Selasa, 26 Januari 2016

Ini 5 cara saya mengatasi mood jelek

sumber
Pernah nggak merasa sangat tidak termotivasi melakukan apa pun (kecuali ngurusin anak). Rasanya sepanjang hari mood jelek terus. Saya sedang mengalaminya saat ini, mungkin karena sedang datang bulan, mungkin karena sedang bosan, mungkin juga karena hal-hal lainnya yang kurang saya sadari.

Kadang kalau perasaan seperti ini sedang melanda, rasanya nggak enak banget, nggak berdaya dan saya harus segera melakukan sesuatu sebelum perasaan malas berkepanjangan ini menggerogoti dan membuat rumah tak terurus, tulisan nggak selesai-selesai, pekerjaan lain terbengkalai, dst.

Dari pengalaman sebelumnya, biasanya saat perasaan malas serta unmotivated melanda, selain berdoa pada yang memiliki segalanya, saya akan melakukan beberapa hal di bawah ini, yang biasanya cukup sukses nge-boost mood saya.


1. Beres-beres. Yes, ini salah satu kesukaan saya saat sedang galau. Yang saya maksud beres-beres di sini bukan beres-beres keseharian seperti menyapu lantai, mengepel, dst, tapi membereskan tempat-tempat yang tidak biasa serta menata ulang bagian tersebut. Jadi gabungan antara beres-beres dan dekorasi ulang.

Setelah selesai beres-beres dan dekorasi ulang rasanya puas sekali, saya merasa lebih 'baru' dan lebih segar. 

2. Menghadiahi diri sendiri. Cukup pergi ke salon murmer di dekat rumah dan menghabiskan dua jam untuk pijat dan creambath adalah salah satu yang kadang saya lakukan untuk kembali bersemangat. 

Atau beli barang yang selama ini kita inginkan, tapi jangan yang membuat kita merasa bersalah ya, misalnya lagi bete malah beli hape baru, kalau betenya sering-sering, gimana??. Saya biasanya membeli barang-barang kecil yang benar-benar saya butuhkan, misalnya binder untuk menyimpan catatan dan dokumen-dokumen pekerjaan, atau tempat pinsil cantik untuk menggantikan tempat pinsil lama yang sudah kurang bagus, dll.

3. Ngopi. Sebagai pecinta kopi, meski pun sehari-hari minum kopi di rumah, saat sedang butuh inspirasi saya akan ngopi di tempat yang tidak biasa, entah di cofee shop favorit atau justru di rumah teman. 

4. Olahraga. Melawan rasa malas dengan olahraga ternyata sangat sangat efektif. Saya merasa terpicu untuk kembali bersemangat. Yang menjadi perjuangan adalah saat ingin melakukannya, paksa diri dan saat selesai rasanya jauh lebih baik.

5. Crafting. Intinya melakukan hobi kita. Saya kadang tidak punya waktu untuk membuat bermacam crafts yang saya suka, nah saat sedang bete, saya biasanya akan membuat crafts apa saja, mulai dari boneka kain, mainan dari kardus untuk si bungsu, dll.

***

11 komentar:

Yeye mengatakan...

Beberes sm ngopi itu aku banget hehehe

zata ligouw mengatakan...

toss dong Ye :)

noe mengatakan...

Dari 5 itu, yg paling aku suka nomor 2 dan 3. hehe :D

zata ligouw mengatakan...

Ahaha emang asik yg nomor itu ya @noe :)

kaitlynnamberly mengatakan...

kalau mood jelek aku milih tidur aja deh.. bangun-bangun seger.. :)

zata ligouw mengatakan...

ide bagusss kaitlynnamberly :)

Ayu Utami mengatakan...

Mbak Zata, Ayu tipe yang nomor 1, berhubung working mom yang keburu cape di jalan, jadi males kemana - mana hihihi, nomor 1 malah bisa buat mood jelek jadi plong tanpa harus cari pelampiasan marah-marah ke orang hohoho, cukup tutup mulut dan tangan sibuk beberes bersih - bersih^^

zata ligouw mengatakan...

hahaha sama dong yah Yu :)

According to Ratri mengatakan...

Wih, hebat banget mbak, mood jelek malah bersih-bersih. Kalau aku mah jelas di kasur terus hehe. Entah itu baca buku atau cuma dengerin musik. Kayaknya nggak berusaha ngerubah mood ya *peace*

zata ligouw mengatakan...

ahahah kadang2 kalo lagi jelekkk banget juga aku milih tidur sih Tri ;p

Watch movie HD mengatakan...

Ngopi sambil ngegame itu cara jitu ku buat ngembaliin mood :D

Poskan Komentar