Rabu, 27 Januari 2016

Ayam Woku ala Oma | RESEP


Belum lama ini abang berulang tahun yang ketiga belas, namun seperti halnya ulang tahun kakak dan ayah mereka di bulan sebelumnya, kami tidak mengadakan perayaan apa-apa. Saya hanya membuatkan makanan favorit abang yang juga adalah makanan favorit kami sekeluarga, ayam woku khas oma.

Wuih, sekejap saja ayam woku sebanyak ini tandas dimakan oleh kami semua. Bahkan setelah nasi habis, kami sibuk menggerogoti tulang-tulangnya karena rasa bumbu yang meresap sampai ke tulang, yummm...

Ini dia resepnya...


Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 ikat daun kemangi
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 batang daun bawang
  • 2 buah tomat hijau
  • 8 siung bawang merah
  • 25 buah cabe rawit hijau
  • 7 butir kemiri yang sudah disangrai
  • sedikit kunyit yang sudah dibakar
  • sedikit jahe
  • air
  • garam
  • gula
  • minyak goreng


Cara Membuat:
  1. Haluskan bawang merah, cabe rawit, kemiri, kunyit serta jahe. Saya tidak suka bumbu yang terlalu halus, jadi diulek agak kasar.
  2. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bumbu yang sudah diulek tadi, masukan daun jeruk, daun kunyit, daun pandan, dan serai, aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
  3. Masukan ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, aduk-aduk sehingga bercampur dengan bumbu. Aduk sebentar hingga ayam berubah warna lalu masukan sedikit air, kira-kira satu gelas (kurang lebih hingga ayam terendam setengah), tutup hingga air mendidih, sesekali diaduk agar semua bagian ayam terkena rebusan air. Masak hingga air tinggal sedikit.
  4. Menjelang matang, masukan gula dan garam, lalu masukan potongan tomat hijau, daun bawang, serta kemangi.

Setelah matang, masukan ke dalam wadah makanan dan siap dinikmati bersama nasi hangat. Cukup untuk 4-6 porsi.

Ayo siapkan peralatan masak Anda dan coba resep ini, dijamin enak :)

ayam woku yang langsung habis dimakan sekeluarga :D
***

4 komentar:

noe mengatakan...

Hihi... nyerah klo urusan masak yg susah2 gini. *blm coba udh bilg susa* haha.

Melly Feyadin mengatakan...

Kayaknya enak n gampang ya mbak masaknya.. Pengen nyoba deh :D

zata ligouw mengatakan...

@noe, sama, aku pun sbenernya gak bisa masak, cuma bisa kalo dikasih resep sama nyokap aja heheh..

@Melly, iya gampang kok, coba aja..

Helma Vania mengatakan...

waaa.. resepnya gampang.. aku mau coba ahh.. hehe

Poskan Komentar