Senin, 27 Maret 2017

100 Blogger, 3 Pembicara, dan Ilmu Yang Tak Ternilai - #BloggerDayxSoMan 2017




Minggu lalu, tepatnya hari Sabtu dan Minggu tanggal 18-19 Maret 2017 bertempat di Kampung Wisata Rumah Joglo (KWRJ), Bogor, BloggerCrony berserta perwakilan dari banyak komunitas keren seperti Kumpulan Emak Blogger, BriD, Blogger Bogor, Asinan Blogger, Kelas Blogger, Blogger Cihuy, dan lain-lain, mengadakan acara kumpul-kumpul sambil belajar bareng lewat workshop-workshop yang bergizi dan tentu saja tujuan utamanya, selain silaturahmi, adalah membantu meningkatkan skills para blogger demi kesejahteraan bersama #cieee ..

#BloggerdayxSoman ini lengkap banget, deh, pokoknya. Bayangkan saja, dalam kurang dari dua hari ada tiga workshop yang sangat penting buat para blogger. Pertama adalah “Social Media Vs Real World” yang dibawakan oleh Ferri Yuniardo dari dikidi.com, kedua adalah sesi workshop yang bikin penasaran, yaitu bahasan tentang “Attitude penting, ya?” oleh Ririn Rosaline. Sesi belajar yang ketiga, yang kocak dan penuh ilmu adalah sesi Anwari Natari aka mas Away yang menyampaikan soal “Menulis Review Elegan dan Berdampak.”

Mas Ferri mengisi workshop poertama

FERRI YUNIARDO
Sentilan yang cukup keras saya rasakan saat mas Ferri bicara soal “Social Media Vs Real World”. Karena pekerjaan yang berhubungan erat dengan sosial media, kadang tanpa sadar saya terlalu attached dengan sosial media dan terbawa di dalamnya. 

Mas Ferri juga mengingatkan untuk tidak baper alias ‘bawa perasaan’ saat bersosmed. Tidak semua yang kita lihat di sosial media itu nyata. Masa, sih, ada orang foto sedang tidur dengan background yang berantakan?. Pasti lah dirapihkan dulu, pose-nya juga diatur agar tampak semanis mungkin dan seterusnya.

Lalu, kalau ada teman atau kenalan yang posting di sosial media berkaitan dengan job-nya sebagai buzzer misalnya, ya tolong di likes dan comment aja, kan sekalian bantu-bantu teman, bukannya malah baper apalagi nyinyir karena nggak kebagian job yang sama, hehehe…

Mba Ririn bicara tentang personality and personal branding

RIRIN ROSALINE
Mbak cantik dari Toska PR sekaligus founder clothing line MOMEIRA ini berbagi ilmu tentang personality & personal branding yang membahas lebih dalam tentang attitude. Saya yang kebetulan berperan sebagai moderator di sesi mba Ririn “Attitude penting, ya?” juga sangat penasaran dengan tema yang kebetulan lagi hangat di kalangan blogger akhir-akhir ini.

Menurut mba Ririn, saat ingin memulai branding diri sendiri, pikirkan, apa apa yang kita pikir tentang diri sendiri, lalu apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Apakah hal itu sudah sesuai dengan keinginan kita?. Ingat, personal branding adalah gabungan dari apa yang kita pikirkan tentang diri kita dan apa yang orang lain pikir tentang kita. Saat hal itu tercapai itu artinya personal branding kita berhasil.

Nah, dalam personal branding itu ada komponen personality, di mana attitude adalah salah satu poinnya. Saat attitude kitadianggap kurang baik oleh orang lain maka hal ini akan sangat mengganggu personal brand kita. Attitude is everything. Sebaik-baiknya kita menulis, menampilkan yang terbaik dari blog kita, namun saat attitude kita jelek, rasanya seperti peribahasa “nila setitik rusak susu sebelanga.”

Hmm, masih ingin bicara panjang lebar tentang topik kesukaan saya ini, tapi sepertinya saya memilih untuk membuat satu artikel khusus saja untuk tema personal branding by Ririn Rosaline ini, ya..

Sesi penuh tawa bersama mas Away

ANWARI NATARI
“Ibu mau dibungkus?”
Whuahahaha…, dan semua peserta pun terbahak. Bagaimana tidak, mas Away ini ternyata sangat piawai berbagi ilmu sambil membuat orang terhibur.

Mas Away mengingatkan kami para blogger untuk memperhatikan tata bahasa. Menulis santai boleh, asal jangan alay, tidak semua yang membaca blog kita adalah orang Jakarta yang sudah terbiasa dengan bahasa sehari-hari yang kita gunakan. Gunakan kalimat yang efektif dan tidak bermakna ganda, yang membuat orang menduga-duga apa arti sebenarnya dari kalimat itu.

