Sabtu, 16 Juli 2016

Prive Uri-cran dan Anyang-anyangan | Review

never leave home without Prive Uri-cran ;p
Jujur saja, saya punya 'hubungan' on and off dengan anyang-anyangan selama lebih dari 10 tahun terakhir, tepatnya sejak masa kuliah dan makin parah saat memiliki anak pertama. Saat itu saya merasa sudah menempuh segala cara untuk menyelesaikan masalah ini, namun ya begitulah, sembuh beberapa bulan, lalu kembali lagi.

Masalah anyang-anyangan ini memang bukan masalah serius, ada yang bilang tidak membahayakan, namun menurut saya, hal ini sangat mengurangi kualitas hidup saya. Bayangkan saja, saat anyang-anyangan sedang menyerang, saya bisa tiba-tiba batal ikut acara kampus, menjadi lebih pendiam dan hanya duduk saja seharian karena enggan banyak bergerak. Saya pun tak ingin jauh-jauh dari toilet karena setiap ingin buang air kecil, rasanya tak bisa ditahan. Belum lagi rasa sakit buang air kecil dan rasa tak nyaman di perut yang membuat saya sering menghabiskan waktu lebih lama di toilet.

Pengalaman yang paling parah dan tak terlupakan dengan anyang-anyangan alias infeksi kandung kemih ini adalah saat saya masih menyusui anak pertama saya yang baru berusia beberapa bulan dan suami saya waktu ini sedang bekerja di negara lain. Pada suatu hari, saya merasakan gejala anyang-anyangan dan seperti biasa saya mencoba istirahat dan memperbanyak asupan cairan. Biasanya akan langsung membaik, namun karena kondisi yang sedang tidak fit, gejala tersebut malah makin parah. Perut saya terasa sakit, kemaluan dan perut bagian bawah terasa panas, dan saya mulai menggigil. Saya pun menghubungi ibu dan kakak laki-laki saya. Kakak saya pun langsung datang ke rumah dan mengajak saya ke dokter. Si bayi saya titipkan pada mama dan saya serta kakak segera berangkat ke dokter naik sepeda motor.

Dalam perjalanan ke klinik terdekat, saya ingat sekali kejadian itu, terasa sangat lama, padahal jaraknya mungkin hanya sekitar 2 kilometer dari rumah. Meski pun sudah memakai jaket, menggigil saya makin parah, tubuh saya bergetar hebat sampai-sampai motor yang dikendarai kakak saya bergoyang-goyang menyebabkan beberapa pengemudi lain memperhatikan kami dengan heran. Saya bisa membayangkan saat mereka melihat kami, mungkin ada yang mengira saya pemakai obat-obatan terlarang yang sedang 'nagih', huhuhuuu... enggak banget, deh, pokoknya...

Pengalaman di atas hanya sebagian dari beberapa kejadian lainnya. Sejak saat itu, saya masih sangat sering mengalami anyang-anyangan, ternyata, menurut literatur yang saya baca, 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih ini. Wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan karena posisi kemaluan yang dekat dengan dubur. Hmmm, pantas saja, ya...

Waktu terus berjalan, bahkan sampai saya punya anak tiga seperti sekarang, anyang-anyangan masih terkadang mampir dalam kehidupan saya. Dari pengalaman, saat kondisi saya fit, cukup minum air putih, dan menjaga kebersihan dengan baik, anyang-anyangan jarang datang, namun namanya hidup, kadang saya tak bisa mengontrol semuanya. Ada kalanya saya harus buang air kecil di toilet umum, kesehatan sedang tidak baik, dan seterusnya, hal inilah yang menyebabkan anyang-anyangan datang kembali.

Kebetulan sekali, beberapa bulan lalu saya membaca artikel di blog mba Haya Aliya Zaki berjudul "Selamat Tinggal Anyang-Anyangan!," wah, saya langsung membaca dan mempraktekan apa yang ditulisnya di dalam artikel tersebut, seperti banyak minum air putih, membawa handuk kecil saat bepergian, selalu flush toilet umum sebelum menggunakannya, sampai mengkonsumsi Prive uri-cran.

Benar saja, dalam waktu singkat, gangguan anyang-anyangan saya langsung hilang dan karena mengkonsumsi ekstrak buah cranberry ini secara teratur, anyang-anyangan tak lagi kembali. Saya sangat senang akhirnya saya punya solusi yang tergolong mudah untuk masalah yang sejak dulu menghantui saya. Ahhh, andai Prive uri-cran ini sudah ada 10 tahun yang lalu, ya ;p


Nah, berdasarkan pengalaman di atas, saya pun ingin berbagi dengan para pembaca, terutama para mama yang mungkin sering mengalami hal yang sama. Yuk, cari tahu lebih rinci mengenai anyang-anyangan, penyebab dan gejala, serta tentu saja solusinya...

