Minggu, 31 Januari 2016

Yuk, Nonton Sambil Belajar Bahasa Mandarin Bersama Miao Mi ...



"Ni hau ma?"
"Wo hau, Sie sie"

Sebatas itulah kemampuan saya berbahasa Mandarin *laludilemparsendal* :D. Malu sebenarnya karena saya punya darah Chinese dari kakek saya namun bisa dibilang hampir tidak mengerti bahasa tersebut.

Rabu, 27 Januari 2016

Pentingnya Mengajarkan Komunikasi Survival pada Anak [Remaja]



Jujur saja, saya ibu yang kadang over protective terhadap anak-anak justru saat mereka semakin besar. Di satu sisi saya ingin anak-anak saya bisa survive menghadapi kehidupan di dunia ini, di sisi lain kadangkala saya tak tega saat mereka harus mengalami proses survival tersebut. Namun berkat dukungan suami serta campur tangannya yang besar dalam mendidik anak-anak , saya pun bisa belajar 'melepaskan' mereka mengikuti proses yang seharusnya mereka jalani agar life skills mereka semakin baik dan lebih baik lagi.

Belum lama ini ada pengalaman yang cukup mendebarkan dada. Si abang, anak pertama saya yang bisa dibilang 'anak mami' bersekolah cukup jauh dari rumah di mana ia diharapkan untuk bisa mengurus semua keperluan yang berhubungan dengan sekolahnya sendiri. Saya justru yang belum siap, karena belum lama, saat SD, hampir semua keperluannya yang berkaitan dengan sekolah, saya yang mengurus, mulai membeli baju seragam di sekolah, membeli buku sekolah, bertanya soal ekskul, membayar iuran sekolah, menghubungi pihak katering, dst.


Ayam Woku ala Oma | RESEP


Belum lama ini abang berulang tahun yang ketiga belas, namun seperti halnya ulang tahun kakak dan ayah mereka di bulan sebelumnya, kami tidak mengadakan perayaan apa-apa. Saya hanya membuatkan makanan favorit abang yang juga adalah makanan favorit kami sekeluarga, ayam woku khas oma.

Wuih, sekejap saja ayam woku sebanyak ini tandas dimakan oleh kami semua. Bahkan setelah nasi habis, kami sibuk menggerogoti tulang-tulangnya karena rasa bumbu yang meresap sampai ke tulang, yummm...

Ini dia resepnya...

Selasa, 26 Januari 2016

Ini 5 cara saya mengatasi mood jelek

sumber
Pernah nggak merasa sangat tidak termotivasi melakukan apa pun (kecuali ngurusin anak). Rasanya sepanjang hari mood jelek terus. Saya sedang mengalaminya saat ini, mungkin karena sedang datang bulan, mungkin karena sedang bosan, mungkin juga karena hal-hal lainnya yang kurang saya sadari.

Kadang kalau perasaan seperti ini sedang melanda, rasanya nggak enak banget, nggak berdaya dan saya harus segera melakukan sesuatu sebelum perasaan malas berkepanjangan ini menggerogoti dan membuat rumah tak terurus, tulisan nggak selesai-selesai, pekerjaan lain terbengkalai, dst.

Dari pengalaman sebelumnya, biasanya saat perasaan malas serta unmotivated melanda, selain berdoa pada yang memiliki segalanya, saya akan melakukan beberapa hal di bawah ini, yang biasanya cukup sukses nge-boost mood saya.

Senin, 25 Januari 2016

Dengan Acer Liquid Z320, Bye bye Mimpi Buruk! | REVIEW

seimbang antara bermain dan belajar

Belum lama ini saya menulis tentang pengalaman anak perempuan pra-remaja saya, si kakak, yang mengalami cyberbullying, di mana ia mendapat beberapa pesan berisi hinaan yang tentu saja bisa mempengaruhi kepercayaan dirinya di umur yang tergolong masih labil ini.

"Slime-nya sih biasa aja, tapi itu lho, tangan kirinya kayak banci!," tulis salah seorang anak di video tentang "cara membuat foam slime" yang sempat diunggah oleh anak saya di youtube.

Jumat, 22 Januari 2016

My #10WeeksGetFitProgramme - Week 1 & 2

"It's not about losing weight, it's about feeling comfort in your jeans" - Mitch Chilson

Sekilas tentang 10 Weeks Get Fit Programme

Program 10 Weeks Get Fit ini adalah program yang diadakan berbarengan dengan pemutaran acara Fit For Fashion Season 2 yang bekerjasama dengan Fitness First juga Zalora dan diputar di saluran televisi berbayar StarWorld.

