Selasa, 08 Maret 2016

Padatnya Ilmu di Digital Marketing Sharing CNI


MUDAHNYA BELANJA DI GERAI CNI

Bicara soal CNI pasti sudah pada tahu apa itu CNI, kan?, yup, CNI adalah sebuah perusahaan yang berdiri di Bandung pada tahun 1986 dan sangat terkenal dengan produk-produk kesehatannya antara lain Ester-C dan ginseng coffee. 

Saya sendiri pertama kali mencoba produk CNI mungkin sekitar 10 tahun lalu saat masih duduk di bangku kuliah. Saya ingat sekali produk yang saya konsumsi adalah kopi ginseng karena kebetulan sekali saya adalah pecinta kopi :) dan sampai sekarang pun saya masih mengkonsumsinya.

Cokelat panas penyemangat kami di saat banjir beberapa hari yang lalu ;p


 
Saat ini belanja produk CNI makin mudah lewat www.GeraiCNI.com di mana kita hanya perlu melihat katalog produk yang kita inginkan dan klik tombol beli seperti halnya belanja online di merchant besar lewat internet.

Saya pun langsung mencobanya dengan melakukan register terlebih dahulu, ternyata memang sangat mudah belanja di Gerai CNI dan ini menjadi solusi bagi para penyuka produk yang bukan member namun tetap ingin menikmati produk-produk CNI.

Dulu saya pikir produk CNI hanya terbatas pada produk makanan dan minuman serta perawatan diri, namun saat melihat-lihat dan memesan beberapa barang di Gerai CNI saya baru sadar bahwa produk CNI ternyata lengkap sekali karena kini ada peralatan rumah tangga serta fashion juga, seperti kompor gas dan juga tas. Sudah mudah, lengkap lagi, wahhh, bisa menjadi one stop shopping favorit saya, nih ;p

Ternyata kemudahan serta baiknya citra CNI tidak terlepas dari peran digital marketingnya yang kuat dan terencana.

Bicara soal digital marketing, senang sekali rasanya saya bisa ikut serta dalam #KopdarCNI yang diadakan oleh CNI berseta komunitas Fun Blogging yang diadakan pada hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 06 Maret 2016 jam 14-18 di Burger King, Plaza Festival, Jakarta.


pemberian kenang-kenangan untuk pembicara dari Dian Kelana

DIGITAL MARKETING SHARING BERSAMA NIKO

Acara kopi darat bersama Fun Blogging tersebut seperti biasa sarat ilmu dan hadiah, hehehe. Yup, ada sesi dari mas Niko Riansyah yang merupakan Social Media Community CNI, di mana ia banyak berbagi soal pengalamannya menangani sosial media CNI.

Dalam kesempatan tersebut mas Niko menjelaskan bahwa ada banyak platform yang digunakan antara lain facebook, instagram, twitter, dan mail chimp.

Apa itu mail chimp? mail chimp adalah software sederhana yang biasa digunakan untuk email marketing yang memungkinkan kita untuk mendisain, menyimpan serta mengirim email. Biasanya digunakan untuk mengirim newsletter.

Saat kita mengirim email, newsletter, dan yang lainnya menggunakan mail chimp, kita bisa mengetahui berapa orang yang merespon email tersebut, misalnya yang subscribe dan mengklik email.


Setiap platform harus diisi dengan konten yang berkualitas, misalnya di akun instagram, facebook serta twitter CNI isinya tidak melulu soal produk yang dijual namun juga sesekali terdapat tips, informasi terbaru serta artikel yang berhubungan dengan kesehatan.

Mas Niko juga menjelaskan soal Google Ads dan Facebook Ads, di mana kedua ads ini memiliki karakter yang berbeda. Facebook Ads memang lebih mahal namun Google Ads dianggap lebih efektif karena banyak yang mengenal CNI lewat Google.

Sambil ditemani makan siang dan camilan dari Burger King, acara berlanjut ke sesi berikutnya yang tak kalah menarik, yaitu mengenai cara menciptakan konten yang berkualitas.




TIPS MENGELOLA & MEMPRODUKSI KONTEN BERSAMA ANI BERTA

Teh Ani Berta mengisi sesi tentang bagaimana menciptakan serta mengelola konten sebagai penunjang digital marketing, branding, serta networking.