Tentang Anyang-anyangan

APA, SIH,  ANYANG-ANYANGAN ITU?
Kita mungkin sudah sering mendengar kata anyang-anyangan, bahkan mengalaminya. Namun sebenarnya apa, sih, anyang-anyangan itu?. Penyakit anyang-anyangan adalah infeksi saluran kemih yang dapat diderita oleh pria maupun wanita. Pada kenyataannya, penyakit ini lebih sering terjadi pada kaum wanita, alasannya seperti yang sudah sebutkan sebelumnya, yaitu karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.

Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.

Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Disaat sedang buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga nyeri.

Jika tidak ditangani, anyang-anyangan dapat menuju kepada sesuatu yang lebih serius seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut.

GEJALA DAN PENYEBABNYA
Awalnya, saya tidak tahu kalau saya mengalami anyang-anyangan, namun keluarga serta dokter memberi tahu saya bahwa apa yang saya alami adalah anyang-anyangan.

Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. “Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing,” jelasnya.

Penyebabnya paling banyak  infeksi saluran kemih. Selain ditandai anyang-anyangan, terkadang ada rasa perih dan panas saat kencing. Umumnya, terjadi karena sering menahan kencing.

Penyebab lain adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan:
  • Ingin buang air kecil terus, namun tidak selalu keluar.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Sakit buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:
  • Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
  • Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  • Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.
Duuhh, gejalanya saja sudah sangat tidak nyaman, apalagi membayangkan risikonya jika tidak ditangani lebih lanjut, ya...

Cara mengatasi anyang-anyangan

Berikut ini ada beberapa cara mengatasinya, baik yang saya dapatkan dari mypriveworld.com, dari teman-teman dan dokter, sampai pengalaman pribadi saya.



Menjaga kebersihan daerah intim dengan cara membilas dengan benar saat selesai buang air kecil, buang air besar, melakukan hubungan intim, serta saat mandi. Ingatlah untuk membasuh dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini agar kuman dan bakteri tidak masuk ke dalam kemaluan (wanita) hingga ke kandung kemih.

Jangan menahan buang air kecil. Kebiasaan menahan pipis sangat tidak baik bagi kesehatan, salah satunya adalah bisa memicu berkembang biaknya bakteri E.coli di dalam saluran kemih.

Gunakan celana dalam yang nyaman, jangan terlalu ketat atau pun longgar.  Menggunakan celana dalam yang pas, selain nyaman juga akan mencegah timbulnya jamur serta keputihan akibat celana dalam yang terlalu ketat.

Menjaga pola hidup sehat. Saat tubuh kita fit dan daya tahan tubuh bagus karena pola hidup yang sehat, kemungkinan berbagai penyakit akan enggan mendekat. Saya sendiri biasanya melakukan olahraga teratur dua kali seminggu, berusaha makan sayur dan buah setiap hari, banyak minum air putih, dan minum jus hampir setiap hari. Maunya sih saya minum jus cranberry yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih, namun kenyataannya, cukup sulit mendapatkan buah cranberry di Indonesia, jadi saya memilih meminum ekstraknya saja.

Konsumsi ekstrak buah cranberry atau karena tidak mudah mendapatkan buah cranberry di Indonesia, minum saja Prive Uri-cran yang terbuat dari ekstrak buah cranberry dan kandungan Proantocyanidin bisa mencegah bakteri E.Coli yang menempel pada saluran kemih.

Prive uri-cran

Prive Uri-cran adalah ekstrak buah cranberry. Ada yang kapsul ada juga yang powder.  Prive Uri-cran kapsul, dalam satu box-nya terdiri dari 3 blister yang masing-masing berisi 10 kapsul. Satu kapsul mengandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg dan 18 mg PAC (Proanthocyanidin). Suplemen ini dapat dikonsumsi 1-2 kapsul per hari.

Sedangkan yang powder yaitu Prive Uri-cran Plus  terdiri dari 15 sachet, masing-masing 8 gram. Tiap sachet mengandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 375 mg, Vitamin C 60 mg, Bifidobacterium bifidum 0,1 mg, Lactobacillus acidophilus 0,1 mg, Frukto Oligo  Sakarida 0,1 mg, dan Kalsium Laktat Glukonat 1 mg. Suplemen ini dapat dikonsumsi 1-2 sachet per hari.

Oh ya, Prive Uri-cran ini aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil juga, lho ...