Program ini dibuka untuk para member dan non member Fitness First di mana para peserta harus melakukan kegiatan olah raga serta tantangan yang kurang lebih sama dengan para kontestan Fit For Fashion episode kedua. Peserta bisa menonton acara Fit For Fashion setiap hari Kamis di StarWorld lalu mempraktekan yang ditontonnya dalam kegiatan sehari-hari, tentu saja dibantu oleh aplikasi CustomFit yang baru saja diluncurkan.

Minggu, 17 Januari 2016

[Book Review] Sabtu Bersama Bapak


Sebenarnya saya sudah lama membaca buku ini, sekitar tahun 2014, tak lama setelah buku ini terbit, namun menjelang pemutaran filmnya bulan Juni 2016 mendatang, saya pun membaca buku ini kembali sekalian membuat reviewnya.

Jujur saja, saya jarang sekali membaca buku yang sama sampai dua kali, namun buku tulisan Adhitya Mulya yang ringan dan enak dibaca ini penuh dengan pesan yang rasanya tidak ingin saya lupakan. Pesan yang saya rasa tidak terpikirkan oleh saya sebagai seorang ibu karena buku ini bercerita tentang pesan-pesan seorang bapak untuk dua anak laki-lakinya.

Yup, buku ini pun langsung saya wajibkan untuk juga dibaca oleh suami :)

Jumat, 15 Januari 2016

Produk Berbasis Propolis Asli Indonesia Diluncurkan

ekstrak propolis dari lebah hutan Indonesia

Dulu sempat heboh soal produk kesehatan dan kecantikan yang mengandung propolis dan saya langsung mencari tahu apa itu propolis serta khasiatnya. Saat itu, saya penasaran karena selain teman kantor yang ibu-ibu langsung memberikan testimoni yang keren tentang hasil penggunaan propolis juga karena harganya yang cukup menguras kantong (saya) jika dibeli secara teratur ;p.

Dari wikipedia saya tahu bahwa propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dihasilkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon yang digunakan para lebah untuk menutupi lubang sehingga struktur sarang lebih kuat dan agar penyakit dan parasit tidak bisa masuk ke dalam sarang.

Sabtu, 09 Januari 2016

Kiat bagi Pra-remaja Menghadapi Cyberbullying

abang juga pernah mengalami bullying saat bersekolah bola

"Slimenya sih biasanya aja, tapi itu lho, tangan kirinya kayak banci," tulis salah seorang anak pra-remaja di video tentang cara membuat foam slime yang diunggah oleh kakak di youtube. "Ahaha, slime-nya jelek banget!," komentar yang lain lagi. "Ih, sok tau banget pake ngajar-ngajarin."

Itu hanya beberapa contoh komentar yang cukup mengganggu dari beberapa komentar buruk lainnya. Catatan: tapi alhamdulillah komentar yang bagus jauh lebih banyak :). Namun kadang saya tidak habis pikir, kalau para pemberi komentar yang kebanyakan anak-anak pra remaja itu, tidak menyukai video kakak, kenapa juga harus meninggalkan komentar yang menyakitkan? apa untungnya menyakiti perasaan orang yang bahkan mungkin tidak dikenalnya?.

Selasa, 05 Januari 2016

Liburan Murmer di Curug Bidadari


Pada hari terakhir liburan sekolah, tepatnya hari Minggu tanggal 4 Januari 2016, saya dan keluarga jalan-jalan ke Curug Bidadari yang lokasinya hanya sekitar satu jam perjalanan dari Depok (kalau tidak macet). Di tol Jagorawi kita bisa keluar di gerbang tol Sentul yang pertama dan mengikuti jalan biasa selama 30-45 menit.

Perjalanan kami dimulai pada jam 6 pagi. Berkumpul di rumah ibu saya, kami pun berkonvoi 4 mobil menuju tol Jagorawi. Tol sangat lancar bahkan cenderung sepi karena kami memang sengaja memilih hari tersebut, di mana itu adalah hari terakhir liburan yang artinya kebanyakan orang justru mengarah pulang ke Jabodetabek jadi jalur kami akan lengang karena berada di arah sebaliknya.

Jumat, 01 Januari 2016

Menimba Ilmu di Workshop Fun Blogging


Saat memutuskan untuk mulai ngeblog lagi sekitar lima tahun lalu, dan kembali serius di pertengahan tahun 2015 (setelah resmi berhenti bekerja kantoran), saya selalu ingin belajar, belajar dan belajar. Saya belajar sendiri, belajar lewat internet, membaca buku, dan bertanya pada beberapa kenalan blogger, namun jujur saja hasilnya tidak memuaskan, ilmu yang saya dapat hanya setengah setengah.

Belum lama ini, saya mendapat kesempatan istimewa, bergabung dengan komunitas Fun Blogging dan mengikuti workshop Fun Blogging angkatan ke-8 yang bertajuk "Dari Hobi Menjadi Profesi".