Jumat, 01 Januari 2016

Menimba Ilmu di Workshop Fun Blogging


Saat memutuskan untuk mulai ngeblog lagi sekitar lima tahun lalu, dan kembali serius di pertengahan tahun 2015 (setelah resmi berhenti bekerja kantoran), saya selalu ingin belajar, belajar dan belajar. Saya belajar sendiri, belajar lewat internet, membaca buku, dan bertanya pada beberapa kenalan blogger, namun jujur saja hasilnya tidak memuaskan, ilmu yang saya dapat hanya setengah setengah.

Belum lama ini, saya mendapat kesempatan istimewa, bergabung dengan komunitas Fun Blogging dan mengikuti workshop Fun Blogging angkatan ke-8 yang bertajuk "Dari Hobi Menjadi Profesi".


catatan: semua foto kegiatan ini saya ambil dari facebook  IWITA
Wuahhh..., saat mengikuti acara tersebut saya sampai speechless mendapati bahwa ilmu yang dibagikan tidak setengah setengah. Saya merasa mendapat limpahan ilmu yang begitu banyak di tengah suasana yang ramah dan nyaman. Kenapa saya merasa seperti itu? karena pernah di satu kesempatan saya menghadiri acara workshop sejenis dan saya merasa para peserta dan sebagian pemateri justru menganggap yang lainnya sebagai kompetitor, otomatis saya merasa tidak nyaman dan memilih untuk tidak berperan aktif lagi dalam acara-acara selanjutnya.

Workshop Fun Blogging yang diadakan pada tanggal 19 Desember 2015 di Gratia Center, Pondok Pinang, ini dihadiri oleh sekitar 45 peserta. Materi hari itu adalah "Writing Great Content" oleh Haya Aliya Zaki, "Advancing Your Blog Platform" bersama Shintaries, dan "How To Monetize Your Blog Through Branding" yang dibawakan oleh Ani Berta.

Mba Atha dari IWITA

Acara dibuka dengan presentasi Martha Simanjuntak dari Indonesian Women IT Awareness atau IWITA. IWITA adalah organisasi perempuan tanggap teknologi informasi yang berdiri pada tanggal 9 April 2009. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi nirlaba ini antara lain menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, seminar, dll, yang berhubungan dengan perempuan dan teknologi informasi. Wahhh, saya dapat banyak informasi berharga dari organisasi yang peduli perempuan dan teknologi informasi ini.

Setelah mba Atha selesai dan sebelum masuk ke materi workshop, mba Haya mengajak kami untuk bermain. Ia meminta para peserta menuliskan dua hal yang ingin dicapai secara materi lewat ngeblog, dan harus ditulis dengan tangan kiri.

kamera sudah dibayar, tapi yg warna putih habis, jadi indent, deh ... (gbr dari sini)

Saya pun menuliskan dua wish list jangka pendek yang ingin saya capai lewat kegiatan ngeblog seperti foto di atas, dan alhamdulillah, kemarin saya sudah bisa mencoret salah satunya, yay!

1. Punya macbook baru (karena laptop lama saya baru saja rusak)

2. Punya kamera mirrorless baru.

Terima kasih para pengajar serta peserta Fun Blogging yang bikin saya makin semangat menimba ilmu dan mengejar keinginan. Doakan saya bisa segera mencoret yang satunya lagi ya, hihihi...


WRITING GREAT CONTENT

Materi pertama disampaikan oleh Haya Aliya Zaki, yaitu tentang bagaimana menulis konten yang baik. Mba Haya adalah ibu tiga anak yang merupakan seorang editor dan mom blogger ternama. Bersama-sama dengan mba Shintaries dan teh Ani Berta, ia mendirikan komunitas Fun Blogging ini.

mba Haya dan teh Ani di acara workshop Fun Blogging angkatan 8 lalu.

Beberapa poin yang disampaikan oleh mba Haya pada kesempatan tersebut antara lain:

Gunakan diksi atau pilihan kata yang tepat
Saat menulis, suatu keharusan untuk memakai pilihan kata yang tepat agar tulisan lebih baik dan enak dibaca. Sebagai contoh, daripada menulis "Saya memakan makanan yang disediakan oleh tuan rumah" sebaiknya gunakan kalimat "Saya memakan hidangan yang disediakan oleh tuan rumah."

Mba Haya meminta peserta menyebutkan beberapa kemungkinan kata lain untuk 'melihat' dan jawaban peserta antara lain memandang, melirik, melotot, menatap, dan seterusnya.

