Jumat, 26 Agustus 2016

Nikmati Keindahan Bawah Laut Bali Dengan Kegiatan Unik Ini


Tinggal di Negara yang memiliki kekayaan alam bawah laut terindah di dunia sudah tentu wajib rasanya bagi kita untuk dapat mengunjunginya minimal sekali seumur hidup. Salah satunya di Bali. Tempat ini merupakan surga wisata di Indonesia yang memiliki kekayaan alam bawah laut dan tidak diragukan lagi keindahannya.

Nah, banyak cara untuk dapat menikmati keindahan alam  bawah laut tersebut, dari yang paling murah dan simpel seperti snorkeling atau yang butuh sedikit modal dan keahlian seperti diving. Kalau kiranya kegiatan tersebut sudah pernah kamu coba atau terdengar biasa, ada alternatif kegiatan lainnya nih, untuk memberi pengalaman berbeda menikmati keindahan alam bawah laut di Bali. Simak ya, dijamin akan jadi pengalaman yang seru dan takkan terlupakan dalam hidupmu.

Naik Kapal Selam Bali Odyssey Submarine

Kalau kamu ingin menikmati keindahan alam bawah laut Bali tanpa basah-basahan, kegiatan ini cocok sekali untuk kamu. Di Bali, tepatnya di Labuhan Amok, Karangasem terdapat Odyssey Submarine yang merupakan satu-satunya kapal selam wisata di Indonesia. Kapal selam ini akan membawamu melihat keindahan pemandangan dibawah laut, aneka ragam ikan hias, terumbu karang dan biota laut lainnya pada kedalaman 35 meter dibawah permukaan air laut selama 45 menit.

Eksterior dan Interior Oddysey Submarine. (Sumber Foto: www.odysseysubmarine.net)

“Hmmm..memangnya ikan-ikan tidak takut dengan kebisingan mesin kapal selam ya?.” Jangan khawatir, kapal selam ini bertenagakan 250 buah baterai sebagai tenaga penggerak yang ramah suara sehingga ikan-ikan tidak terganggu dengan suara bisingnya. Kapal selam ini berkapasitas maksimum 36 orang penumpang dan terus akan bergerak sehingga pemandangan yang kamu lihat akan berubah-ubah. Di dalamnya, kamu dapat menyaksikan ikan-ikan yang berenang dan biota laut lainnya dari 18 jendela kaca di lambung kanan dan kiri. Ingin mencoba naik kapal selam pertama kali dalam hidupmu? Yuk buruan cek tiket pesawat murahnya di Traveloka.

Berkendara di Bawah Laut Dengan Bali Underwater Scooter
Naik motor di bawah laut rasanya bukan lah hal yang mustahil lagi. Di Bali, ada sebuah tempat wisata baru bernama Bali Underwater Scooter yang membuatmu bisa berkendara di dalam laut. Salah satu lokasinya berada di Tanjung Benoa, kawasan yang dikenal sebagai pusat wisata water sports di Bali. Alat yang berbentuk seperti motor scooter ini dirancang untuk ditumpangi oleh 2 orang, satu orang sebagai pengemudi dan lainnya sebagai penumpang. Cara mengendarainya mudah, kamu hanya perlu duduk di scooter lalu mengoperasikannya layaknya sepeda motor. Jika kamu kesulitan, akan ada seorang instruktur yang siap untuk mendampingi.

Rombongan ikan mengejar makanan yang diberikan wisatawan. (Sumber Foto: www.gandhibalitours.com)

Underwater Scooter ini dapat bergerak dengan kecepatan hingga 2 km/jam dan kamu dapat melihat pemandangan alam bawah laut hingga kedalaman 20 meter. Kelebihannya, kamu dapat merasakan pengalaman scuba diving tanpa perlu memiliki pengalaman ataupun lisensi menyelam. Tentu saja, alat ini dilengkapi dengan helm khusus tersambung dengan oksigen sehingga kepalamu tidak akan basah dan bisa leluasa bernafas di dalam air. Helm tersebut juga memilki visibilitas yang sangat baik sehingga kamu dapat memandang biota laut yang indah dan menarik dengan jelas.

Jalan-Jalan Bebas di Bawah Laut Dengan Bali Seawalker
Bagi kamu yang ragu mengajak anak kecil untuk merasakan keseruan bermain di bawah laut, kali ini tak perlu khawatir, karena ada alternatif kegiatan yang aman bagi anak-anak yaitu Bali Seawalker. Seperti namanya, disini kamu akan merasakan serunya berjalan-jalan di dasar laut Bali, menjelajahi keindahan bawah laut sambil bermain dengan ikan-ikan yang menggemaskan. Kegiatan ini sangat mudah dan aman untuk anak-anak, karena tidak diperlukan kelahlian berenang atau menggunakan peralatan diving yang berat. Kamu dapat berjalan selayaknya berjalan di alam bebas dan berinteraksi langsung dengan ikan-ikan laut.

