Rabu, 05 Oktober 2016

Peran Penting Orangtua Untuk Perlindungan Keluarga



Buat saya keluarga adalah yang terpenting, mereka segalanya buat saya. Saya bekerja demi mereka, saya berhenti bekerja kantoran, pun, demi mereka juga. Jadi, sebagai orangtua, saya dan suami ingin melindungi keluarga semaksimal yang kami bisa.



Kebetulan sekali, belum lama ini saya menghadiri TUM Luncheon bersama The Urban Mama dan pembicaranya adalah Fioney Sofyan yang bicara soal perlindungan keluarga. Dalam kesempatan tersebut mba Oney, begitu ia biasa disapa, bicara tentang pentingnya peran orangtua dalam melindungi keluarganya, salah satunya lewat asuransi.

Lalu mengapa kita perlu asuransi? Menurut mba Oney, alasan mengapa kita sebagai orangtua perlu memiliki asuransi adalah karena:

1. Posisi kita tidak bisa digantikan dalam keluarga.
2. Kita adalah tulang punggung keluarga.
3. Karena kita ingin melindungi mkeluarga kita.
4. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
5. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada kita esok atau bahkan menit selanjutnya.
6. Melindungi dari berbagai kekhawatiran. 

photos by The Urban Mama

Lalu, apakah asuransi itu? Dalam pasal 246 KUHD disebutkan bahwa asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu. 

Dengan kata lain asuransi adalah usaha kita untuk melindungi diri kita dan atau keluarga, dari kemungkinan kerugian-kerugian yang mungkin timbul akibat pihak kedua, pihak ketiga, atau hal-hal lain yang menyebabnya hilangnya suatu harta kekayaan atau jiwa

Mba Oney juga mengingatkan tentang hal-hal yang perlu kita ketahui tentang asuransi, yaitu bahwa asuransi adalah proteksi, bukan investasi. Sifatnya melindungi kita dan keluarga dari beragam kekhawatiran dalam hidup.

"Asuransi adalah proteksi, bukan investasi. Sifatnya melindungi kita dan keluarga dari beragam kekhawatiran dalam hidup" - Fioney Sofyan


Para urban mama serius menyimak sesi mba Oney dan pak Edison

Sesi berikutnya adalah ngobrol bersama pak Edison dari MNC Insurance. Beliau membahas mengenai MNC Family Care. MNC Family Care adalah perlindungan asuransi kecelakaan diri lengkap dari MNC Insurance bagi seluruh anggota keluarga, termasuk ART, babysitter, dan supir pribadi. W.O.W, saya sempat terpana dan jujur saja agak bertanya-tanya dalam hati apakah saya salah dengar atau tidak saat pak Edison mengatakan hal tersebut.

Ternyata bukan hanya saya, urban mama lain yang hadir pun tak berhenti berdecak dan mengajukan pertanyaan. Lihat saja flyer di bawah ini yang merinci tentang benefit apa saja yang akan kita terima dari MNC Family care ini.


Dengan premi hanya Rp 400ribu sampai Rp 500ribu per tahun (ya, per tahun) kita bisa mendapatkan jaminan kematian sampai Rp 500juta per keluarga. Menariknya, asuransi ini pun akan membayar maksimal Rp 5juta per kejadian untuk layanan ambulans. 

Biaya fisioterapi juga ditanggung dengan maksimal Rp 500ribu per hari, per konsultasi, per orang, selama maksimal 30 hari terapi. Oh ya, ada yang perlu dicatat di sini, biaya pengobatan tradisional, pun, masuk dalam jaminannya. Misalnya, nih, tertanggung mengalami patah tulang dan berobat ke pengobatan tradisional bersertifikat seperti Cimande, dll, ternyata akan ada penggantian, lho, yaitu sebesar maksimal Rp 250ribu per hari, per konsultasi, per orang, selama 30 hari. Jadi maksudnya, jika pengobatan tradisional tersebut ternyata lebih dari 30 hari, maka sudah tidak ditanggung lagi.

Jika tertanggung meninggal dunia dan dimakamkan atau dikremasi, akan ada biaya yang diterima yaitu maksimum Rp 50juta per keluarga. Santunan pun akan diterima oleh keluarga yang berduka dan dibayarkan secara sekaligus dengan jumlah maksimum Rp 50juta.

