat dari bahan bermutu.
2. Sesuai dengan usia bayi/anak.
3. Memiliki nilai belajar.
4. Sederhana (tidak rumit) mdan harga yang pantas.

sensory stacking rings
Aspek perkembangan anak misalnya lewat sensory stacking rings seperti di atas, untuk anak usi 0-6 bulan adalah memegang, memutar, melatih jari tangan, melatih konsentrasi, mengenal dan melatih memori warna, urutan besar kecil dan sebaliknya, serta berbagi peran main bersama.

spiral wrap around

Atau mainan spiral wrap around yang membantu aspek perkembangan dalam memegang, memutar bolak-balik, melatih koordiansi jari tangan, melatih konsentrasi, serta mengenal berbagai jenis permukaan.

shape sorting bus
Shape sorting bus membantu aspek perkembangan anak dengan membantu belajar merangkak, koordinasi mata dan tangan untuk memasukan dan mendorong mainan ke dalam lubang yang sesuai, melatih jari tangan, mengenal bentuk benda sesuai dengan tempatnya, konsep "benda hilang dan akan kembali", melatih akurasi-presisi, dst.

Masih banyak lagi mainan dengan beragam aspek perkembangannya. Intinya sebagai orang tua kita harus cermat dalam memilih mainan, mana mainan yang aman dan memiliki fungsi yang sesuai dengan usia serta kemampuan anak.

***


6 komentar:

Yeye mengatakan...

Bnr bgt mbak.. Aku selalu pilih mainan yg sesuai dgn umur anak2 ku :)

irmasenja mengatakan...

Anak-anak saya udah gak mainan boneka atau mainan begini mba, mereka udh besarrrr xixiixi.... dannn nyampe jg ke rumah virtualnya mba Zata. Follow akkkkhhh ^_^

Agusman Rizal mengatakan...

iya setuju banget..dulu juga kita pernah punya program pengadaan APE (Alat permainan edukatif) ke TK -TK.
Salam kenal.

zata ligouw mengatakan...

Mba Irmaaa, makasih udah mampir.., follow juga ahhh...

zata ligouw mengatakan...

salam kenal mas Agusss...

Blog Berkah mengatakan...

keren , harus pinter pinter cari maenan yang sesuai umur dan manfaat nya bund

Poskan Komentar