Jumat, 07 April 2017

Kuman Makin Kuat? Ini Dia Cara Menanganinya ...


lifebuoy, children, cuci tangan, momblogger, activsilver, kuman
Seperti kedua kakaknya, si bungsu pun tak kalah aktif.

Kekhawatiran Saya Tentang Kuman yang Makin Kuat
Jujur saja, saya termasuk ibu yang sangat protektif di dalam tapi tidak terlihat dari luar. Saya membebaskan anak-anak beraktivitas sesuai dengan keinginan mereka, meski melibatkan kegiatan yang kotor sekalipun. Namun di dalam hati, saya seringkali merasa terlalu was was, memikirkan segala kemungkinan akibat aktivitas fisik ketiga anak saya yang memang sangat aktif.

Di sekolah mereka sudah ikut beragam kegiatan, dari mulai bola, taekwondo, sampai tari Saman. Saat tidak sedang bersekolah, pun, kegiatan favorit mereka ya main di luar...

Sebenarnya saya senang sekali mereka sangat aktif karena mereka sedang berada di masa pertumbuhan dan perlu punya banyak kegiatan positif, namun di sisi lain, saya cemas mereka akan mudah terpapar kuman sehingga menjadi sering sakit. Saya pribadi berusaha melindungi mereka sebisa mungkin, antara lain dengan memberi mereka nutrisi yang sehat sehingga mereka punya daya tahan tubuh yang kuat.

Namun saat ini, kuman sudah makin kuat, rasanya hampir setiap hari saya mendengar anak-anak di sekeliling saya sakit, ya batuk lah, pilek, dan lain-lain. Kecemasan saya ini ternyata sangat beralasan, saat menghadiri acara peluncuran Lifebuoy ActivSilver di Pelataran Menteng pada hari Rabu tanggal 30 Maret 2017 yang lalu saya mendapatkan banyak informasi tentang evolusi kuman ini.



Kuman Berevolusi Begitu Juga Lifebuoy
Dalam acara Launching Lifebuoy ActivSilver Formula tersebut hadir Evan Rickyanto, Senior Brand Manager Lifebuoy, PT Unilever Indonesia Tbk., DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K), serta Sissy dan Sabai Dieter, dua public figure yang juga adalah seorang mama.

Hari itu Lifebuoy, sabun kesehatan keluarga dari PT Unilever Indonesia Tbk. memperkenalkan inovasi terbaru Lifebuoy ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan tubuh dari kuman yang berevolusi menjadi semakin kuat. Inovasi terbaru ini bertujuan untuk mendukung ibu dalam menerapkan kebiasaan hidup sehat di keluarga sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi penyakit.

Menurut mas Evan, fenomena evolusi kuman membuat kuman semakin kuat sehingga meningkatkan kehawatiran para Ibu akan kesehatan keluarga. Saya setuju sekali, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, seringkali saya memang merasa cemas tentang fenomena kekuatan kuman dan akbiatnya pada lingkungan sekitar. Saat anak sakit, sama seperti kebanyakan ibu lainnya, hal yang paling ditakutkan adalah apabila anak menderita penyakit baru yang sulit untuk disembuhkan.

Lifebuoy pernah melakukan survei dan hasilnya tujuh dari sepuluh ibu setuju bahwa kuman yang kian beragam dan pertahanan tubuh yang lemah adalah penyebab anak lebih sering sakit dibandingkan ketika mereka kecil dulu. Oleh karena itu, untuk melindungi anak dari kuman penyebab penyakit, 92% ibu menerapkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat yaitu mandi teratur dan cuci tangan pakai sabun.

Para nara sumber yang hadir.

Kabar baik yang disampaikan oleh Lifebuoy adalah bahwa Lifebuoy terus berinovasi dalam rangka mendukung para ibu untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat di dalam keluarga. Inovasi yang dimaksud salah satunya adalah dengan diluncurkannya Lifebuoy ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit yang berevolusi semakin kuat.