Gunakan kalimat aktif
Kalimat yang lazim digunakan adalah kalimat aktif. Misalnya daripada menulis "Andi dipukul Dudi" sebaiknya tulis "Dudi memukul Andi." 

Tulislah tema yang sesuai dengan keseharian
Intinya mba Haya menyarankan agar kita menulis sesuai dengan jati diri kita. Jangan hanya karena endorsement misalnya, lalu kita menulis apa yang tidak sesuai dengan keseharian kita. 

Misalnya seorang blogger yang dikenal tidak suka kucing tiba-tiba menulis review tentang makanan kucing. 

Networking sama pentingnya dengan skills
Kadang ada yang menganggap networking lebih penting daripada skills, atau pun sebaliknya. Namun mba Haya mengingatkan bahwa dua hal ini berjalan beriringan. 

Perbaikilah tulisan kita, dari segi konten, tata bahasa, dan sebagainya, sambil terus menjaga hubungan dengan blogger lain, komunitas, (calon) klien, dst, yang tentunya akan lebih membuka kesempatan bagi kita untuk lebih berkembang dan menghasilkan.

Rajin ikut lomba!
Ah, ini tip yang saya sukai. Kenapa? karena sebelumnya saya berpikir sering ikut lomba akan 'mengotori' blog saya dan membuat orang lain enggan berkunjung ke blog saya jika terlalu banyak artikel lomba. Namun mba Haya mengubah persepsi saya ini. 

Menurutnya mengikuti lomba akan mengasah kemampuan menulis kita, karena kita akan belajar menulis sesuai tema yang diminta oleh penyelenggara dan akhirnya akan berpikir kreatif untuk menghasilkan tulisan yang lebih bagus dari yang lain. 

Yup, langsung deh saya membuat draft beberapa lomba dengan rasa percaya diri yang lebih besar daripada sebelumnya :)


mba Shinta di sesi kedua

ADVANCING YOUR BLOG PLATFORM

Sesi berikutnya adalah 'Advancing Your Blog Platform' bersama Shintaries, seorang blogger, blog & website designer, blogger trainer, dan buzzer yang sudah aktif  ngeblog sejak tahun 2005. Eh, mba Shinta juga founder-nya Blogger Perempuan, lho...

Dalam kesempatan tersebut Shinta bicara tentang pentingnya layout yang ideal untuk sebuah blog. Di bawah ini adalah sebagian poin penting yang perlu diperhatikan berkenaan dengan layout blog kita:
  • Bersih dan minimalis
  • Bagian putih sekitar 70% 
  • Hindari pop up yang mengganggu
  • Jangan pakai musik
  • dst
Selain itu mba Shinta juga menyampaikan soal blogging tools seperti blog platform, social media, google analytics, google plus, dan lain-lain. Lengkap sekali.

Saat menyampaikan mengenai  media sosial, mba Shinta bicara tentang pentingnya Klout Score. Yes, saya pun langsung bersemangat, karena sebelumnya KS saya tidak pernah beranjak dari kisaran 40 ;p

Mba Shinta menyarankan untuk menghubungkan semua  social media platform kita ke Klout dan untuk lebih aktif berinteraksi di  media sosial. Tidak perlu menunggu lama, sampai di rumah saya langsung mengintegrasikan semua media sosial saya ke Klout, dari mulai twitter, LinkedIn, Facebook, sampai Pinterest. Dan hanya dalam 2 hari, Klout Score saya yang sebelumnya 40 sekian, naik menjadi 56 lalu seminggu kemudian naik lagi 10 poin menjadi 66! How cool is that?!

7 hari naik 10 poin, yay! thanks mba Shinta, mba Haya, dan teh Ani!

HOW TO MONETIZE YOUR BLOG THROUGH BRANDING

Di sesi yang terakhir, Ani Berta, seorang blogger dan Digital Media Activist, menutup workshop dengan materi tentang bagaimana kita me-monetize blog kita lewat branding

Teh Ani memaparkan mengenai keuntungan yang didapatkan dari media sosial, misalnya networking, sharing information, idea sharing, sampai social campaign

Salah satu keuntungan yang menggiurkan adalah keuntungan secara materi di mana blogger bisa mendapatkannya lewat endorsement, memenangi perlombaan, review produk dan lain sebagainya.

teh Ani Berta berbagi soal keuntungan media sosial.

















Nah, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog baik berupa barang atau pun cash, ada beberapa hal yang sebaiknya kita penuhi, misalnya usia blog minimal 3 bulan dengan postingan sudah lebih dari 20 artikel, konten menarik, dan memasang google analytics. Kita pun harus rajin blogwalking serta mengoptimalkan SEO.

