5 Syarat Ruang Kerja Ideal Versi Saya


Baru-baru ini saya memindahkan ruang kerja ke kamar atas yang sebelumnya tidak terpakai. Ada beberapa alasan saya merenovasi ruang tersebut untuk kemudian menjadikannya 'home office' yang baru. 

Pertama karena ruang kerja lama sudah dibajak oleh anak-anak. Saya tidak lagi 'berkuasa' atas ruang tersebut. Anak-anak yang sudah aktif berinternet dan bersosial media senang sekali menggunakan ruang kerja lama saya sebagai tempat 'ngumpul' dan berkegiatan. Saya, sih, senang-senang saja, karena dengan mereka berinternet di satu ruang, akan jauh lebih mudah bagi saya untuk mengontrol apa yang mereka tonton, mereka lihat, mereka upload, dan lain sebagainya.

Kedua, karena akhir-akhir ini banyak pekerjaan menulis yang tertunda akibat harus ngantri memakai ruang tersebut, saya merasa butuh tempat yang lebih privacy dan khusus untuk saya sendiri agar tidak sampai ditegur klien karena job yang molor dari perjanjian, duhh.., maafff yaaa... sekarang tahu, kan, kenapa (#alesan, hehehe).

Ini dia 5 syarat ruang kerja yang ideal versi saya ....

1. RUANG YANG NYAMAN

Ini sebuah keharusan, sama seperti kebanyakan orang, saya tidak bisa bekerja di ruang yang tidak nyaman, misalnya karena berantakan, kotor, dan panas. Jadi saya pun sedikit melakukan renovasi di calon ruang kerja saya tersebut, lalu mendekornya sesuai dengan selera saya.

Ruang tersebut masih cukup layak, namun saya kurang suka dengan cat temboknya yang berwarna terlalu terang yaitu merah. Kusennya pun berwarna coklat pekat yang menurut saya terlalu gelap.

Putih abu-abu yang saya beri aksen warna-warni

2. LOKASI YANG STRATEGIS

Home office bagi saya pribadi lokasinya harus lah agak terpencil, maksudnya tidak mudah didatangi orang lain termasuk anak-anak agar mereka tidak bolak-ik memanggil dan mengganggu, namun di sisi lain saya tetap harus bisa mendengar dan mengontrol anak-anak lewat ruang kerja saya. Jadi lokasinya harus pas dan strategis. 

Akhirnya pilihan saya jatuh pada ruang atas yang selama ini kurang terpakai. Mau dijadikan gudang tapi sayang. Kamarnya pun masih cukup nyaman dan ada berandanya pula yang memungkinkan saya untuk merasa lebih nyaman, luas, dan tenang.

3. PENERANGAN YANG BAIK

Penerangan merupakan salah satu hal yang terpenting di ruang kerja. Selain alasan kesehatan, ini dia beberapa alasan mengapa kita harus memiliki penerangan yang baik di ruang kerja:

Penerangan yang buruk bisa menyebabkan depresi. Dari salah satu literatur yang saya baca, penerangan yang kurang akan membuat kita stress dan kurang berenergi. Saya pribadi pun merasakan hal yang sama, saat penerangan di ruang kerja remang-remang, rasanya malas sekali, boro-boro mau kerja, bawaannya malah ngantuk, hehehe...

Penerangan yang baik meningkatkan konsentrasi dan performa kerja. Karena semua terlihat dengan jelas, mood juga lebih baik, fokus meningkat dan pastinya berpengaruh pada pencapaian saat bekerja. Misalnya lebih banyak tugas yang selesai.

Di ruang kerja saya yang baru ini, saya menggunakan lampu LED dari Philips karena sistem pencahayaan dari Philips membantu orang merasa nyaman, produktif, dan aman. Mempercantik ruang dan mengubah lingkungan. Sistem pencahayaan dari Philips mengombinasikan luminer biasa kelas dunia dan LED dengan kontrol analog dan digital yang memberikan pengalaman pencahayaan yang benar-benar tepat, kapan pun dan di mana pun kita membutuhkannya, seperti di ruang kerja misalnya.


Saya menggunakan LEDbulb untuk lampu ruangan dan LEDcandle untuk lampu meja

4. DEKORASI YANG PERSONAL

Dekorasi yang pas juga sangat berpengaruh bagi mood saya dalam bekerja. Saya menyukai dekorasi yang sederhana namun tidak 'sepi', itu mengapa saya memilih warna abu-abu dan putih dipadu dengan beberapa warna cerah lainnya seperti pink, oranye, dan merah.

Saya pun membuat beberapa hiasan yang saya buat sendiri. Nanti menyusul, ya, DIY untuk dekorasi di ruang kerja saya. Mau bikin before after-nya juga kalau sempat :).