Maraknya blogger baru dan blogger bodrex dan blogger jale kadang membuat image para blogger menjadi kurang baik, namun yang bisa kita lakukan sebagai blogger adalah memperbaiki konten sehingga citra kita menjadi semakin baik.

Demi memproduksi konten yang bagus kita harus berburu sumber konten yang bisa kita pilah menjadi tiga bagian, yaitu:

Berbagi informasi
  • seperti tempat yang menarik, lokasi bersejarah dan peristiwa
  • informasi membuat dokumen NPWP, paspor, informasi donor darah, bazaar, beasiswa, dll
  • berbagi inspirasi dan solusi
Berbagi edukasi:
  • keahlian, pengalaman, latar belakang pendidikan
  • hasil wawancara narasumber (seminar, workshop, dan personal interview)
Berbagi opini:
  • sumber berita di televisi, media cetak dan online
  • acara talkshow off air dan on air
  • hasil obrolan
Intinya konten itu bertebaran di mana-mana, tinggal bagaimana kita mengejar dan mengolahnya menjadi bahan tulisan artikel untuk blog kita.

Nah, setelah mendapat ide dan bahan untuk artikel, kita pun perlu menguatkan artikel kita yaitu lewat data statistik dan buku atau hasil wawancara dan sebagainya. Dengan penguat artikel tersebut maka tulisan kita akan lebih berbobot dan sesuai fakta.

Selain itu teh Ani juga memberi tips bagaimana cara mengelola blog lebih dari satu, antara lain dengan menggunakan beberapa platform yang berbeda, misalbta blogdetik, kompasiana, blogspot, wordpress, serta domain sendiri. Salah satu kelebihan memiliki blog di paltform yang berbeda-beda ini adalah untuk emmancing trafik, misalnya lewat blogdetik pembaca detik bisa terarah pada profil kita.
Yang sangat inspiratif bagi saya adalah saat teh Ani bercerita tentang pengalamannya berburu nara sumber, dari hanya duduk di teras, duduk di pinggir sawah, sampai diundang ke rumah tokoh adat. Benar-benar usaha serta profesionalitas seorang blogger sejati yang patut kita tiru.

Di penghujung acara, kami berfoto bersama dan sesudah itu saya mendapat kesempatan ngobrol dengan teh Ani secara personal. Benar-benar hari yang penuh dengan manfaat, alhamdulillah  :)

foto bersama setelah selesai acara

***

14 komentar:

Maya Siswadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Keke Naima mengatakan...

acara minggu lalu bermanfaat banget, ya. Saya suka sama quote di foto terakhir, deh :)

Namora Ritonga mengatakan...

setuju bgt sama quote di pict yg trakhir mba, of course with positive people :)

Yeye mengatakan...

Sayangnya ga bs dtg kmrn yah aku nya. Wah bermanfaat sekali :)

zata ligouw mengatakan...

@Maya, mirip2 sama bodrex juga sih, yg dateng ke acara bener2 cuma ngarepin dapet ongkos dan gudibek, hehehe...

@Namora, iyaaa, kalian2 bikin semangat semua, seneng deh...

@Yeye, next time pasti ada lagi kok Ye :)

Maya Siswadi mengatakan...

Konten bisa di mana aja yaa. Tergantung yg olah kalau gitu yaa

zata ligouw mengatakan...

iya bener mba Maya, asal bisa ngolah pasti ada aja :)

Desy Yusnita mengatakan...

ilmu baru lagi soal newsletter ya mba.
haduh kapan dibuka lagi ya??

zata ligouw mengatakan...

nah, tanya teh Ani tuh kapan lagi Des ;p

zata ligouw mengatakan...

@Keke Naima: iya, kalo dikelilingin org2 yg positi kita pasti ketularan yah ;p

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Kopdar blogger yg kaya ilmu dan manfaat semoga kegiatan seperti ini semakin di berdayakan ya mba :)

zata ligouw mengatakan...

iya setuju mba Siti..

joshua adinata mengatakan...

Sayangnya ga bs dtg. Wah bermanfaat sekali :)
digital agency jakarta

zata ligouw mengatakan...

iya mas Joshua, berasa banget manfaatnya..

Poskan Komentar