Untuk mendapatkan job yang menghasilkan uang, teh Ani Berta memberikan beberapa tip yang bisa kita lakukan sendiri, yaitu:
  • Terlibat aktif di komunitas terutama komunitas blogger.
  • Aktif meng-update postingan blog serta membaginya lewat media sosial
  • Jangan lupa menulis reportase jika diundang menghadiri acara suatu brand
  • dll

NUTRISI UNTUK BANGSA

Di sela-sela acara workshop Fun Blogging ini ada presentasi dari Sarihusada sebagai salah satu sponsor dari acara ini. Sponsor lainnya adalah Iwita, Qwords, DAG, dan Pixy.

Wah, kebetulan sekali saat masih kecil saya adalah pengguna produk andalan Sarihusada dan kini si bungsu pun merupakan penikmat SGM Eksplor rasa coklat :). Jadi saat mba Dewi memaparkan soal Sarihusada, saya sangat tertarik dan merasa dekat dengan brand tersebut.

mba Dewi mewakili Sarihusada

Sarihusada memiliki gerakan bernama Nutrisi Untuk Bangsa, yaitu sebuah gerakan dari masyarakat untuk masyarakat dalam meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah gizi di Indonesia. Nutrisi untuk bangsa mengajak seluruh elemen bangsa untuk bekerjasama memerangi permasalahan gizi di tanah air.

Untuk menunjukan kepedulian akan masalah-masalah gizi tersebut, Nutrisi Untuk Bangsa memiliki sebuah acara yang teratur dilakukan yaitu Nutritalk, di mana para ahli akan berbagi mengenai suatu hal tergantung tema, misalnya "Memperkenalkan Buah dan Sayur pada Anak" serta tema-tema lainnya. Dan perlu digarisbawahi bahwa acara ini gratis dan terbuka untuk umum. 

Nutrisi Untuk Bangsa juga berbagi banyak artikel serta informasi menarik dan tentu saja sangat penting bagi saya yang merupakan ibu dari tiga orang anak. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Nutrisi Untuk Bangsa?, langsung saja meluncur ke sini, ya ...




***

43 komentar:

Ratna Dewi mengatakan...

Asik banget ya emang belajar di fun blogging, saya jd tau banyak kalo ngeblog ngga cuma curhat dan nulis ngalor ngidul.

Bowo Susilo mengatakan...

Mantap mbk reportasenya.

Yuk semangat ngeblog mbk hehe

Ani Berta mengatakan...

Terima kasih sudah hadir Mba, semoga apa yang kami bagikan bermanfaat ya :)

turiscantik.com mengatakan...

wah seneng ada kegiatan ini bikin nambah ilmu ya mbak

zata mengatakan...

@Ratna Dewi, iya mba banyak banget yg bisa ditulis :)

@Bowo Susilo, makasihhh, semangat!

@Ani Berta, bermanfaat banget, teh!

@turiscantik.com, iya seneng banget :)

Febriyan Lukito mengatakan...

Lengkap nih mbak. Saya masih bingung mau nulis apa. Hihi. Salam kenal mbak.

lubena ali mengatakan...

Banyak sekali untungnya emang gabung Fun Blogging

Lathifah Edib mengatakan...

Salam kenal, Mbak Zata.;)

zata ligouw mengatakan...

Ayooo semangat @Febriyan Lukito! :)

Iya bener, banyak banget untungnya mba @lubena ali

Salam kenallll mba @lathifah Edib :)

Reza Kurniawan mengatakan...

saya kurang networking dan jarang mengikuti lomba. :(
semoga 2016 ini saya bisa menyeimbangkan dunia maya dan nyata deh ya, pengin menyeimbangkan kedua ini. hahaha
Ini tips nya lengkap, euy.
Jadi.... semoga wishlist mbak Zata terkabul, ya!

Uwi mengatakan...

Keren ya mba Zata acaranya. Mau ikut, seru tuh nambah ilmu banyak

Roosvansia Sipahutar mengatakan...

Wishlist kita sama. Persissssss.. Macbook and Cam hahahha. Tos dulu yuk mba Zata. Mac rusak emang menyebalkan, jadi better nunggu beli baru ini ya hihihii. Semoga tahun ini bisa terwujud ya. Amen. Salam kenal.

Jade Ayu mengatakan...

Pinjem mirorlessnya qaqaaa.... haha.. iya sneng bgt ya bs ikutan Fun Blogging, banyak ilmuu

Mira mengatakan...

