Yuk, jaga silaturahmi dengan keluarga besar..


we are family

Saat ini begitu banyak keluarga besar yang terpisah-pisah karena masalah pekerjaan, kesibukan sampai sekolah. Seperti halnya keluarga saya (dan suami) yang tersebar di Depok, Jakarta, Bogor, Menado, hingga Kalimantan. Kebersamaan yang kami lalui boleh dibilang sedikit, jangankan dengan yang di luar pulau atau di luar kota, yang sama-sama di Jakarta atau Depok saja tergolong jarang bertemu.


Kebersamaan tidak terjadi dengan sendirinya. Kesibukan kami di Jakarta, di mana untuk bekerja saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan, rasanya hanya menyisakan sedikit waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga, teman, dan komunitas.
Belajar dari hal itu, saya memang menjadwalkan bahkan terkadang memaksakan diri untuk bertemu dan bercengkrama dengan keluarga besar yang membuat hidup saya, suami, dan anak-anak terasa lebih berarti. Dan benar, saat menghabiskan waktu dengan mereka.., hidup rasanya lebih indah :)

Dari pertemuan-pertemuan dengan keluarga besar, ada beberapa manfaat yang sangat terasa. buat saya, dan terutama tiga hal di bawah ini yang sangat berperan untuk perkembangan anak-anak:

LEBIH BAHAGIA
Ya, dengan sering atau teraturnya anak-anak bertemu dengan sepupunya, masa kecil mereka terasa lebih indah, penuh warna dan cerita serta pengalaman yang tak akan terlupakan sampai mereka besar. Alhamdulillah keluarga besar saya dan suami punya hubungan yang baik sehingga hubungan anak-anak dan sepupu mereka juga sehat.

LEBIH PERCAYA DIRI
Hubungan yang sehat dengan keluarga besar membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Karena saat mereka sedang sedih, susah, atau ada masalah, mereka tahu bahwa keluarga mereka selalu ada untuk mendukung mereka.

KREATIF
Saat anak-anak berkumpul dengan kakak, adik, sepupu, dan lainnya, mereka biasanya akan ngobrol tentang apa saja, juga bermain segala macam permainan. Bahkan si bungsu saya yang berusia 4 tahun pun selalu pulang dengan ide, cerita, serta keterampilan baru sesudah bertemu dengan sepupu-sepupunya yang hampir semuanya lebih besar dari dirinya :)

 Nah, mulai jadwalkan silaturahmi dengan keluarga besar yang selama ini belum 'tersentuh' yukkk...

our trip to east kalimantan, aworkingmamadiaries.blogspot.com, zata ligouw, diary of a (not) superhero mama
Merencanakan liburan bareng adalah salah satu cara menjaga silaturahmi



***

17 comments

  1. Silaturahmi itu tak terhinggalah nilai nya, bahkan mendatangkan rejeki tak terkira ��

    BalasHapus
  2. Keluarga yg rukun itu bener2 karunia besar ya, semakin besar dan rukun semakin bahagia. Semoga kita bisa jaga silaturahmi keluarga ya

    BalasHapus
  3. Yes, setuju. Anak jadi kreatif. Dudu juga begitu kalau pulang dari rumah saudara pasti bawa pulang ketrampilan baru.

    BalasHapus
  4. Setuju..! apalagi kalau ketemu keluarga trus nostalgia masa hahahihi bareng sepupu2.. :D

    BalasHapus
  5. Senangnya yah kalo sudah kumpul bareng gini. Anak-anak juga gitu, kalo ketemu saudara sepupunya, nggak inget waktu deh main melulu :D

    BalasHapus
  6. Keluarga besar memang perlu dijadwalkan untuk silaturahim, karena besarnya keluarga dan masing2 memiliki keluarga dan pekerjaan inah yg mnjadi kendala saat ini harus atur waktu keluarga kecilnya masing2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau ngga dijadwalin ya bakalan lebih jarang ketemu ya..

      Hapus
  7. @Desy: setuju Des.., positif banget lah pokoknya..

    @winny: iya mba Win, alhamdulillah aku punya keluarga yang besar dan rukun. coba kalo udah besar gak rukun pula, hehehe..

    BalasHapus
  8. @prima: yup, gak terlupakan yaaa..

    @Ruth: tosss kalo gitu :)

    BalasHapus
  9. @arina: iya, nostalgiaaa..

    @lianny: gak berenti2 mainnya, hihihi

    BalasHapus
  10. mbak Zata udah jadi aja, iyah saya baru memulai arisan dengan keluarga besar nih untuk menjaga silaturahim

    BalasHapus
  11. sengaja ngedraft banyak pos mba Evrina, lagi banyak keluar rumah soalnya, takut gak kburu kalo baru nulis last minute, hehehe..

    BalasHapus
  12. dari beberapa tulisan yang saya baca mengenai topik ini, ternyata bahagia adalah yang paling orang dapatkan dari berkunjung ke keluarga besar :)

    BalasHapus
  13. setuju banget .KEluarga bikin hidup kita lebih bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keluarga bikin hidup lebih hidup ;p

      Hapus
  14. Thanks for sharing such wonderful information.

    BalasHapus