Minggu, 28 Agustus 2016

5 Tip Hemat Andalan Saya ...




Rajin makan sayur dan buah serta konsumsi suplemen.  Saat sakit, meski pun ada asuransi, tetap aja aka nada pengeluaran2 lainnya yang kadang tak terduga.  Contohnya saat sakit kadang kita diberi vitamin dan suplemen dan ini biasanya tidak ditanggung oleh asuransi.  Saat tetangga saya sakit dan dirawat beberapa hari di sebuah RS, ia harus merogoh kantong 600 ribu Rupiah untuk biaya vitamin selama ia di RS.


Jika malas makan buah, sesekali ganti dengan jus juga boleh, lebih gampang, tinggal minum. Untuk membuat jus buah, ada banyak buah-buahan dengan harga murah, kok.


Kurangi makan di luar. Salah satu pengeluaran terbesar dalam pengeluaran sehari-hari kita adalah makan di luar. Akan lebih murah jika kita memasak makanan sendiri. Persiapkan menu untuk satu minggu sehingga kita tidak bosan. Seskali makan di luar juga perlu untuk hiburan. Cari restoran yang sedang mengadakan promo, diskon, dsb.

Bawa bekal. Ini kedengarannya klise, tapi ngga semua orang melakukannya. Membawa bekal ke kantor dan sekolah untuk anak-anak sudah menghemat biaya makan sehari-hari dan biaya dokter. Kok? Ya, karena dengan menyiapkan makanan sendiri, kebersihannya tentu lebih terjamin dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan masalah kebersihan bisa dihindari.

Agar anak-anak semangat membawa bekal, jangan lupa bikin bento yang lucu-lucu buat mereka, ya, seperti bento buatan Enjita yang sering ada resepnya di theurbanmama.com.


Cari yang bekas terlebih dahulu. Perlu sesuatu dan belum ada cukup biaya untuk itu? Atau merasa sayang aja karena sebenarnya kualitas barang yang baru dan yang bekas tidak terlalu jauh berbeda? Kenapa tidak mencoba bertanya ke teman, tetangga atau kenalan lainnya apakah mereka punya barang yang Anda butuhkan dan ingin menjualnya jika sudah tidak terpakai?. 

Teman saya ingin membeli stroller untuk anaknya, tapi karena dalam beberapa bulan dia akan pindah ke luar negeri, ia merasa sayang untuk membeli yang baru, jadi dia membeli stroller bekas dari seorang kenalan. Namun, jika tak seorang pun yang Anda kenal memiliki barang yang dibutuhkan, coba deh buka bekas.com atau gudangbabe.com,  atau bisa mencari di garage sales juga. 

Buat para mama yang ingin mencari keperluan anak2 dan ibu dengan harga miring, barter, atau bahkan gratisan,  bisa juga cek di  theurbanmama.com, ada thread khusus untuk FleaMarket & Donation.

Buat daftar sebelum belanja. Untuk menghindari pembelanjaan yang tidak direncanakan, buatlah daftar apa saja yang akan kita beli sebelum kita pergi ke supermarket atau sebelum memesan belanjaan secara online. Kedengarannya sepele, ya, namun hal ini sangat berpengaruh, lho, terhadap penghematan kita. Saat berbelanja tanpa shopping list alias daftar belanjaan di tangan, kita cenderung membeli atau mengklik barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. 


Dari pengalaman saya pribadi, saat belanja tanpa daftar, saya akan banyak membeli apa yang saya lihat saja (dan seringkali lupa dengan barang-barang yang benar-benar saya butuhkan). Misalnya, saat ingin membuat spageti kesukaan anak-anak, saya langsung meluncur ke supermarket. Ketika sedang berada di gerai bumbu, lalu saya tertarik untuk juga membeli kecap Inggris yang sedang diskon 30 %, lalu saos tiram merek tertentu yang sedang promo beli satu gratis satu. Saat berpindah ke gerai daging untuk membeli daging cincang, tahu-tahu saya juga sudah memasukan daging sop ke keranjang dengan niatan untuk membuat sop daging besok lusa (padahal pada prakteknya saya belum tentu jadi bikin sop nantinya). Sampai di rumah, ternyata saya lupa membeli oregano. Duhhh, gemes nggak, sih?.

www.alfamartku.com

Jadi, membuat daftar belanjaan itu penting banget, mau belanja langsung ke supermarket atau belanja online. Meski pun saya seringkali belanja di www.alfamartku.com, saya tetap sudah sediakan list-nya, lho. Malah kalau online, saya bisa strict mengikuti daftar belanjaan tanpa tergoda macam-macam ;p

*****

11 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Bagian yang sulit dalam daftar belanja saya, adalah memilih apalah mau beli susu di minimarket atau mau beli di online shop. Karena dua-duanya sama-sama murah. :-D

zata ligouw mengatakan...

@Vicky Laurentina
soalnya susu selalu ada di daftar belanjaan wajib ya mba Vicky :)

diskartes mengatakan...

Satu lagi mba tipsnya,, banyakin meditasi.. Biar ga kegoda belanja..hahaha

bunda rizma mengatakan...

tambahan: hati2 menjalin komunitas, jangan yg kebanyakan ratcun belanja XD

zata ligouw mengatakan...

@diskartes
ahaha iya bener juga ya. Meditasi sih bisa sambil olahraga, di yoga...

zata ligouw mengatakan...

@bunda rizma
nah iya, nanti bisa peer pressure ya Lok, bahaya... ;p

Diah Kusumastuti mengatakan...

Iya nih, Mbak. Kalo belanja gak bawa daftar belanjaan, jadi asal ambil aja barang2 yang dilihat dan menggiurkan. Dan barang yg sebenernya lebih dibutuhkan malah lupa kebeli :D

zata ligouw mengatakan...

@Diah Kusumastuti
yes, itu dia makanya perlu banget bawa daftar blanjaan ya mba Diah :)

Anonim mengatakan...

Perlu bgt buat emak2 nih hahaha

Dee - @HEYDEERAHMA mengatakan...

Asik banget udah ada Alfamart Online. Kapan-kapan coba ah belanja disitu!

zata ligouw mengatakan...

Iya dee, cobain yukk :)

Poskan Komentar