[Book Review] Diari Putri Klarisa



Kehidupan seorang putri rasanya selalu menarik perhatian dan keingintahuan perempuan, terutama anak-anak, termasuk saya dan kaka Caca. Itu sebabnya kami senang sekali dengan tema cerita yang bertema puteri.

Sebuah buku tulisan Arleen A berjudul Diari Putri Klarisa adalah buku terbaru yang kami baca. Buku setebal 128 halaman terbitan Tiga Ananda ini terbilang unik dan menarik. menurut saya buku ini sangat bagus untuk 'mengeluarkan' imajinasi dan kreativitas anak-anak, baik laki-laki mau pun perempuan. Kenapa? selain karena tulisan yang bagus dan ilustrasi dari Lenny Wen yang menarik, buku ini juga bersifat interaktif dan penuh dengan tips dan trik yang berguna untuk kehidupan mereka sehari-hari.

Diari Putri Klarisa bercerita tentang seorang putri dari Kerajaan Klasinesia, putri dengan banyak hobi, mulai dari membaca, menulis, membuat kue, menjahit, merajut, sampai berkebun. Ia akan berbagi mengenai hobi serta tips yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatannya lewat sebuah diari, ya.., Diari Putri Klarisa ...


Meski pun bentuknya adalah kerajaan, namun latar belakang kisah ini sudah modern seperti sekarang karena putri Klarisa sudah menggunakan surat elektronik atau email, telepon genggam, dan lain sebagainya. Lihat saja cerita saat ia saling bertulis email dengan Frederik, temannya, pangeran dari Kerajaan Fropanasia. Frederik memintanya untuk mengajarkan cara menulis yang baik.

Dalam diari miliknya putri Klarisa juga bercerita mengenai pengalamannya belajar melukis dari seorang seniman keliling yang datang dari jauh. Ia berencana menghabiskan waktu luangnya dengan melukis dan jika sudah memiliki banyak lukisan, putri ingin mengadakan pameran.

Ia menceritakan proses belajarnya, dari mulai meminta Mr. Statonim menjadi gurunya, meminta ibunda membelikan kertas, cat air serta peralatan melukis lainnya, sampai beberapa masalah yang terjadi saat ia melukis, seperti saat ayahandanya menumpahkan kopi ke atas lukisannya!.

Lalu seperti biasa, akan ada tip di akhir bab mengenai lukisan tersebut, yaitu tip melukis dengan cat air, seru, kan?


Kamu punya hewan peliharaan? Kebetulan sekali dalam diarinya putri Klarisa bercerita tentang hewan piaraan putri yang sempurna. Isinya tentang proses pencarian hewan peliharaan untuk ia ajak foto bersama saat pengambilan foto keluarga kerajaan nanti.

Putri Klarisa mempunyai syarat untuk binatang peliharaan putri yang sempurna, yaitu:
  • Hewan harus menakjubkan dan pantas menjadi anggota istana kerajaan.
  • Hewan harus tahu tata krama kerajaan.
  • Hewan harus sehat dan bebas dari bibit penyakit.
  • Hewan harus berguna.

Apakah putri Klarisa bisa menemukan hewan piaran yang sempurna sesuai dengan syarat-syarat di atas?. Duh, rasanya saya dan Caca ingin membocorkan hasilnya, namun rasanya nggak seru kalau kalian tidak mencari tahunya sendiri :)



***

12 comments

  1. menarik bukunya Mbak Zata, terutama untuk usia anak yang sudah agak gede ya. Makasih banyak reviewnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini buat anak skitar 7 tahun ke atas :)

      Hapus
  2. waaah pas baca judulnya ngga nyangka isinya kaya gitu ta. bagus yaaaah....
    suka sama buku2nya tiga ananda emang suka tak terduga bagusnya, haha
    makasihi reviewnya :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih reviewnya Mba, saya mau cari buku ini :D

    BalasHapus
  4. Keponakan saya suka sekali buku cerita tentang seorang putri, jadi pengen beliin yg ini :)

    BalasHapus
  5. Setuju banget ama tips menulis yaitu menulis dan membaca

    BalasHapus
  6. iya mas @Cumilebay, tipsnya sederhana aja sebenernya..

    BalasHapus
  7. Senang banget ya bisa baca bareng jagoan di rumah. Mantaps lahh

    BalasHapus
  8. Senang banget ya bisa baca bareng jagoan di rumah. Mantaps lahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas @sattoraji, buat bonding sama anak2 juga :)

      Hapus