How to stay in love after 15 years of marriage ...

photo captured by abang Kenan
Beberapa kenalan pernah bertanya pada saya, "apa, sih, rahasianya bisa kelihatan akur dan awet sama suami?." Saya pun langsung menggarisbawahi kata kelihatan. Berarti mereka tahu, dong, bahwa sebenarnya, sama seperti kebanyakan orang, saya pun punya masalah dalam pernikahan, hanya saja saya tidak 'memamerkannya' di hadapan banyak orang :)

Lagipula, menurut saya, tidak ada resep rahasia dalam mempertahankan suatu hubungan. Semua orang juga tahu bahwa resepnya adalah saling menghargai, menghormati, saling memaafkan, menerima pasangan apa adanya, dst, dst, dst, seperti yang sering kita baca di artikel-artikel tentang relationship. Tapi, apakah kita dan pasangan mempraktekannya? menjalankan kata-kata dan nasihat bijak yang diberikan oleh orangtua, penasehat pernikahan, dst?

Beberapa hal yang sering saya dan suami praktikan antara lain adalah saling memberi ruang bagi kami untuk berkegiatan masing-masing seperti 'me time' lah, kemudian yang paling sering harus diasah adalah sikap saling memaafkan, bukan sekedar di mulut, namun di hati (karena ini yang paling sulit), dan yang seringkali mengobarkan rasa cinta kami tentu saja rencana-rencana escape plan yang secara berkala kami lakukan.

Give each other space
Suami saya penyuka game, ia bisa menghabiskan berjam-jam main PS dan PC game di kamar atas, sendirian. Di saat-saat seperti itu, saya justru mendukungnya, menyediakan kopi dan camilan favoritnya agar kualitas 'waktu bermainnya' semakin baik. Saya percaya, setelah berhari-hari sibuk bekerja dan turut membantu mengurus anak-anak, memberinya ruang untuk menikmati apa pun yang ia suka adalah hal yang paling tepat. Terbukti, setelah puas bermain game, ia menjadi suami dan ayah yang fresh dan helpful. Biasanya setelah puas bermain game, ia akan menyuruh saya beristirahat dari segala pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga. Saya pun bebas pergi ke salon, ngopi dengan klub ibu-ibu kesayangan saya, atau sekedar nonton serial favorit saya sampai beberapa episode sekaligus. Super fun!

Take care of yourself 
Ini lebih berlaku ke saya sebagai perempuan. Saat saya memanjakan dan merawat diri, saya pun jadi lebih bersemangat merawat suami dan anak-anak. Saya merasa lebih pede, lebih powerful sebagai seorang perempuan dan ibu setiap kali habis berolahraga atau sekedar maskeran sendiri di rumah. Intinya menjaga dan merawat diri membuat kita merasa cantik luar dalam dan menambah rasa percaya diri sebagai istri dan ibu.

ini salah satu kegiatan  'me time' saya...
Forgive each other
Jujur saja, ini kelihatan mudah, namun dari pengalaman saya, ini justru salah satu yang paling sulit. Maaf seringkali terucap di mulut, namun tidak di hati. Maksudnya? ya saya ambil contoh, saat suami pulang malam tanpa memberi tahu terlebih dahulu, saya pun marah, kemudian ia minta maaf karena memang ada acara live yang harus ia tangani dan ia tidak sempat menelepon ke rumah saking sibuknya. Saat ia minta maaf, saya iyakan, namun esoknya saya masih saja bete sama dia yang artinya ternyata saya belum emmaafkan dia dari hati. Itu hanya salah satu contoh kecil dari begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup kami.

Show your love with gifts
Pernikahan memang bukan melulu soal materi dan hadiah, namun di saat-saat tertentu, apa salahnya saling memberikan perhatian lewat hadiah?. Bisa berupa bunga, coklat, atau pakaian. Belum lama ini saya dan suami merayakan ulang tahun pernikahan kami yang ke-15 dan saya mendapat hadiah bunga mawar merah yang sangat indah. Duh, bukan main senangnya, saya merasa sangat dihargai dan dicintai... 

Mawar merah dari AsmaraKu.com ini dikirim dalam sebuah kotak besar berisi bunga segar dan kartu ucapan. Selain bunga, ada produk-produk lain yang juga bisa didapatkan di sini, lho...

l.o.v.e it!
Ada kartu ucapannya jugaaa..
Escape plan!
Yes, ini penting banget setelah bertahun-tahun pacaran dan berbelas-belas tahun menikah, rasanya pergi berduaan saja menjadi sesuatu yang sangat mewah dan....mendebarkan!, to all pasutri, you know what i mean, kan? ;p. Itu sebabnya sesekali saya dan suami menginap di hotel, tak perlu berlama-lama, satu hari saja cukup karena jika lebih dari satu hari kami justru tidak nyaman karena akan teringat tiga krucil di rumah, hihihi...

menghabiskan seharian berduaan saat anniversary kemarin :)
***

33 comments

  1. Waaaaaaaah ini juga termasuk rahasia biar 'kelihatan' baik-baik selalu di depan umum nih. Aku simpan tips-nya ya, mbak. Buat catatan aku di masa depan nanti :D

    BalasHapus
  2. Escape plannya belom bisa-bisa nemu selaknya sampe sekarang euy. Wkwkwkwkw. Makasih Mbak sudah berbagi tipsnya :D

    BalasHapus
  3. Happy Anniversary mbak :))
    Thanks juga buat tipsnya di atas.

