Sabtu, 11 Juni 2016

Ngobrol bareng Hannie Hananto | INSPIRING WOMAN


Punya kesempatan ngobrol bareng perancang busana muslim sekelas Hannie Hananto adalah suatu pengalaman yang menyenangkan dan penuh inspirasi bagi saya. Belum lama ini, bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan MUFFEST 2016, saya dan beberapa teman dari BloggerCrony berbincang-bincang dengan mba Hannie.

Hannie Hananto adalah perancang busana muslim terkenal, pemilik brand ANEMONE, serta pendiri komunitas Hijabers Mom Community. Kerennya lagi latar belakang mba Hannie adalah arsitek, sesuatu yang di luar dugaan saya, karena biasanya perancang ya lulusan sekolah mode ;p

Sambil menikmati makan siang, kami ngobrol ngalor ngidul, dari soal fashion, pencarian ide, sampai soal penjiplakan karya-karya perancang yang sering terjadi di Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut kami bertanya apakah mba Hannie pernah mengalami kebuntuan saat sedang mencari ide untuk rancangan-rancangannya, dan bagaimana cara ia mengatasinya. Ternyata mba Hannie melakukan puasa Senin Kamis untuk mencari ide. Hmmm, perlu saya coba sepertinya ;p

Mba Hannie juga bercerita soal perkembangan fashion busana muslim yang sangat pesat. Sebagai Negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia, praktis kebutuhan akan pakaian muslim begitu tinggi. Indonesia menjadi pangsa pasar konsumsi busana muslim terbesar ke lima di dunia. 

10 blogger dari BloggerCrony yang berkesempatan berbincang langsung dengan Hannie Hananto
Dengan melonjaknya kebutuhan pasar lokal akan busana muslimah ini, semakin marak pula pelaku bisnis busana muslim yang bermunculan, termasuk perancang-perancang baru. Di sinilah diperlukan kebesaran jiwa sesama perancang dan pelaku bisnis busana muslim untuk tetap menjaga sportifitas, artinya para perancang tidak main jiplak karya-karya perancang lainnya.

Ia mengambil contoh, misalnya saat sebuah produk terbaru karya seorang perancang keluar di fashion show, dalam waktu singkat, produk yang sangat mirip sudah bertebaran di Thamrin City. Hal tersebut sangat berbahaya, bukan hanya merugikan si perancang yang asli, juga akan menimbulkan kejenuhan pasar. Bagaimana tidak, semua busana muslim akan terlihat seragam tanpa perkembangan, lalu akan terjadi stuck.

Sebenarnya semakin banyak perancang dan pelaku bisnis busana muslim akan semakin baik karena hal tersebut menggerakan roda perekonomian bangsa, namun mba Hannie mengingatkan agar para pelaku bisnis dan perancang busana muslim untuk punya etika yang baik, yaitu dengan tidak terbiasa meniru karya orang lain. Ia juga menekankan pentingnya karakter dalam sebuah rancangan sehingga semua tidak terlihat sama atau mirip.

mba Hannie di konferensi pers Muffest 2016

Hannie Hananto beserta beberapa perancang lainnya.
setelah selesai konferensi pers dan fashion show
Selain ngobrol langsung sambil makan siang dengan mba Hannie, kami pun berkesempatan hadir di konferensi persnya serta menonton fashion show karya-karya Hannie Hananto di MUFFEST 2016 di Istora Senayan, Jakarta.

Setelah fashion show selesai, saya pun mampir ke booth Anemone di MUFFEST 2016. Rancangan mba Hannie memang selalu punya karakter dan ciri khas yang kuat. Dengan warna-warna andalannya serta cutting yang menurut saya simple namun elegan, membuat mba Hannie menjadi salah satu perancang busana muslim papan atas di Indonesia.

Anemone sangat kuat dengan warna hitam putihnya, meski pun tetap ada warna-warna lainnya. Rancangan mba Hannie dengan Anemone-nya memang berfokus pada dua warna tersebut dan bisa dibilang mba Hannie adalah pelopor rancangan busana muslim hitam putih di Indonesia.

Dalam satu bulan, Anemone hanya menjual sekitar seratus limapuluh pieces baju untuk satu model, artinya rancangan mba Hannie untuk Anemone sangat eksklusif dan tidak banyak ditemukan di pasaran. Hal ini juga yang membuat produk-produk karya mba Hannie sangat eksklusif, jadi saat memakai baju rancangannya, kita tidak perlu khawatir untuk sering kembaran dengan orang lain.

Oks, sekian dulu cerita tentang wanita inspiratif ini ya..

Sukses terus mba Hannie! terus berkarya dan menginspirasi ...


Anemone by Hannie Hananto

Saya di booth mba Hannie

7 komentar:

dani mengatakan...

Inspiratif pasti ya Mbak Zata bisa ngobrol dengan sosok seperti beliau. Makasih ceritanya Mbak :)

zata ligouw mengatakan...

@dani
iya mas Dani, inspiratif banget... btw, makasih udah mampir, yaa...

Nchie Hanie mengatakan...

Serunya acara MuFFest yaa, itu modelnya yang terakhir juga kece banget :D

Keke Naima mengatakan...

bener juga, sih. Kadang kalau trend model apa, semua sama. Bahkan perancang aslinya pun akhirnya malah gak tau siapa.

zata ligouw mengatakan...

@Nchie Hanie
awww bikin ge er nih teh Nchie... ;p

zata ligouw mengatakan...

@Keke Naima
iya bener ya mba Mir, itu yg sangat mengganggu...

Anonim mengatakan...

Sukaa sama disain baju muslimnya mba Hannie..

Poskan Komentar