Lalu kenapa silver?. Silver sendiri telah lama dikenal sebagai antibakteri yang efektif serta banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah penggunaan silver pada alat kesehatan yang terbukti dapat mencegah bakteri menempel hingga 99%. Demikian pula penggunaan pada salep luka dan perban yang dapat membantu mengurangi berkembangnya bakteri pada luka.

Dalam sesi bincang-bincang bersama Dr. Ariani, beliau mengatakan bahwa  kekhawatiran ibu tentang kuman yang berevolusi dengan cepat cukup beralasan. Keadaan kuman yang semakin kuat disebabkan antara lain karena kemampuan kuman beradaptasi dengan lingkungan, perilaku manusia dalam penggunaan obat-obatan khususnya antibiotik yang tidak pada tempatnya, serta tingkat populasi dan migrasi manusia yang tinggi.

Tidak hanya itu, tubuh kita menjadi lebih rentan terserang penyakit karena polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Ditambah lagi dengan kondisi kuman yang semakin agresif menyerang pertahanan tubuh, membuat penyakit menjadi semakin lama dan sulit untuk disembuhkan. Hal ini menjadikan kebiasaan hidup sehat yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan mandi dua kali sehari sangat diperlukan untuk mencegah tubuh tertular infeksi kuman penyebab penyakit. Kata dr. Ariani.


Saat sesi tanya jawab dengan Dr. Ariani dan mas Evan pun berlangsung menarik. Salah satu mama blogger yang hadir bertanya soal formula silver dalam Lifebuoy ActivSilver ini, apakah aman dipakai oleh keluarga terutama anak-anak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya oleh mas Evan bahwa silver memang sudah biasa digunakan untuk alat kesehatan karena mencegah kuman menempel hingga 99 %. Dan tentu saja Lifebuoy sudah melakukan penelitian dan uji coba yang panjang sebelum akhirnya meluncurkan produk ini.

Pertanyaan lain datang dari saya yang kebetulan sudah memiliki tiga anak dengan usia yang jauh berbeda, yang pertama sudah duduk di kelas dua sekolah menengah pertama, yang kedua di kelas enam sekolah dasar dan yang bungsu masih di TK. Saya bertanya pada Dr. Ariani juga mas Evan mengenai tips untuk 'memaksa' anak laki-laki saya yang sudah SMP agar rajin cuci tangan.

Si bungsu tidak masalah soal cuci tangan karena ia masih kecil dan masih menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, namun si sulung justru sebaliknya, ia berada di sekolah dari jam 6 pagi hingga jam 4 sore sehingga saya sulit mengontrol kebiasaannya dalam mencuci tangan. Seringkali saya tahu bahwa ia malas mencuci tangan dengan beragam alasan, sekolahnya luas dan letak washtafel cukup jauh dari kelasnya, belum lagi sabun cuci tangan yang dicampur banyak air sehingga tidak membuat ia merasa bersih selesai mencuci tangan. Saat diminta membawa sabun cuci tangan sendiri atau pun hand sanitizer saja, ia menolak, ribet, katanya. Duhh, nggak tahu apa kalau mamanya selalu was-was memikirkan soal kebersihan dan kesehatan dia 😔

berfoto di photobooth di sela-sela acara

Jawaban Dr. Ariani sangat masuk akal. Beliau mengatakan bahwa untuk anak seumuran si abang, sudah tidak pas untuk dimarahi atau diingatkan terus menerus. Dr. Ariani menyarankan saya untuk bicara serius dengan abang dan menyampaikan fakta-fakta mengenai pentingnya mencuci tangan dengan benar. Saat ia sadar bahwa ia menghadapi risiko penyakit jika tidak rajin mencuci tangan, maka ia dengan sendirinya akan mulai membiasakan diri untuk mencuci tangan, tanpa disuruh sekali pun.

Menariknya lagi, di acara ini saya baru tahu bedanya sabun dan hand sanitizer. Sebelumnya saya pikir dua benda ini punya fungsi sama sehingga saya sering membekali anak-anak dengan hand sanitizer just ini case di tempat yang mereka tuju tidak ada air dan sabun cuci tangan.

