Jumat, 22 Januari 2016

My #10WeeksGetFitProgramme - Week 1 & 2

"It's not about losing weight, it's about feeling comfort in your jeans" - Mitch Chilson

Sekilas tentang 10 Weeks Get Fit Programme

Program 10 Weeks Get Fit ini adalah program yang diadakan berbarengan dengan pemutaran acara Fit For Fashion Season 2 yang bekerjasama dengan Fitness First juga Zalora dan diputar di saluran televisi berbayar StarWorld.

Program ini dibuka untuk para member dan non member Fitness First di mana para peserta harus melakukan kegiatan olah raga serta tantangan yang kurang lebih sama dengan para kontestan Fit For Fashion episode kedua. Peserta bisa menonton acara Fit For Fashion setiap hari Kamis di StarWorld lalu mempraktekan yang ditontonnya dalam kegiatan sehari-hari, tentu saja dibantu oleh aplikasi CustomFit yang baru saja diluncurkan.



Fitness First Indonesia sendiri menunjuk 30 orang influencer dari komunitas dan media untuk mendukung program ini, saya menjadi salah satunya. Setiap hari Kamis setiap minggunya (berbarengan dengan jam tayang Fit For Fashion di StarWorld), kami diwajibkan untuk latihan bersama di salah satu klub Fitness First yang ditunjuk. Kami harus melakukan challenge yang kurang lebih sama dengan para kontestan di acara tersebut, yaitu tantangan fisik mau pun fashion!

Seperti yang saya kutip dari Mitch Chilson di atas, bahwa program ini bukan tentang menurunkan berat badan, namun bagaimana kita merasa nyaman dengan tubuh kita dan pakaian kita.

Sebelum memulai program, kami diminta untuk melakukan tes BioScore dan mengunduh aplikasi CustomFit di smartphone masing-masing.

BioScore
Untuk menunjang program ini, saya dan peserta lainnya harus melakukan tes BioScore. BioScore adalah tes kesehatan dan fitness yang akan memperlihatkan perbandingan antara umur biologis kita dengan umur yang sebenarnya. Misalnya, tes BioScore seseorang bisa saja +5 atau lima tahun lebih tua dari umur aslinya atau bahkan -7 atau tujuh tahun lebih muda dari umur sebenarnya.

Wahhh, berapa ya hasil tes BioScore saya? deg-degan. Tapi berapa pun nanti hasil tes saya, saya percaya bahwa dalam 10 minggu ke depan saya bisa mengubah umur biologis saya secara signifikan. Ganbatte!!

Seorang PT sedang menunjukan aplikasi CustomFit
CustomFit
Berita gembiranya, terutama untuk saya, seorang mama beranak tiga, ada aplikasi yang bernama CustomFit yang akan mendukung program olahraga kita. Fitness First merancang aplikasi ini secara khusus sehingga mempermudah kita untuk berlatih di mana saja dengan lebih dari 750 video latihan.


WEEK I

Sesuai tema minggu pertama yaitu no excuse, saat memutuskan untuk menerima tawaran mengikuti 10 weeks get fit programme ini, saya pun langsung bertekad bahwa tidak ada alasan untuk menunda nunda, tidak ada alasan untuk tidak memulainya saat ini.

Tidak ada alasan untuk jarang berolah raga, karena seperti kata Mitch Chilson, salah satu pelatih di acara Fit For Fashion, rencanakan berlatih setiap hari karena jika kita menargetkan latihan seminggu tiga kali dan misalnya satu hari kita ada deadline kantor, hari berikutnya tidak enak badan, akhirnya kita latihan hanya satu kali per minggu. Namun jika kita merencanakannya tiap hari, dengan kondisi yang saya sebutkan sebelumnya, berarti kita bisa latihan lima kali seminggu :).

The Journey begin ...

Perjalanan 10 minggu saya baru dimulai, semoga saya bisa melaluinya dengan baik dan menjadi lebih fit dan fashionable...


WEEK 2

Balance!

Tema minggu kedua dari program yang sedang saya jalankan bersama Fitness First Indonesia  adalah balance.

Di minggu kedua ini saya sudah mulai berlatih menggunakan aplikasi CustomFit. Saat sedang tidak sempat ngegym, saya memanfaatkan waktu bermain bersama anak sambil olahraga. Karena minggu ini temanya adalah tentang keseimbangan alias balance, maka saya memilih video curtsey lunge untuk dipraktekan.

video


Meski pun masih belum bisa saya lakukan dengan benar (seperti lunge yang kurang rendah dan badan yang masih goyang-goyang), namun latihan ini sangat bermanfaat untuk keseimbangan, mengangkat bokong, dan mengencangkan badan sehingga terlihat lebih langsing.

Lakukan curtsey lunge ini sebanyak mungkin selama satu menit, istirahat sebentar lalu ulangi. Di bawah ini adalah gambar gerakan yang benar:

sumber

12 komentar:

Nchie Hanie mengatakan...

Waah tertarik dengan balance nya tuh..
nyobain gerakan lunge ahh..
wkwkkwkw, pasti ga seimbang deh hihii

Aprie mengatakan...

Tapi dirimu memang gak kayak Ibu beranak 3, Mbak. Masih inget pas pertama kali kita ketemu di workshop BP, kukira dirimu masih belum merit. :))

Yeye mengatakan...

Aku mau coba ah gerakan2 nya.. Siapa tau bs lanh

Sari Novita mengatakan...

Menarik banget...n baru tahu ada aplikasinya...demen aku ke blognya

Pengobatan benjolan di ketiak mengatakan...

wah baru tahu nih ada aplikasinya

zata ligouw mengatakan...

@nchie hanie, yuk yuk cobaaa :D

@Aprie, awww kamu bikin ge er terus, dehhh... *ciyum*

zata mengatakan...

@yeye, yuk coba, olahraga apa aja pasti ngaruh..

@sari novita, iya keren deh pas udah cobain aplikasinya, ngebantu banget..

Ardy S mengatakan...

Kalau aku berolahraga seminggu cuma 1x dan hasilnya ternyata tak maksimal..haha :D

zata ligouw mengatakan...

ayooo maksimalinnn Dyyy.. (kayak gw udah maksimal aja, hehehe...)

Pakde Cholik mengatakan...

Program apapun yang dipilih dan dilakukan dengan baik akan tampak hasilnya.
Salah satu kendalanya adalah rasa malas dan cepat bosen sehingga hasilnya kurang optimal
Salam hangat dari Surabaya

zata ligouw mengatakan...

yap, betul sekali Pakde.. doain semoga saya nggak bosenan ya ;p

Noe mengatakan...

aduuh, soal olah raga, buatku msh sesuatu yg beraaats. :v *payah

Poskan Komentar