Minggu, 31 Januari 2016

Yuk, Nonton Sambil Belajar Bahasa Mandarin Bersama Miao Mi ...



"Ni hau ma?"
"Wo hau, Sie sie"

Sebatas itulah kemampuan saya berbahasa Mandarin *laludilemparsendal* :D. Malu sebenarnya karena saya punya darah Chinese dari kakek saya namun bisa dibilang hampir tidak mengerti bahasa tersebut.


Saat ini keponakan-keponakan saya pun sedang les bahasa Mandarin dan saya pun sempat terpikir untuk memasukan anak-anak saya ke tempat kursus bahasa Mandarin, hanya saja selain waktunya belum ada juga karena biayanya yang lumayan mahal jika digabung untuk tiga anak.

Saat saya diundang ke acara peluncuran Saluran Anak Mandarin Miao Mi di Indonesia, saya langsung bersemangat karena sangat ingin tahu tentang saluran ini yang katanya akan mengajak anak-anak untuk bermain (menonton) sambil belajar.

Celestial Tiger Entertainment (CTE), sebagai operator saluran televisi Asia terbesar, dan PT MNC Sky Vision, perusahaan televisi berbayar terbesar di Indonesia, kemarin, tanggal 28 Januari 2016 bertempat di Lollipop's Land, Lotte Shopping Avenue, mengumumkan peluncuran saluran anak-anak Mandarin Miao Mi ini dengan harapan bisa mendidik, menghibur serta menginspirasi pelanggannya terutama anak-anak Indonesia

pak Yudha, CEO PT MNC Skyvision, Tbk, serta Ofanny Choi, Executive Vice President TV Networks CTE

Menurut Ofanny Choi, ada begitu banyak saluran anak dari negara Barat di Indonesia dan mereka sangat yakin Miao Mi menawarkan saluran alternatif berkualitas tinggi untuk para pelanggan dengan program-program yang diciptakan secara matang untuk menghibur anak-anak dengan perspektif Asia. Saluran anak ini juga mendorong anak-anak untuk belajar Mandarin melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan Bahasa Indonesia dan juga program khusus Miao Mi Classroom. 

Saluran ini juga sepenuhnya disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia, namun para orang tua juga memiliki pilihan untuk mengganti ke Bahasa Mandarin untuk meningkatkan pengalaman belajar Bahasa Mandarin anak-anak mereka. Khusus untuk program Miao Mi Classroom hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin yang menampilkan lagu-lagu dan cerita sederhana untuk pelajaran bahasa. 

Wahh, saya langsung membayangkan si bungsu menonton tayangan ini sambil mengikuti dan mengulang-ulang kata yang diperkenalkan, pasti akan sangat menyenangkan buat dia dan kakak-kakaknya.

Beberapa program yang tayang perdana dan eksklusif adalah Star Babies, serial animasi pemenang penghargaan mengenai sekelompok balita yang terinspirasi dari ikon film China seperti Bruce Lee dan Monkey King; Little Rabbit’s Kung Fu Academy, serial yang diproduksi khusus untuk anak prasekolah yang menampilkan para karakter dari film animasi 3D peraih penghargaan di China yaitu Legend of a RabbitEori, serial animasi Korea berkualitas tinggi yang disulihsuarakan dalam bahasa Mandarin, yang mengangkat cerita rakyat di Asia dan internasional; Rubi, serial menghibur yang diproduksi oleh studio animasi pemenang penghargaan di China, Zoland Animation; Happy Friends, serial animasi dengan rating tinggi di saluran televisi nasional China, CCTV, yang diproduksi oleh sutradara serial megahit Pleasant Goat and Big Big Wolf.   

Melissa dan Jazz
Dalam kesempatan tersebut hadir juga Melissa Karim yang berbagi pengalaman mengenai bagaimana ia membagi waktu antara pekerjaan dan keluarganya. Ia mengatakan bahwa hampir semua ibu pasti kesulitan membagi waktu tapi tetap saja yang menjadi prioritas utama pasti anak-anak, dalam hal ini Jazz, anaknya.

Melissa mengakui bahwa ia tidak bisa berbahasa Mandari namun ia ingin Jazz bisa belajar bahasa tersebut salah satunya lewat saluran Miao Mi ini.

Miao Mi sendiri diluncurkan sebagai saluran linear di Indovision (Ch. 38), Okevision (Ch. 66) dan Play Media (Ch. 38). Versi on-demand dan over-the-top (OTT) akan tersedia dalam waktu dekat. 

Yuk, kita tunggu saja penayangannya...


***

9 komentar:

Aprie mengatakan...

Apalagi bahasa mandarin sekarang semakin perlu banget. Program kayak gini bagus biar anak melek bahasa, ya. *efek kerja di perusahaan shanghai* :p

kaitlynnamberly mengatakan...

wih asik ya bakal ada saluran tv mandarin buat anak di indonesia..ini sih perlu banget ya berhubung sekarang di sekolah-sekolah kan udah ada pelajaran bahasa mandarin, tapi yg bikin anak-anak kurang lancar karena mereka hanya belajar sebatas di sekolah, gak bisa diterapin dirumah krn org rumahnya nggak ngerti..haha saya pun chinese tapi hanya bisa beberapa patah kata saja.. kalo ada acara tv gini kan anak-anak bisa sekalian melatih lagi dirumah ya..gak sabar nunggu penayangannya.. sukur-sukur orang tuanya bisa sekalian ikutan belajar..hihi

Cumilebay MazToro mengatakan...

mandarin ini jadi bahasa ke 3 setelah indo, inggris dan akhir ny amandarin. Jadi kayak nya wajib banget anak2 untuk mulai mengenal sejak dini

zata ligouw mengatakan...

@Aprie, ooo kerja di perusaan shanghai.. iya bener Pri. Dikau bisa dong bhs Mandarin? ;p

@kaitlyn, hahaha toss dong ;p. Iya, aku pun pengen deh blajar bhs Mandarin..

@zataligouw mengatakan...

setuju banget mas @Cumilebay, wajib bangettt..

Roosvansia Sipahutar mengatakan...

Aku juga ikut kesini, mba Zata yang manaaaa ahhhhh kita ngga ketemu huhuhuhu

Ruffie Lucretia mengatakan...

Wahhh, iya ya makin banyak peer nya nih selain bahasa inggris, bahasa mandarin juga perlu banget ya

zata ligouw mengatakan...

@Roosvansia Sipahutar: aku emang telat datang karena ada meeting sebelumnya, jadi kita gak ketemuu..

@Ruffie Lucretia: iya banyhak pe er nihh..

HAIRIAH SABIRIN mengatakan...

Ibu saya juga ada keturunan China (tionghoa) dari neneknya Ibu tapi kami tidak ada yang bisa bahasa mandarin, sedih. Mau les mahal, cari sekolah 3 bahasa jg sulit untuk domisili di Samarinda utk tingkat SMP :(

Poskan Komentar