Ternyata menurut Dr. Ariani hand sanitizer hanya dipakai untuk tangan yang bersih, misalnya saat kita hendak makan dan malas ke wahtafel. Nyatanya, karena ketidaktahuan saya, abang habis main bola dan tangannya kotor pun saya suruh bersihkan dengan hand sanitizer, hehehe.., kurang efektif ternyata.

Tak terasa hari sudah makin malam, sudah kenyang dengan makanan enak yang disediakan oleh Pelataran Menteng, kenyang pulang dengan ilmu dari para narasumber, eh pas pulang dapat dua goodie bags yang isinya bikin senyam senyum, maklum mama-mama, suka banget kalau dapat sesuatu yang berguna bagi keluarga, alhamdulillah...



Terimakasih The Urban Mama dan Lifebuoy!
********

24 komentar:

  1. Duh itu si meongnya ikut aksis ya.. hehe
    Memang ngilangin kuman nih. Sampe sekarang juga aku mash pake lifebuoy. Untuk yang mandi sukanya pake yang cair, entah kenapa rasanya jadi seger gitu dan badan terasa terbilas gitu.he

    Seneng ya bisa di acara gitu, bisa tanya jawab ke dkternya langsung..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas lifebuoy emang legend banget, kayanya semua org pake deh, hehehe..

      Hapus
  2. Alhamdulillah kami masih "mendewakan" kebiasaan mencuci tangan jika dari luar rumah, sebelum makan, dan setelah pegang- pegang mainan, pakai sabun cuci tangan Lifebuoy juga lho. Kuman memang semakin berkembang, harus siap siaga juga jaga kebersihan.

    BalasHapus
  3. Aku kalau dari luar rumah pasti cuci tangan sebelum megang anak, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama mbak, apalagi kalo abis naik kendaraan umum atau habis dari pasar..

      Hapus
  4. Asal penyakit sbnrny dr tangan y mba,,Krn perantara makanan msk k dlm lwt tangan ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya salah satunya dari sana makanya harus banget yah rajin cuci tangan :)

      Hapus
  5. Ya ampun.. Ini kucing pun bebas kuman nih doyan sm lifebuoy yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah, emang mba, dia juga dipakein sedikit sabun cair sama anak2 kalo lagi mandi, hihihi.. udah familiar kali sama baunya ;p

      Hapus
  6. Wah cocok ini bagi pekerja yang setiap hari megang komputer, main keyboard dan bisa-bisa kena trigger finger bisa pakai lifebuoy nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya bener tuh Re.. apalagi komputer kantor yang kadang dipakai sama2 ya :(

      Hapus
  7. waduh ini kelemahan saya kalau masalah cuci tangan, biasanya g pernah pakai sabun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi cowok kadang suka gitu ya mas, kayak anak saya tuh ;p

      Hapus
  8. Aku juga pakai sabun Lifebuoy mba dari dulu emang beneran bagus!

    BalasHapus
  9. Mba Zataaaa, seneng deh akhirnya jumpa hehe. Iya mba seru yah acara kemarin, jadi banyak tau :)

    dan banyak kenalan baru juga, tentunya ga lupa laaaaaaf banget sama goodiebag nya. Super cihuy

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss bener, seneng banget deh ketemu di acara Lifebuoy yah kita.. dan laff bgt juga sama gudibek super banyaknya #eh

      Hapus
  10. Kuman itu emang nyebelin! Jadi kita harus lebih pinter dari kuman dengan pake sabun yg bisa melawan kuman yg lebih kuat kayak lifebuoy ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt San, makanya perlu banget sabun yang lebih kuat dari si kuman ya..

      Hapus
  11. lifebuoy emang jaminan mutu.. cuci tangan... hadeuh seringnya cuman cuci tangan pake air :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi..kadang kalo males suka gitu ya mba Yat..

      Hapus
  12. Aku juga pakai Lifebouy di rumah utk cuci tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss dong mba :) aku pake untuk cuci tangan dan mandi juga..

      Hapus