Akan ada juga biaya pendidikan anak sebesar maksimal Rp 100juta untuk maksimal tiga orang anak. Jumlah tersebut akan dibayarkan sekaligus. Lalu satu lagi yang menarik dari asuransi ini, ternyata ada tunjangan biaya transportasi untuk menunjang aktivitas harian tertanggung sebesar Rp 100rb per hari per keluarga sampai dengan maksimal Rp 1juta. Sumpah ini keren banget!, saya baru pertama kali menemukan asuransi yang bahkan menanggung biaya transportasi sehari-hari tertanggung jika terjadi kecelakaan.

Duh, masih mau ngomong panjang lebar soal ini, tapi lebih baik langsung saja kontak MNC Insurance di bawah ini, yaaa...

PT. MNC Asuransi Indonesia
Marketing Communications Department
MNC Financial Center Lt.11
Jl. Kebon Sirih 21-27 Jakarta
Telp  :  021 – 2970 1234 ext 44309
Fax    : 021 – 392 2952/60
Twitter : @mnc_insurance
Fanpage : @MNC Insurance

45 komentar:

  1. Wah preminya menarik bangeet!

    Asuransi penting banget yaa ternyata.. Thanks sharingnya ya kakak Zataa ��

    BalasHapus
  2. @Cindy Vania
    iya Cin, preminya menggiurkan banget yaa.. sama-sama Cindiii...

    BalasHapus
  3. Skrg ini asuransi memang menjadi suatu yg wajib kita punya ya.

    BalasHapus
  4. @Dwina Yusuf
    Iya mba Dwina, buat kita dan keluarga pastinya :)

    BalasHapus
  5. Asuransi MNC sangat menarik ya mbak Zata, sangat terjangkau karena preminya termasuk murah dibanding dengan segala fasilitas yang disediakan.

    Selama ini kendala orang ikut asuransi karena jumlah premi yang dianggap besar dan tidak bisa kembali, jadi masih ada keraguan dan eman-eman.

    Semoga Asuransi MNC ini memberi solusi untuk orang-orang yang ingin punya asuransi dengan premi terjangkau :)

    BalasHapus
  6. @Anjar Sundari
    betul banget mba, saya inget jaman dulu orangtua saya udah sempet lama ikut asuransi trus tengah2 gak kuat bayar dan angus gitu aja, jadi mreka takut untuk ikut lagi karena deg2an sama preminya. Kalau jaman dulu udah ada yang model gini pasti hal tsb gak akan terjadi :)

    BalasHapus
  7. premi murah dengan benefit banyak... asli sayah tergoda waktu disana, mana daftarnya ngga pakai ribet lagi.. tapi inget diskusi sama suami jadi ditunda dulu.. kudu ngmg dulu sama suami

    BalasHapus
  8. Aku suka deh kata - kata ini :

    "Posisi kita tidak bisa digantikan dalam keluarga", tapi kadang sedih lihat keluarga jalan di mall, bapak mamanya mainan hp, atau jalan peluk - pelukan sama suami, trs anaknya digendong sama pembantu.

    Ada satu account IG yang dibuat mamanya untuk anaknya yg emang lucuuuuu banget. Satu ketika anaknya lg di record pas bangun tidur trus anaknya ngajakin main.

    Mamanya nanya : "Mau main sama siapa?"

    Anaknya jawab : "Suster, mba, dll"

    Gada tuh anaknya sebutin kata - kata mama, kalau kita dulu aku rasa kalau ditanya mau main sama siapa, jawabnya pasti mama, papa, kakak, dll wkwkwkwkkwk.

    BalasHapus
  9. Biasanya banyak asuransi yg menawarkan ukt asuransi jiwa, dana pensiun dll.. Aku baru nih dpt info yg jelas ttg asuransi kecelakaan, penting banget karena kita ngga akan tau apa yg terjadi kedepannya pada diri kita. Apalagi pertahunnya cuman bayar 500rb utk 1 keluarga, pengen ikutan banget!

    BalasHapus
  10. @Nike Dwi V
    Nahhh kaannn, kita sama-sama tergoda yah hihihi...

    BalasHapus
  11. @Roosvansia Sipahutar
    jangan sampe yaaa kita kayak gitu sama anak Ross, inget yah ntar kalo dah punya anak :)

    BalasHapus
  12. @Sandra Buana Sari
    yesss, pertahunnya itu loh yang bikin kaget, 500rb sahaja ;p

    BalasHapus
  13. Orang tua memang memiliki peran yang penting ya mbak tapi itu tergantung orang tuanya sendiri kalau bisa menjalankannya pasti akan lebih muantappp.

    BalasHapus
  14. What! Itu premi cuma 500ribu PERTAHUN? Edan murah pisan euy. Saya kan pake Indovision di rumah, suka ada iklan asuransi MNC ini nih di email, tapi saya teh gak baca da males. Eala ternyata begini detail asuransinya...halah ternyata murah geuning ya...