Nah, sudah lengkap banget kan informasi tentang anyang-anyangan dan cara mengatasinya?.  Jika ingin tahu lebih lanjut silahkan hubungi kontak di bawah ini, ya ...


0800-1-800088 (bebas pulsa)
Senin-Jumat : 08.00-17.00

@CombiCareCenter
51F0B55B / COMBICC
081806800088






71 komentar:

Innnayah mengatakan...

Bagian yg motor sampai bergoyang2 itu bikin tertawa hahaha

JEI mengatakan...

Pergi ke toilet yang sebenarnya itu sungguh tidak nyaman ya mbak Zatha. Kadang bikin malu juga apalagi kalau sedang di kampus akan menarik perhatian teman-teman :)

zata ligouw mengatakan...

@Innnayah
ahahah iya kalo inget rasanya gimanaaa, gitu.. ;p

zata ligouw mengatakan...

@JEI
iya, ganggu banget kalo harus sering bolak-balik ke toilet di tempat umum. kalau di rumah masih mendingan ya..

wiwid wadmira mengatakan...

Zataaa... Sedih baru baca skrg. Bulan kmrn habis kena ISK. Rasanya tersiksa banget deh. Mana lagi wara wiri RS krn si ayah opname. Duh, gak mau lagi deh. Skrg jadi lbh tahu banyak soal Anyang2an dan ISK. Thanks for sharing ya taaa...

Eka Gobel mengatakan...

Zata tulisannya bagus banget! Jadi tau lebih detail ttg anyang2an ini. Ternyata ganggu banget ya Ta. Semoga sehat2 terus ya zata

zata ligouw mengatakan...

@wiwid wadmira
yaaa Wiwit :(. Iya jaga kesehatan, minum air putih, sama konsumsi Prive Uri-cran ini yaaa.. Sama-samaaa...

zata ligouw mengatakan...

@Eka Gobel
Makasih banyak Ka!. Iya, udah 'biasa' banget ngalamin anyang2an, makanya seneng banget pas tau ada Prive Uri-cran ini. Coba dari dulu, yah, hehehe...

Ayu Utami mengatakan...

Ya Ampun Mbak Zata, pas banget lagi browsing tentang anyang - anyangan ketemu artikel dirimu, tekun banget bacanya karena lagi ngerasain anyang - anyangan huhuhu,mau cari prive uri-cran juga untuk bantu lepas dari anyang - anyangan. Makasih Mbak Zata Tipsnya :)

zata ligouw mengatakan...

@Ayu Utami
Sama-sama Yuuu. Iya, ini aman juga buat bumil seperti dirimu..

Ella mengatakan...

Serius Ta bisa sampai separah itu ya anyang2an? Tfs ya ta, jadi tahu lbh byk ttg anyang2an ini.

zata ligouw mengatakan...

@Ella
Iya La :( makanya sampe berasa kualitas hidup menurun gara2 anyang2an yang bolak-ik dateng...

Eri Udiyawati mengatakan...

Waduh, anyang-anyangan rupanya awal mula infeksi saluran kemih. Bahaya juga kalau dibiarkan. Makasih infonya, Mbak Zata. Lengkap banget ini. :)

Eri Udiyawati mengatakan...

Waduh, anyang-anyangan rupanya awal mula infeksi saluran kemih. Bahaya juga kalau dibiarkan. Makasih infonya, Mbak Zata. Lengkap banget ini. :)

Ririn Sjafriani mengatakan...

Gak nyangka efek anyang-anyangan bisa sampe segitunya. Untung semua bisa diatasi ya. Infonya manfaat banget nih, mbak Zata :)

zata ligouw mengatakan...

@Eri Udiyawati
iya, sama-samaaa mba Eri :)

zata ligouw mengatakan...

@Ririn Sjafriani
iya mba Ririn, semoga bermanfaat yaaa...

riri kusnadi mengatakan...

Saya pernah mengalami mbak .. tp alhamdulillah banyak minum air putih kemudian membaik ... belum tahu pake uri cran soalnya. Thanks info nya ya mbak:)

zata ligouw mengatakan...

@riri kusnadi
iya mba Riri, saya juga begitu kadang minum air putih yg banyak udah cukup, tapi kalo lagi gak fit, anyang2annya lebih lama :(

wawaraji mengatakan...

waah baru tau nih kalau anyang2an itu infeksi saluran kandung kemih.bahaya jg yaa. pernah ngalami dulu bgt tp gak kambuhan sih. ternyata ada peredanya jg yaaaaa....thx infonya mba zata.

evylia hardy mengatakan...

Paling nyusahin kalo pas anyang-anyangan :(
tapi untung sekarang sudah nda begitu lagi :)

zata ligouw mengatakan...