Seru ya kelasnya.. Dapet banyak ilmu. :)

Asiiiikkk.. Zata punya kamera baruuuu.. Berarti makin kece berat nih foto-fotonya.. Itu juga salah satu wishlist gw.. Moga-moga bisa cepet tercapai. Aamiin. :)

Mira mengatakan...

Seru ya kelasnya.. Dapet banyak ilmu. :)

Asiiiikkk.. Zata punya kamera baruuuu.. Berarti makin kece berat nih foto-fotonya.. Itu juga salah satu wishlist gw.. Moga-moga bisa cepet tercapai. Aamiin. :)

kirakara mengatakan...

lalu aku mulai utak atik klout score. terima kasih ilmunya kakak zataaa.. *kecup*

zata ligouw mengatakan...

@Reza kurniawan: aminnn.. sama mas, saya pun ingin menyeimbangkan dua2nya..

zata mengatakan...

Iya Wii, keren banget acaranya :D

zataligouw.com mengatakan...

hai mba @roos, amiiinnn semoga wish list kita segera jadi kenyataan yaaa, toss!!

zata ligouw mengatakan...

@jade ayu: perasaan lo udah punya mirrorless juga deh Yu, warna putih, kan? hehehe

astin mengatakan...

Hai, Mbak, salam kenal. Saya belum update klout, udah berapa sekarang ya?

Senang ya, Mbak, belajar di Fun Blogging. Seru banyak ilmu dan keren sekali, acaranya

zata ligouw mengatakan...

@Mira: Yuukk, semoga segera kesampean ya Mirrr, amiinnn..

@kakira: ayoo Wit, semangattt...

zata mengatakan...

@astin - iyaaa, senang luar biasaaa. Cek gih klout score-nya ;p

Jiah Al Jafara mengatakan...

Fun blogging blm ada di kota kecil kaya Jepara... Tp seneng liat teman2 yg bs ikut

「Satria」 の お母さん mengatakan...

Supeeerrbb... Senang bacanya, banyak nambah ilmu untuk blogger baru seperti Ayu, makasih Mbak Zata :*

Pengobatan infeksi usus mengatakan...

nice artikel

zata ligouw mengatakan...

ditunggu aja mba Jiah, kali aja mba Haya dkk tiba2 ke sana :)

zata mengatakan...

sama-sama Ayuuu...

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Kegiatan semacam fun blogging tempat belajar dan lebih tahu dunia blog, semoga makin prouktif ya mba :)

suria riza mengatakan...

banyak ilmu ya mbak di fun blogging :*
hayuuuu semangat ngelombaaaa...konten dapet dan tulisane pasti bagus...belum lagi hadiahne xD

dewi ratih mengatakan...

serasa baca bocorannya ngeblog ni :p Makasi mba Zata udah d share ilmunya:)

zata ligouw mengatakan...

@Sie-thi Nurjanah: iya semoga kita semua makin produktif setelah ikutan fun blogging, amiinnn...

@suria riza : ahahahah iya Cha, makin semangat nih.., thanks to you, too...yg sudah ikut menginspirasi :)

zata mengatakan...

@dewi ratih : sama-samaaa dewww...

katon sumargi mengatakan...

Dapat ilmu baru yang menarik dan bisa di aplikasikan, semangat nulis kambuh lagi,,, makasih

Titi Alfa Khairia mengatakan...

Beruntung banget ya kita bisa ikutan Fun Blogging :)

zata ligouw mengatakan...

@katon sumargi: iya jadi semangat lagi ya abis ikutan acara ini... alhamdulillah...

zata mengatakan...

@Titi Alfa Khaira : setuju, beruntung banget kita :D

cahaya theprinces mengatakan...

Mbaaak, kamu awet muda sekali. Aku kira kita seumuran, malu banget cuma manggil nama tanpa embel2 Mbak :((
Btw, reportasemu keche bhadai, aku gak kepikiran klout score malah :D

zata ligouw mengatakan...

ish cahaya thepinces bikin ge er aja.., makasih anyway :D

makasih udah mampir yaaa...

cindy mengatakan...

Ilmunya banyak bangeeett yaa.. Aku yg cuma ngikutin live twitnya aja udah happy banget,eeh ditambah rangkuman dari kak zata!

Btw,kalo ke depok,boleh lah difoto pake kamera baruu.. *nyiapin pose*

zata mengatakan...

hihihi sippp cindy..

shintadaniel mengatakan...

Wah Zata makin banyak ilmu, makin siap jadi blogger professional niiih...

@zataligouw mengatakan...

amiiinnn @shintadaniel :)

Poskan Komentar