Kamis, 12 November 2015

Fitness Tips (for moms) from Mitch Chilson ...




Mama mungkin sudah nonton acara reality show Fit for Fashion season 1, dong? pemenang musim pertamanya adalah Citira, mama tiga anak kebangsaan Australia yang masih keturunan Indonesia. Kemenangan serta transformasinya benar-benar menginspirasi banyak orang terutama perempuan dan mama seperti saya. 

Meski pun ingin mengalami transformasi yang sama, tapi tidak semua orang bisa punya kesempatan untuk bergabung dan menjadi kontestan acara tersebut, kan? jadi, saat bertemu langsung dengan Mitch Chilson di Singapura beberapa hari lalu, langsung dong saya tanya tips-tipsnya untuk para mama yang sibuk namun tetap ingin bertransformasi seperti para peserta Fit  for Fashion ini.


Berikut tips dari fitness coach ganteng ini ;p

Kemauan keras
Meski pun sebagai seorang ibu kita sangat sibuk dengan segala urusan mulai dari urusan anak-anak, urusan rumah tangga, sampai pekerjaan, namun tidak ada alasan untuk pasrah dan berkata bahwa kita tidak punya waktu untuk berolahraga. Tidak ada alasan untuk memilih donat dan makanan tak sehat lainnya untuk dimakan. Saat ingin makan sepotong donat, pikirkan kembali, inikah yang benar-benar kita inginkan? jika kemauan kita untuk menurunkan berat badan dan hidup sehat lebih kuat, harusnya tidak terlalu sulit untuk tidak memakan donat tersebut. 

Luangkan waktu
Berolahraga untuk menurunkan berat badan tidak bisa disambi. Misalnya kita berpikir, "ah nanti saja olahraganya saat nonton tv. Saya akan nonton serial favorit sambil plank." Tidak bisa dan tidak akan berhasil. Kita harus benar-benar menyediakan waktu khusus untuk berolahraga. Mungkin kita bisa menitip anak pada suami saat ia sudah pulang kerja, atau titip anak-anak pada nenek kakeknya juga mbaknya barang satu dua jam agar kita bisa berolahraga dengan serius.

Mitch and me ...

Perbanyak protein, sayur, dan buah
Misalnya jika kita makan siang berupa nasi, ayam, bakwan, dan sayur, Mitch menyarankan untuk mengurangi karbohidrat, misalnya dengan menyisihkan setengah porsi nasi (atau bahkan lebih banyak lagi jika kuat), 'membuang' bakwan dan menambah sayuran serta buah ke dalam menu tersebut. Lakukan hal yang sama untuk makan malam.

Latihan yang efektif
Karena sebagai ibu waktu kita terbatas, sebaiknya pilih latihan yang efektif misalnya High Intensity Interval Training (HIIT) yang akan meningkatkan metabolisme serta pembakaran lemak tubuh bahkan setelah selesai berolahraga. Latihan ini juga melatih memori otot atau muscle memory.

Saya sempat mencoba sendiri latihan HIIT bersama Mitch. Hanya dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, saya harus melakukan banyak gerakan yang benar-menar membuat seluruh tubuh saya bergerak, sekali lagi seluruh tubuh, bukan hanya bagian-bagian tertentu, mulai dari squat jump, TRX, push ups, planks, kettlebell, dst. Wow! keringat bercucuran, badan sakit-sakit, tapi rasanya ingin mengulang lagi keesokan harinya :D

selesai sesi HIIT dengan Mitch, rasanya...W.O.W

0 komentar:

Poskan Komentar