@wawaraji
iya mba Wawa, aku pun belum terlalu lama taunya. Sama-sama mbaa..

zata ligouw mengatakan...

@evylia hardy
iya, alhamdulillah sekarang udah jauh berkurang mba :)

suria riza mengatakan...

aku baru tau juga seh mbak sebenarnya awalnya takut napa2 secara emang g berani karena hamil. tapi karena pas lagek kene isk jadi berasa aku nyoba akhire dan skrg lumayan banget g sakit kalau pipis dan iso bobok malem enaak

zata ligouw mengatakan...

@suria riza
waduh kalo lagi hamil kena isk ini emang gak nyaman banget ya Cha :( untung udah pake Uri Cran juga kan?

Riana Dewie mengatakan...

mb Zata, keren nih... Anyang2an memang sepele ya, tapi bikin gregetan bnyk org :D

zata ligouw mengatakan...

Bener bgt mba Riana, karena sering dianggap sepele makanya penanganannya jadi kurang..

tutyqueen mengatakan...

Pernah ngerasain anyang anyangan karena nahan pipis, duh sakitnya menderita banget, boleh juga nih nyetok prive uricran buat jaga2, thanks info nya mbak :)

Ratna Dewi mengatakan...

Anyang-anyangan emang beneran sakit banget deh. Aku pernah mengalaminya pas hamil pertama dulu sampai nggak bisa jalan karena kalo buat jalan sakit banget. Penyebabnya karena suka males BAK apalagi kalo pas ngantuk males ke toilet. Jadi pelajaran berharga banget tuh nanti kalo hamil selanjutnya nggak boleh malas BAK walaupun ngantuk berat.

Levina Mandalagiri mengatakan...

Dulu katanya kalau anyang-anyangan teh gara gara minum air yang belum mendidih sempurna.. xixixi.
Btw, saya ngecengin tas rotan pink sama kameranya Mbak... hahaha, salah fokus.

Yeye mengatakan...

Awwww iya yahhhh.. Aku jg suka anyang2an dan paling pun melipir ke apotik. Kpn2 aku coba pk ini ah.. Makasih infonya mbak :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Mbak Zata selalu fotogenik kalo difoto. Itu tas dan kamera pink juga lucu banget, Mbaaakkk.

Memez mengatakan...

Ya ampun, baru tahu kalau anyang-anyangan segitu sakitnya ya... wah jadi harus waspada nih. Btw, mba Zata cakep banget di sini, gagal fokus hahahahhaha

zata ligouw mengatakan...

@tutyqueen
iya mba Tuty,a ku pun jadinya nyetok dan selalu bawa kalo niat pergi jauh2..

zata ligouw mengatakan...

@Ratna Dewi
nahh bener mba, kalo anyang2an pas lagi hamil nyiksa banget, kebayang deh :(

zata ligouw mengatakan...

@Levina Mandalagiri
ahahah iya, aku juga pernah denger mitos itu mba. Makasih, itu tas rotannya emang favorit bgt :)

zata ligouw mengatakan...

@Yeye
sama-samaaa Ye.. Saat ini Prive Uri cran baru bisa dibeli di apotik2 gede seperti Kimia Farma dan Guardian. Mudah2an segera bisa beli di mana-mana yaa..

zata ligouw mengatakan...

@Haya Aliya Zaki
awww, makasihhh mba Hayaaa...

zata ligouw mengatakan...

@Memez
ahhh Memez bikin ge er niyyy, hehehe... makasih yaaa..

Witri Prasetyo Aji mengatakan...

Kalau pengalaman anyang-anyanganku sih pas hamil tua, duh dikit-dikit ke toilet
Ke mana-mana nyari toilet, enggak enak banget pokoknya

zata ligouw mengatakan...

@Witri Prasetyo Aji
nahh, sama, repot banget kan kalo lagi kena anyang2an ya :(

Unknown mengatakan...

Cowok juga bisa anyang2an ternyata ya. Tapi memang sih cewek yg lebih sering saya dengar ngeluh soal ini. Makasih infonya ya.

zata ligouw mengatakan...

Iya, memang lbh sering terjadi ke cewek krn masalah anatomi tubuh ...

Ophi Ziadah mengatakan...

alhamdulillah sudah sehat ya mba...ga enak banget memang kena anyang2an

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Waduh, sampe menggigil gitu, Mbak? Duh kebayang sakitnya ya..
Untunglah sekarang sudah sembuh ya. Memang sangat penting untuk menjaga kesehatan kita.

Ira guslina mengatakan...