5. MULTIFUNGSI

Bagi saya, syarat terakhir untuk ruang kerja yang ideal adalah bisa berfungsi ganda, selain sebagai ruang kerja, ruang ini juga saya gunakan sebagai ruang untuk berduaan dengan suami. Di sini, saat tidak bekerja, kami bisa menonton DVD, mendengarkan lagu, dan ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul :)

***

42 comments

  1. waaah, nyaman banget itu susunannya.
    Mau dong, mba dimake- over juga kamar saya *eh :D

    BalasHapus
  2. Akhirnya bisa mojok di ruangan office pribadi itu brasa surga banget ya Mba, apalagi kalo penataan ulangnya kece kek gini. Dijamin makin maksimal hasil kerjanya ;)

    BalasHapus
  3. konsep yg trakhir, aq bgt mba, ruang kerjanya multi fungsi, semuanya jd satu di ruang tsb, mulai dr tidur sampe lalalala lala

    BalasHapus
  4. Waah, aku juga pingin punya ruang kerja sendiri di rumah sebenarnya. Tp rmh sempit dan blm dpt clue gmn ngaturnya :/ *curhat haha

    BalasHapus
  5. Setuju... penerangan yang baik bikin mood juga baik :)

    BalasHapus
  6. @Alma Wahdie
    hayuk sini kalo deket aku makeover, hehehe...

    BalasHapus
  7. @Nining
    iyess, me time juga buat aku mba, hehehe...

    BalasHapus
  8. @desi
    ahahah iya banget ya, multifungsi pokoknya deh...

    BalasHapus
  9. @Noe
    bikin pojokan aja Noe, aku juga dulu gitu, kok, yang penting punya space pribadi...

    BalasHapus
  10. @Ruth Nina
    yes, kalo agak gelap pusing juga soalnya Ruth..

    BalasHapus
  11. Ruang kerjanya asikkk, jadi makin betah kerja kalo kayak gini ya, hehehe ati-ati kebablasan nih kerjanya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi aku jarang kerja kebablasan mba @noniq, selalu ada yang manggil2 kalo kelamaan ;p

      Hapus
  12. Memang sebaiknya di tempat 'terpencil' ya... komputerku letaknya di tengah ruangan gitu, nggak di kamar, jadi banyak orang lalu-lalang. Mereka nggak ganggu sih tapi berasa keganggu hehehe~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, kadang meski gak ganggu tp org/anak bolak balik itu bikin konsentrasi berkurang mba @una

      Hapus
  13. Penerangan yang baik penting banget untuk ruang kerja, supaya mata nggak cepat lelah. Tapi, baru tau juga kalau penerangan buruk bisa menyebabkan depresi. Waah.

    BalasHapus
  14. @Afifah Mazaya
    sama mba, aku juga baru baca2 soal itu :)

    BalasHapus
  15. ruangannya nyaman banget mba...
    saya paling gak bisa kalo lagi kerja banyak gangguan :)

    BalasHapus
  16. Buat saya juga penerangan penting, soalnya saya gak suka ruangan yang redup hihi

    BalasHapus
  17. perpaduan warna home officenya adem mbaaak, ada penampakan bebuluan apakah itu? kursi yak?

    BalasHapus
  18. Zataa, rapih banget itu... Gimana caranya hahaha.. Rumah aku baru beres 5mnt, 5 mnt kemudian diacak2 Raya XD Padahal pengen punya space sendiri buat nulis2 dirumah, kayaknya harus nunggu Raya gede-an dulu nih

    BalasHapus
  19. Sweet banget mba ruang kerjanya

    BalasHapus
  20. @Santi Dewi
    iya bener banget mba Santi, mood agak terganggu kalo direcokin, yah ;p

    BalasHapus
  21. @Tian Lustiana
    redup bikin sakit kepala kalo aku mba :(

    BalasHapus
  22. @Maria Soraya
    ahaha iya, itu kursi yang aku pakein alas bulu2 biar empuk :)

    BalasHapus
  23. Wii keren ruangannya mba, rapi, nyaman, indah, dan bisa dipakai buat nyantai bersama suami pula...pengen banget punya ruangan lebih juga buat ruangan kerja sendiri :)

    BalasHapus
  24. Keren, kebetulan lagi rombak-rombak ruang dan warnanya hampir sama. Bisa jadi inspirasi nih, Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  25. @Lily Kanaya Widjaja
    iya mba, emang perlu juga sih ruang kerja pribadi di rumah yang juga multifungsi :)

    BalasHapus
  26. cozy and bright ruang kerja barunya, pasti betah deh lama2 cari inspirasi ngeblog disini....

    BalasHapus
  27. Wah ruang kerja impian. Doakan saya bs mewujudkannya jg y mb. Inspiratif :)

    BalasHapus
  28. tulisan yang sangat menginspirasi. sampe rumah pengen buru-buru bikin yang kayak begini juga deh,:)

    BalasHapus
  29. kerja di ruang yang nyaman makin betah ya mbak

    BalasHapus
  30. @shintadaniel
    betulll Shin, ini makin banyak tulisan selesai pas pindah ruang kerja..

    BalasHapus
  31. @Riana Dewie
    amiiinnn... ini gak brasa ada pengeluaran karena nyicil2 beli printilannya kok mba..

    BalasHapus
  32. @Yunika Umar
    ayooo mba Yunika nikin, abis itu jadiin artikel yah, yahhh... ;p

    BalasHapus
  33. @Lidya Fitrian
    yes jadi betah banget mba Lid, apalagi cahaya bagus dan minim gangguan ;p

    BalasHapus
  34. Waaah, aku puuun bentar lagi mau renov renov, Mbak. Butuh "home office" sendiri juga hihihi. Kayaknya makin ke sini makin (sok) banyak kerjaan. Aku pengin punya home office berjendela supaya bisa motrat motret dapat cahaya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh bener tuh mba @Haya, penting banget ruang kerja berjendela yah ;p

      Hapus
  35. Small room, but looks very comfortable ya ;)

    BalasHapus