Jumat, 08 April 2016

[BlogWalking] Belajar parenting di blog Liza Arjanto


Beberapa lama yang lalu, anak bungsu saya sering rewel, manja sekali dan suka memaksa, sampai-sampai saya kewalahan menghadapinya. Namun saya tak mau menyerah, saya mencari cara untuk menghadapi sikapnya yang emosional tersebut. Saya berusaha memahami dia dengan mengamati kesehariannya, berbincang dari hati ke hati, meluangkan waktu lebih banyak dengannya, serta membaca buku serta artikel-artikel yang terkait dengan perkembangan anak seusianya. Saat itulah saya terdampar dengan manis di blog mba Liza Arjanto.

Saya ingat sekali salah satu tulisannya yang membantu saya melewati tahap emosiaonal anak bungsu saya itu. Liza Arjanto menulis soal melatih anak mengelola emosinya yang dalam blog MomaLiza. Mengutip kalimat di artikel tersebut yang mengatakan "Ketika seorang anak belajar menahan diri, ia akan belajar mengelola emosinya. Ia akan mempelajari bagaimana cara menghormati aturan, bagaimana cara mendapatkan sesuatu melalui proses yang benar. Dan ini merupakan proses dalam membentuk hati nurani anak. Kita tahu, keinginan seorang anak manusia tak akan pernah mencapai kata puas. Ia akan terus berkembang sesuai dengan pengalaman, usia dan kebutuhannya. Akan tetapi anak yang dilatih mengelola keinginan akan selalu belajar memperolehnya sesuai dengan konsep kebenaran dan hati nuraninya sesuai dengan pengalamannya (kognitif)."


 

Kutipan tersebut saya peroleh dari blog Liza Arjanto, blogger yang saat ini berdomisili di Bekasi. Saat membaca satu artikel di atas dan merasa mendapat banyak pencerahan, saya pun tergugah untuk membaca artikel-artikel lain di blog miliknya dan saya merasa 'dimanjakan' dengan artikel-artikel yang memang sangat saya butuhkan sebagai orangtua. Sebut saja artikel "9 bahaya game online anak" yang mengingatkan saya untuk mengurangi waktu bermain game buat si bungsu.


Liza Arjanto
Ada juga artikel mengenai tips mendeteksi anak yang terlambat bicara, penyebab anak suka berbohong, dan seterusnya, lengkap sekali deh. Karena merasa mendapat banyak informasi yang menarik dan bermanfaat mengenai dunia parenting, saya pun mencari tahu lebih banyak tentang blogger perempuan ini dan ternyata ia memiliki 6 anak!. Salut sekaligus bangga melihat teman sesama wanita, sesama blogger yang begitu berdedikasi untuk keluarganya namun masih menyempatkan diri untuk berbagi.

Oh ya, mba Liza juga menulis buku bersama seorang rekannya, Endah Kurniadarmi. Buku berjudul "Nyebur ke Dunia Anak" ini berisi kisah tentang dunia anak yang penuh kejutan. Penuh letupan-letupan emosi. Kaya akan cetusan-cetusan imajinasi dalam bungkus ekspresi yang demikian jujur dan alami. Mendampingi anak-anak dalam keseharian mereka, melihat mereka tumbuh dan berkembang merupakan kebahagiaan yang sulit diukur. Menyadari bahwa dalam setiap masa perlumbuhan anak merupakan jejak-jejak sejarah yang tak akan terulang, membuat hari-hari menjadi penuh makna.

Anak-anak dalam perkembangannya selalu menemukan hal-hal yang tidak saja menarik untuk diperhatikan namun juga penting bagi pembentukan karakter yang akan menentukan masa depan yang akan mereka jalani. 

Kisah-kisah ini semakin bergizi dengan adanya ulasan dari sudut pandang psikologi di setiap tema, yang akan memotivasi orangtua agar lebih mengetahui dan memahami perilaku anak-anak, serta membantu orangtua agar bersikap bijak dalam menyikapi setiap tahap perkembangan anak-anaknya.

Wahhh, makin salut kan sama blogger yang satu ini?, yuk ah kunjungi blognya dan baca bukunya :)

buku karya mba Liza
***

13 komentar:

evrinasp mengatakan...

Wah ketemu penulis keren lagi nih. Salam kenal mbak Liza. Anak ku satu aja aku udah sering ngeluh. Salut deh sama mbak

Liza Arjanto mengatakan...

Salam kenal kembali mbak Evri :)

Liza Arjanto mengatakan...

Trims mbak Zata.... ulasannya kereeen .

Arina Mabruroh mengatakan...

hoho.. Super woman sekali bunda yang satu ini.

ulasannya keren Mba Zata :)

Nunu Halimi mengatakan...

Seneng yaa mba, ada ibu berpengalaman seperti mba Liza, mau berbagi tips parenting yang benar.

Ririe Khayan mengatakan...

Fantastisnya Mbak Liza dengan parentingnya, nulis dan ngeblog pula

zata ligouw mengatakan...

Iya keren bgt mba Liza ini ya Ev.., saluttt..

zata ligouw mengatakan...

Sama-sama mba Lizaa. Ya keren dong, sesuai dengan yg diulas ;p

zata ligouw mengatakan...

Makasih mba Arinaa..

zata ligouw mengatakan...

Iya, pengalamannya mba Liza jadi pelajaran berharga banget buat pembacanya..

zata ligouw mengatakan...

Iya mba Rie, patut dicontoh banget nih..

Nchie Hanie mengatakan...

yuuk belajar parenting di blog mba liza, woow pisan..

ahh, emang sosok yang menginspirasi banget, keren abis niy Mba Liza.
saluut..luar biasa disamping mengasuh ke enam buah hatinya, masih aja produktif!

zata ligouw mengatakan...

Setujuuuu, produktifnya bikin salutt..

Poskan Komentar