    BalasHapus
  4. whuaaa happy anniversary Mba zataa
    moga selalu menjadi keluarga samara yaa :D

    kereen banget ituh me time nya bakbuk bak buk xixiix

    BalasHapus
  5. @uni dzalika iya Uniii, semoga bermanfaat ya, makasih udah mampirrr...

    BalasHapus
  6. @dani ahahah emang harus dicari mas Dani, tapi emang pe er sih nyari selanya :)

    BalasHapus
  7. @Nchie Hanie amiiinnn, makasih teh.., hihihi iya itu favorit banget, buat pelepasan ;p

    BalasHapus
  8. cuit2... uhuk2... hihihi... smg sll berkah ya pernikahannya :*

    BalasHapus
  9. Happy Anniversary mbak. Semoga keluarganya selalu bahagia dan harmonis.
    Me time nya keren banget, boxing... :D

    BalasHapus
  10. Mbaaaa, selain berbagi resep tentang pernikahan. Besok-besok bocorin resep awet mudanya yaaaa hihihi.

    Dan seperti pepatah Jawa "Mikul ndhuwur, mendem njero." baiknya yang jelek2 emang nggak perlu ditunjukkan :)

    BalasHapus
  11. @dWi (nining)

    waa mba Nining bikin ge er aja, nih, eniwei, makasih yaaa...

    BalasHapus
  12. wow..tips-nya mengena buat gw...bisa buat nikah nanti..tah save ah link-nya...bunga merahnya juga keceee...

    BalasHapus
  13. Kak ...ngak nyangka dah 15 th nikah, aku pikir masih cabe2an kemarin sore hehehe. Sumpah keliatan awet muda #Eeap

    Btw selamat eniperseri, semoga makin samawa

    BalasHapus
  14. setujuu ... termasuk yang give each other space. Saya malah suka kalau suami lagi asik sama hobinya. Biasanya saya suka dekat dia walaupun sekadar duduk :D

    BalasHapus
  15. @Sari Novita ahahah, sip sip mba Sar, makasih dah mampir yah...

    BalasHapus
  16. @Cumilebay MazToro awww dipuji sama cumilebay, ge errrr... makasih doanya, amiiinnn....

    BalasHapus
  17. @Keke Naima samaaa..., aku juga gitu mba Mir, ngebiarin dia beraktivitas tapi tetep deket ;p

    BalasHapus
  18. Wiih me timenya keren banget, mbak, maen boxing! Saling memberi ruang itu emang perlu. Beberapa teman yang udah merit ada yang tetap menikmati me timenya, ada yang jadi terbatas karena harus begini begitu. Mnurutku itu ga semestinya terjadi kalau saling memberi ruang untuk eksplorasi diri masing-masing, ya. Ah satu lagi. Mawar merahnya keceeee. Romantis :)

    BalasHapus
  19. @efi fitriyyah
    iya setuju banget mba Efi. Iyaaa mawarnya kece bangetttt....

    BalasHapus
  20. Love is in the air. Happy anniversary Zata dan suami, may you both happily ever after..

    BalasHapus
  21. Perlu dicatat ini tipsnya TFS Mbak :D
    Btw me timenya seru jg tu, aku yg kepengen ikutan tu beladiri tp blm nemu yg buat emak2 dsini :D

    BalasHapus
  22. @shintadaniel makasihhhh Shintaaa, doa yang sama buat elo dan suami, yaaa..

    BalasHapus
  23. Selamat ya Mbak, sudah mengarungi 15 tahun masa pernikahan. Semoga langgeng sampai kakek nenek dan seterusnya. Dalam rumah tangga pastilah ya Mbak, ada gesekan-gesekan seperti yang Mbak ceritakan. Kalau menurut saya itu bumbunya pernikahan, bener ga sih yak. Kalau lempeng aja mah ngga menantang. hehe.

    BalasHapus
  24. Bener mak Zata, aq juga kadang memaafkan cuma di mulut aja di hati masih bt hehehe tapi tetep berusaha memaafkan dari hati. Pernikahan ku baru mau 10thn.

    BalasHapus
  25. Wah, terimakasih banget Mbak untuk tipsnya tentang menghadapi suami yang suka main game berjam-jam.. Saya masih belajar memahami pentingnya peranan game untuk suamiku, dan akhirnya dapat pencerahan dari Mbak :)

    BalasHapus
  26. @Stefanny Fausiek
    ahahaha kayaknya bawaan cewek emang gitu ya mba ;p

    BalasHapus
  27. @Levina Mandalagiri
    amiiinn, makasih banyak mba Levinaaa...

    BalasHapus
  28. @Allira
    wahhh mba Alira suaminya juga sula main game ya? gpp sih mba buat hiburan, asal ngga sampe lupa waktu aja :)

    BalasHapus