Jumat, 04 Maret 2016

5 hal yang saya pelajari dari kamera iphone 5

foto produk boneka handmade yang saya ambil di pinggir jalan
Cukup lama saya menggunakan iphone 5, kurang lebih sekitar 4 tahun sampai akhirnya saya memutuskan untuk jual iphone 5 tersebut karena ingin mencoba smartphone lain. Agak sayang sebenarnya, namun saat melihat daftar harga iphone 5 yang masih lumayan oke, ya sudahlah ya, saya jual aja. Eh kok malah curhat... ;p

Back to the topic. Selama menggunakan smartphone tersebut, saya sangat puas dengan performa kameranya karena saya bisa menggunakannya untuk hampir segala keperluan, mulai dari mengambil foto kegiatan sehari-hari, foto event, sampai foto produk.

Ini dia 5 hal yang saya pelajari saat menggunakan hp iphone 5:


1. Hasil foto lebih keren dengan cahaya alami

Mengambil foto di luar ruangan akan sangat membantu memaksimalkan hasil foto dengan hp iphone 5 meski pun di dalam ruangan pun dengan cahaya yang cukup hasilnya akan tetap bagus.

Untuk mengambil foto yang bagus di luar ruangan sebaiknya jangan tengah hari. Dari pengalaman saya, jam terbaik untuk cahaya yang bagus adalah sebelum jam 11 dan sekitar jam 4 sore, asalkan tidak mendung ya..

Foto di bawah ini diambil dengan kamera iphone 5 sekitar jam 4 sore, tanpa filter apa pun.

berfoto di depan rumah nyokap setelah selesai didandanin sama adek

Sedangkan foto ini diambil di dalam ruangan namun dengan cahaya yang cukup kuat yang datang dari bagian belakang rumah serta genteng kaca yang berada di atas saya. Di sini, dengan cahaya yang pas, muka saya kelihatan jauh lebih halus dari aslinya ;p

abis nyuci ;p

2. Foto outdoor  akan lebih bagus jika memperlihatkan 'kedalaman'

Foto pemandangan atau pun outdoor akan semakin terlihat bagus saat kita memperlihatkan kedalaman, seperti foto di bawah ini yang menunjukan jalanan yang makin menjauh sehingga ruang dalam foto terlihat hidup.



3. Filter menjadi penyelamat saat cahaya tidak bagus atau agak gelap.

Saat cahaya sedang tidak mendukung kita bisa memanfaatkan filter-filter yang tersedia di dalam iphone, bisa juga saat ingin meng-uploadnya ke akun sosial media seperti Instagram. Seperti foto selfie di bawah ini, saat itu sudah menjelang magrib dan saya berada di dalam ruangan yang cahayanya tidak terlalu bagus. Saya pun memilih filter yang justru memberi kesan vintage pada foto ini.

selfie bersama si bungsu
lumayan untuk hasil foto di ruang yang agak gelap seperti ini


























4. Hasil foto layak untuk dipakai dalam blog karena hasilnya yang tajam dan detail.

Kebanyakan foto dalam blog saya adalah hasil dari kamera iphone. Sesekali saya juga menggunakan kamera smartphone lain juga kamera poket dan DSLR. Hasil fotonya yang bagus membuat blog saya tetap kelihatan profesional meski pun hanya menggunakan hasil foto dari hape.



5. Banyak aplikasi yang mendukung kegiatan ngeblog.

Banyak aplikasi keren yang sangat membantu kegiatan ngeblog saya. Setelah mengambil foto, saya bisa langsung pakai filter ini itu, bikin quotes sesuai keinginan dan membuat kolase. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai seperti pixlr, pic collage, dan lain-lain, tinggal browse saja, banyak juga kok yang gratisan.

banyak aplikasi iphone yang bisa dimanfaatkan buat ngeblog



8 komentar:

laili umdatul khoirurosida mengatakan...

setuju mbaa.. layak di jadikan foto bahan di blog :D

Cindy mengatakan...

Kalo menurut kak Zata sama somay yang sekarang hasilnya kece mana?
Aku aja yang pegang kamera 4s aja udah terkagum-kagum karena lebih cerah dibanding somay 1s punya si Helma.

Enak ya kalo bisa pake 1 gadget aja buat update-update blog :)

zata ligouw mengatakan...

laili, iya, layak banget, nggak keliatan foto abal2 hehehe..

@cindy: ada kelebihan dan kekurangan masing2 cin, gw pun niatnya tar mau nulis soal kamera si siomay ini hihihi. Tapi kalo buat foto produk atau sesuatu yg butuh detail, kayaknya bagusan iphone, kalo siomay cucok untuk foto selfie, foto cantik2an gituh ;p

Cindy mengatakan...

Ayoo bandingkan kedua merk itu kak zataa.. Kan i5 termasuk yang udah "jadul" kalo buat kamera,RAM dsb daripada somay. Tapi kan tetep aja iphone gitu loh,lebih enak :P

Inna Riana mengatakan...

hasil fotonya bagus2, jangan dijual.sayang, mba.
sy juga punya lenovo yg kameranya bagus tp agak eror. skr msh dipake u foto2 doang lumayan

zata ligouw mengatakan...

Inna, iya sih, cuma karena hapenya udah lama, mulai sering panas, ntar2 kalo dananya cukup pengen ah punya iphone lagi ;p

Desy Yusnita mengatakan...

Saya berpikir, koq mba inget sih gambar-gambar itu diambil pada waktu kapan. Aku mah jarang inget. Aku paling suka hasil iphone 5 kalo bertemu dengan awan/langit....natural dan jernih.

zata ligouw mengatakan...

@Desy, diajarin suami soal waktu terbaik untuk foto soalnya, makanya kalau aku moto khusus untuk blog, biasanya aku milih waktu2 tertentu..

Poskan Komentar