Wisatawan sedang berinteraksi dengan biota laut. (Sumber Foto: www.beautytour.info)

Bali Seawalker atau dikenal juga dengan Bali Marine Walk ini, salah satunya berlokasi di kawasan pantai Sanur. Baik kamu yang mencoba Underwater Scooter di Tanjung Benoa ataupun Seawalker di Pantai Sanur, kamu bisa mencari penginapan yang banyak terdapat di kawasan Nusa Dua. Salah satu hotel yang dekat dengan kedua lokasi wisata tersebut adalah Westin Nusa Dua. Hanya butuh sekitar 15-30 menit untuk menuju kedua lokasi tersebut. Nah, jika rasanya petualangan di bawah lautmu masih kurang, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Westin Nusa Dua seperti selancar angin, voli pantai, memancing dan banyak lainnya. Malam harinya kamu bisa beristirahat dan bersantai di bawah langit bertabur bintang di tempat tidur tepi pantai yang disediakan Westin Nusa Dua. Kebayang kan asyiknya tidur santai ditemani deburan ombak dan  semilir angin sepoi. Untuk pemesanan hotel ini, dapat kamu pesan di situs Traveloka, untuk mendapatkan harga yang lebih mudah dan praktis,.

Berenang Bersama Hiu di Pantai Pulau Serangan
Bertemu ikan Hiu saat berenang laut pastinya jadi hal sangat ditakutkan wisatawan. Namun ternyata tidak semua jenis Hiu membahayakan keselamatan manusia. Di Bali, tepatnya di Pantai Pulau Serangan terdapat wisata penangkaran Hiu dimana wisatawan dapat berenang bersama ikan hiu tersebut tanpa takut terluka. Hiu tersebut berjenis Hiu Sirip Putih yang tidak berbahaya dan memang habitatnya berada di sekitar perairan Pulau Serangan. Walaupun tidak berbahaya, kegiatan satu ini dijamin tetap memacu adrenalin siapa saja yang mencobanya untuk pertama kali.

Uji adrenalin dengan berenang bersama Ikan Hiu. (Sumber Foto: www.beautytour.info)

Paket wisata tidak hanya mengedepankan hiburan semata namun juga dalam rangka pelestarian satwa langka ini. Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata ini, hanya butuh waktu lima menit dengan menggunakan kapal cepat dari pantai menuju penangkaran yang berada di tengah laut.  Kegiatan ini aman untuk berbagai usia karena sudah dibuat sedemikan rupa agar aman bagi pengunjung, serta sudah termasuk asuransi jaminan keamanan. Selain berenang dengan ikan hiu kamu juga bisa memberi makan ikan-ikan Hiu tersebut. Wisata ini juga bisa menjadi  pilihan wisata edukatif bagi anak-anak untuk ikut belajar melestarikan satwa yang terancam punah. Sudah siap berenang dengan ikan Hiu? 

Ingin jalan-jalan ke Bali dan menikmati semua hal menarik di atas?, jangan lupa baca juga artikel Merencanakan Liburan Dengan Anak ... Selamat merencanakan liburan ke Bali ya !

*****

14 komentar:

Keke Naima mengatakan...

rombongan ikan yang mengejar makanan itu fotonya lucu hihihi. Seru kayaknya main air kayak gitu :)

Kang Nurul Iman mengatakan...

Wah keren ya mbak cara untuk menikmati keindahan di bawah laut dibawai makin maju deh sekarang mah soalnya waktu dulu saya ke sana belum ada tuh mbak yang seperti ini. Keren kalau begitu mah mau lagi ah berlibur bareng keluarga.

zata ligouw mengatakan...

Iyaaa mba Myr, seru banget yaa..

zata ligouw mengatakan...

Iya lebih seru rame2 kalo jalan2 ke sana, sama temwn atau keluarga..

Ani Berta mengatakan...

Aihhh ini wahana keren banget Mba Zata :D
Leisure paling unforgettable pastinyaaaa

Evrinasp mengatakan...

Saya takut air mbak, tapi kalo terfasilitasi seperti itu kayanya mau coba adventure di bawah laut, Baliii ayemkaming hehe

monda mengatakan...

seru banget itu naik scooter nya...
aman kayaknya buat aku yang nggak jago berenang, ada masternya kan ya mbak

zata ligouw mengatakan...

@Ani Berta
Iya banget nih teh, gak terlupakan pastinya...

zata ligouw mengatakan...

@Evrinasp
wuahh baru tau mba Evrina takut air, hihihi... yuukkkk....

zata ligouw mengatakan...

@monda
iya harusnya sih aman ya :) dan ada yang bantuin..

Yati Rachmat mengatakan...

Wadhuuuh, jadi pengen ke Bali nih trus ngajak anak naik Sub-marine.

zata ligouw mengatakan...

@Yati Rachmat
yuukk bunnn :)

UNA mengatakan...

Yang Bali Underwater Scooter baru lihat nihhh... penasaran :")
Seawalker juga pengen~

Dee - @HEYDEERAHMA mengatakan...

Naik motor dibawah laut anti-mainstream banget :))

Poskan Komentar