Sebagai contoh, misalnya sebuah artikel berjudul "Polda Menembak Mati Pencuri di Toko Mas." Apakah benar Polda, yang tediri dari banyak polisi, menembak mati satu penjahat?. Perlukah mereka semua beramai-ramai melakukan hal tersebut?. Tentu saja, tidak, kan. Maka hati-hati memilih kata. Lebih tepat mengganti judul dengan "Polisi Menembak Mati Pencuri di Toko Mas."
Selain workshop, ada dua acara penting lain, yaitu tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dari Kemenkes serta blog awarding untuk dua blogger yang dianggap telah memberi kontribusi positif di dunia per-blogging-an.

CEK KESEHATAN BERSAMA KEMENKES
Ibu Kartini Rustandi selaku Direktur Kesehatan dan Olahraga dari Kementerian Kesehatan RI juga turut hadir dalam acara ini dan memberikan sambutannya di acara BloggerDay minggu lalu. Serunya lagi, beliau mengajak kami untuk melakukan gerakan senam sehat dulu sebelumnya.Selain itu ada juga tes kesehatan gratis dari tim Kemenkes RI. Berguna bangett.. saya pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta.

ibu Kartini dari Kemenkes
tes kesehatan bersama Kemenkes

PENGHARGAAN BEST BLOG VERSI BLOGGERCRONY
Sesuai dengan misinya, BloggerCrony yang lahir untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi teman-teman blogger mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking), dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (Empowering), maka selain tiga workshop di atas, pada kesempatan #BloggerdayxSoman ini pun BloggerCrony memberikan penghargaan blog atau best blog award buat Ophi Ziadah dan Amanda Ratih yang dianggap telah memberikan pengaruh positif di dunia per-blogging-an dengan terus menulis konten-konten bermanfaat bagi pembacanya.

berfoto dengan salah satu penerima blog awards, Ophi Ziadah :)


DI BALIK KESUKSESAN BLOGGERDAY 2017
Selain tim panitia dari BloggerCrony Network, kelancaran dan keberhasilan acara ini tercapai atas kerjasama BloggerCrony dan PT SoMan tentunya. Terimakasih juga kepada Sisternet, Momeira apparel, dikidi.com, dan ThinkFashion atas dukungannya.

Selain suvenir yang lain, masing-masing peserta mendapatkan produk SoMan senilai Rp 210,000. Wuihh, gak sabar mau kasih ke mama yang kebetulan punya diabetes. Kalau cocok pasti akan beli lagi untuk sekeluarga :)

duo founder minus Nisa
lima tetes SoMan di pagi hari ...

Sekitar 100 blogger berkumpul di #BloggerdayxSoMan 2017 ini
Sampai ketemu di BloggerDay 2018, yaaa....

*****

22 komentar:

  1. Acaranya seru bangat ya Mba Zata, sayang bangat saya terpaksa batalin karena harus masuk kantor. Hiksss

    Tapi setidaknya baca tulisan ini lumayan sedikit memberi gambaran keseruan acaranya, semoga tahun depan saya bisa ikutan. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Wan seru banget. Mudah2an tahun depan bisa ikutan yaaa..

      Hapus
  2. Gak sabar tunggu "personal branding" versi lengkap dari Mbak Ririn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bagus banget temanya dan bahannya banyak jadi baru draft dong, hihihi..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Wuih seru sekali dan bergizi banget ya mba zata acaranya, belum bisa ikurtan karena bentrok sama wisuda adeku kala itu...Smoga next bisa join :)

    Personal Branding itu ternyata penting banget yaa buat blogger, duh aku dikenal sebagai apa ya dimata mereka? jadi mikir haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa sayang banget ya, mudah2an tahun depan bisa ikutan yaa..

      Hapus
  5. Seruuuuuuu
    Saya menikmati sekali acara demi acara
    Materinya keren2 dan bikin pinter
    Semoga BloggerCrony makin jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru banget kaann..
      aminnnnn...

      Hapus
  6. Eh ada photo akyuuu... Makasih mba Zata sharingnya.
    Semoga ada kesempatan bs ikut acara yg sekeren ini (lagiiii)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba Ophiii, sampe ketemu lagii...

      Hapus
  7. FUNTASTIC event :))
    Sampai ketemu di HUT 3 B'Crony

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas Yos.. dateng yaaa nanti... :)

      Hapus
  8. akhirnya terlaksana juga... sama masih blom move on dari acara kemarin.. moga next lebih heboh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes benetul banget mba Yat, amiinnnn..

      Hapus
  9. Seru banget yah pasti ini mba zata, semoga tahun depan ada lagi supaya bisa ikutan, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinnn, harus ikutan yah kalo bisa Liss :)

      Hapus
  10. Waaa... senang bacanya. Terutama yang membantu teman. Harus lebih care lagi dengan postingan2 teman yang berkaitan dg branding mereka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, bener banget mba Nit, kan kapan2 kita butuh teman juga bisa berlaku sama ;p

      Hapus
  11. Aku ngikutin keseruanya dr iG

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru dan viral banget acara kemaren ituh..

      Hapus