Biar terlambt kenal akhirnya nemu juga ya mba obatnya... jujur saya sebelum ya ga tahu dan ga kenal apa itu anyang2an. Pas ke sini makin banyak yg ulas. Baca blog mba jadi lebih paham.. kudet banget ya ... :-)

zata ligouw mengatakan...

@Ophi Ziadah
iya alhamdulillah udah sehat mba Ophi..

zata ligouw mengatakan...

@Nurul Fitri Fatkhani
Iya mba Nurul, pernah sampe menggigil, itu udah sampe ISK mba :(

zata ligouw mengatakan...

@Ira guslina
makasih udah mampir mba Ira. Iya bener, gak ada kata terlambat yah, untung ketemu uri cran ini sekarang :")

noni mengatakan...

kalau aku suka kena beginian karena suka nahan pipis, padahal gak bagus ya. bikin penyakit hehe. Makasih ya infonya

zata ligouw mengatakan...

@noni
iyaaa mba Noniii, jangan suka nahan pipis yahh...

Pakde Cholik mengatakan...

Waktu kecil suka anyang-anyangan. Dikasih tahu teman-teman agar jempol kaki diikat dengan merang (tangkai padi kering)
Salam hangat dari Jombang

zata ligouw mengatakan...

@Pakde Cholik
wah terus ngaruh nggak pakde?. Salam hangat juga dari Depok, pakde...

Afifah Mazaya mengatakan...

Pernah ada teman yang anyang-anyangan dan waktu itu lagi harus jalan jauh.
Kasian banget.
Coba aja tips ini berseliweran beberapa tahun lalu.
Tapi, sekarang pun jadi bisa untuk antisipasi. ^^

Yati Rachmat mengatakan...

Zata, bunda jg pernah ngalamin yg nmnya anyang2an dan rasanya gak enak mau ngapa2in, itu ketika bunda aktif bekerja, mungkin kebanyakan naik turun tangga.

widyantiyuliandari mengatakan...

Awwww... propertinya cantikkk *salahfokus

aku dulunya juga sering anyang2an Kak. Ngehnya baru pas hamil anak pertama bahwa itu adalah infeksi yg juga berbahaya apalagi pas hamil. Duh.. waktu itu tersiksa banget judulnya. Mana belum kenal pola hidup sehat, belum tahu juga suplemen atau obat2 alami begini.

Cumilebay MazToro mengatakan...

Gw kalo kedinginan aja bolak balik ke kamar mandi

ulu mengatakan...

Pernah ngalamin! Mana saya pemilih banget kalo berurusan dgn kamar mandi. Jadi suka nahan2 pipis gitu, udahnya sakit & pipisnya malah dikit. Huhuhu

zata ligouw mengatakan...

@Afifah Mazaya
iya mba Afifah, coba dari dulu ya, hehehe.. tapi beneran deh, kalo lagi anyang2an aku udah males aja kemana2..

zata ligouw mengatakan...

@Yati Rachmat
betul bun, kecapekan juga kadang bikin anyang2an kambuh.. makasih ya bun udah mampir..

zata ligouw mengatakan...

Iya mba Widya, kalo lagi hamil ganggu banget emang :(

zata ligouw mengatakan...

Ahaha iya mas Cumi, kalo kdinginan pasti bolbal toilet yah :p

zata ligouw mengatakan...

@ulu, duhhh sama bgt, aku pun gitu, jiji'an kalo soal kamar mandi, jd suka nahan juga kadang2 :(

Twin Traveller mengatakan...

Repot memang kalau terus-terusan pengin ke kamar mandi. Apalagi saat perjalanan :')

zata ligouw mengatakan...

@Twin Traveller
repot banget memang..

Tian lustiana mengatakan...

Orang sunda menyebut anyang - anyang ini jeungjeuriheun dan konon katanya gara2 minum air kurang matang, tapi akyaknya itu mitos, makasih ya mbak jadi tau persis apa itu anyang2an

zata ligouw mengatakan...

@Tian lustiana
oo baru tau soal mitos minum air kurang matang itu.. Iya mba Tian, sama-samaa, semoga bermanfaat, yaa..

Prive mengatakan...

Ya..untunglah sekarang sudah ada obatnya, jadi ga tersiksa terlalu lama

zata ligouw mengatakan...

@Prive
iyaa :)

Prita Hw - LIVE UR PASSION mengatakan...

Wah, ternyata anyang2 an ini deket banget ma perempuan ya mbak, thanks tipsnya loh. Modelnya udah kece banget tuh fotonya :) Gudlak mbak^^

zata ligouw mengatakan...

@Prita Hw - LIVE UR PASSION
makasih mba Prita :)

Poskan Komentar