    BalasHapus
  15. @ulu
    oh iyaa benera ada iklannya ya :)

    BalasHapus
  16. Preminya murah bangat ya Mba Zata, per tahun cuma 500rb, mupeng saya :)

    BalasHapus
  17. Memang sebaiknya sedia asuransi untuk menggaransi masa depan.
    Bicara anak bawaan saya sedih karena berjauhan, :(

    BalasHapus
  18. @Awan
    nah kan, yuk yuk langsung aja daftar kalo gitu :D

    BalasHapus
  19. @Alris
    pasti ya mba kalo jauhan sama anak selalu sedih :)

    BalasHapus
  20. @Dhanang Sukmana Adi
    saya sedang ikut luncheon yang ngomongin soal asuransi, mas :)

    BalasHapus
  21. sebenernya aku udh ada asuransi sih utk melindungi anak2 nanti kalo ada kenapa2 dgn kita sbg ortunya.. tapi baca yg ini jd tertarik juga... preminya kecil banget pula.. Tapi ini cara klaimnya ga susah kan ya mba? ada tuh asuransi yg huruf awalnya C,5 hurup ( C _ G _ A) , perjuangan bgt klaimnya.. bisa dibilang kyk dibikin susah dan ga akan bisa diklaim.. makanya aku rada hati2 kalo ikutan asuransi..

    BalasHapus
  22. Edukasi ttg asuransi gencar dilakukan ya mbak, biar parents semakin tau bahwa asuransi itu pentiiing pake banget

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  23. selain investasi, proteksi juga dibutuhkan oleh kita utk keluarga kita y mba.... nice share :)

    BalasHapus
  24. @fanny fristhika nila
    wahhh iya kebayang kalo susah klaim, males banget. Aku pribadi juga blm coba, tapi dari hasil ngobrol2 kemarin, katanya responnya cepat, kok..

    BalasHapus
  25. @The Fire Craft 2
    setuju karena faktanya nggak sampe 10 persen loh org indonesia yang pake asuransi...

    BalasHapus
  26. @Santi Dewi
    betul mba, makasih juga udah mampir :)

    BalasHapus
  27. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali. :)

    BalasHapus
  28. Murah bangeeet ya mba :)... Tapi terlepas dari itu, perlundungan untuk keluarga memang perlu sekali yaaa :)

    BalasHapus
  29. Wah preminya menggoda, iya banyak hal yang memang membuat kita memilih asuransi

    BalasHapus
  30. Murah banget ya preminya.. di asuransi sebelah premi segitu per bulan

    BalasHapus
  31. Wii makin banyak nih pilihan asuransi ya mbak, pengen sih punya beberapa kalo dana mencukupi hihi

    BalasHapus
  32. @indah nuria Savitri
    iya mba Nuria, setuju banget, selain memang karena perlu, kalau preminya sangat affordable spt ini, pasti pada ngiler :)

    BalasHapus
  33. @Tia Marty Al-Zahira
    wuah semua pada kaget ya karena dengan benefit yg seperti di atas preminya terjangkau banget...

    BalasHapus
  34. @Lily Kanaya Widjaja
    yes, makin banyak pilihan makin bagus buat konsumen ya mba :)

    BalasHapus
  35. Iya tuh baru denger biaya transportasi ditanggung ya, lengkap deh layanan asuransinya.

    BalasHapus
  36. Peran penting blog ini akan kesuksesan orang tua dalam mendidik anak...thanks

    BalasHapus
  37. bagusnya disertain juga mbak kewajiban anak bagi ortu...biar lebih mantap

    BalasHapus
  38. Setuju dengan quote asuransi bukan investasi

    Karena pada prinsipnya, asuransi adalah uang hilang. Jadi bagusnya dialokasikan setiap tahun sekian rupiah.. Pandangan seperti inilah yang bikin saya dibilang aktivis anti unitlink..hahahah

    BalasHapus
  39. Wuih, biaya transportasi ditanggung <--- terobosan baru, menang kadang terlihat sepele padahal biaya transportasi itu krusial banget

    BalasHapus
  40. Keluarga adalah segala nya tapi aku jauh dari keluarga ihik ihik

    BalasHapus
  41. apakah harus dipisahkan antara asuransi dengan investasi ya?
    terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
  42. aku dah asuransiin. aku ahli waris anak suami, bapake ahli waris anak dan aku begitupun anak ahli waris aku dan bapake..biar sama

    BalasHapus