Sabtu, 10 Juni 2017

Back To School Tips ..



Kaka sudah selesai UN, abang baru saja selesai UKK, si bungsu Sabil tinggal menunggu perpisahan di Taman Kanak-kanaknya. Pfiuhhh..sudah saatnya bersiap untuk tahun ajaran baru, nih, terutama Sabil yang baru akan masuk ke Sekolah Dasar.

Biasanya setiap tahun ajaran baru akan mulai, jauh-jauh hari saya dan anak-anak sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari beberes barang-barang lama yang masih bisa dipakai kembali, membeli perlengkapan sekolah baru, menyampul buku, sampai melabeli peralatan sekolah agar tidak tertukar. 

Berikut beberapa hal yang selalu kami lakukan menjelang tahun ajaran baru ..

MEMBERESKAN PERALATAN SEKOLAH LAMA
Ini artinya saya dan anak-anak sama-sama memilah, mana peralatan sekolah yang masih bisa dipakai untuk tahun ajaran baru, mana yang sudah kurang disukai namun bagus dan bisa disumbangkan, dan mana yang sudah terlalu jelek dan perlu dibuang.

MEMBELI PERALATAN SEKOLAH BARU
Setelah jelas mana yang masih bisa dipakai, kami pun menentukan apa saja yang harus dibeli. Biasanya peralatan lama yang selalu bisa dipakai adalah pensil warna, krayon, penggaris, pulpen serta pensil, meski pun pada prakteknya kami tetap membeli beberapa pensil dan pulpen baru lagi.

Peralatan baru yang dibeli biasanya adalah buku tulis, buku gambar, penghapus, tas sekolah sampai seragam baru.

MEMBERI NAMA SEMUA PERALATAN SEKOLAH
Hal lain yang juga saya lakukan adalah memberi nama dan tag pada perlengkapan sekolah anak-anak terutama si bungsu. Untuk abang dan kaka, mereka hanya minta tempat minumnya diberi label nama, sedangkan untuk barang lain tidak perlu. Mengapa? karena beberapa kali tempat minum mereka hilang di sekolah atau tertukar, terutama saat mereka membawa tempat minum dengan merek tertentu yang hampir semua teman sekelasnya juga punya.

Khusus untuk si bungsu, karena tahun ini adalah tahun pertama ia masuk ke sekolah dasar, saya pun melabeli semua barang miliknya, dari mulai buku, tempat pensil, tempat minum, sampai tas miliknya agar tidak hilang atau pun tertukar. Pernah suatu kali abang pulang dengan membawa buku cetak milik temannya sehingga ia punya dua buku cetak yang sama, atau kakak yang hampir setiap hari harus membawa pensil baru karena pensil miliknya selalu hilang, duh..

Label nama ditempel di tempat makan, tempat minum, tempat pensil, dll.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada si bungsu, jadilah saya menempelkan label nama ke seluruh barang miliknya. Sabil pun justru senang dan ikut menempelkan label nama ke semua barang miliknya. Ia sangat menyukai label nama yang dipilihnya sendiri, dari mulai font, warna, sampai gambar yang tertera di label tersebut.

Meski cuma label, namun saya tidak mau sembarangan memilih, sehingga sebelum memutuskan untuk memesan dan membeli, saya pun browsing terlebih dulu dan akhirnya menemukan tempat memesan label yang lucu dan aman di Bright Star Kids.

Kenapa memesan label di Bright Star Kids?
  • Disainnya lucu-lucu, saya saja suka dan ikut memesan bag tag sekalian :)
  • Boleh membuat sesuai selera. Sabil memilih sendiri warna, font, serta gambarnya.
  • Bahannya waterproof sehingga awet apalagi untuk barang milik anak-anak.
  • Selain label, banyak pilihan barang lainnya seperti stationary, wall art, dll.
Spidol adalah salah satu barang yang paling sering hilang, nyelip, dan gak lengkap, makanya harus dinamain, hihihi..

Lalu barang-barang apa saja yang perlu dan bisa diberi label?. Sabil sendiri memutuskan untuk melabeli barang-barang miliknya, mulai dari kotak spidol, tempat makan dan minum, buku-buku, sampai tas sekolahnya :).

Yuk, mama, stop lost belongings dengan memakai label nama pada perlengkapan sekolah anak-anak kita...


*****

RELATED ARTICLE - Back To School Preparation

32 komentar:

  1. asli lucu - lucu bangeeet mba desainnya :). DI sini kita baru akan menikmati summer break yang lumayan lamaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mba Insav, lucu2 yaa. Waaa summer break, have fun, yaaa...

      Hapus
  2. terimaksih tipsnya mbak .... boleh juga diterapkan ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga berguna, yaa..

      Hapus
  3. kiran tadi spidolnya emang brandnya Sabil ternyata name sticker. hahaha kereen,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya spidolnya bisa pesen pake nama di Bright Star Kids itu Shin...

      Hapus
  4. Xixixi pinjem dong tante gita bil?
    Jadi rapi and tertata ya mba zata. Mana yang masih dapat difungsikan atau sebaliknya. Anak2 akan lebih semangat juga ya dengan warna- warna yang terang dan stiker2 yang lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba Git, selain jadi rapih, gak gampang hilang juga :)

      Hapus
  5. Kereennn.. Jadi semangat pasti anak2 kasih label nama di peralatan skolahnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul mba, dia jadi semangat :D

      Hapus
  6. Si bungsu magh hambuuur kalau ada yang keren2 keq gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahha iya bun, begitu dehhh.. :)

      Hapus
  7. Ini kalau untuk anak kuliah cocok banget, buat mengusir galau dan menyibukan diri dari waktu kosong

    BalasHapus
  8. Ya allah jadi kangen sekolah :(
    Karena sering ilang dulu waktu masih sekolah aku juga ngelabelin sendiri alat tulis kepunyaanku. Labelnya bikin sendiri terus minta mama yang ngeprint akhirnya aku punya label deh. Jadi setiap ada gambar sapi di perlengakapan sekolahku, berarti itu kepunyaanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha sama dong, aku juga bikin sendiri dulu, tulis tangan pake pulpen, trus digunting kecil1 dan dilapisin selotip bening :)

      Hapus
  9. Aku pernah labelin mba tapi dipeletekin lagi ama Babam semua.. pesen yg patternnya biasa aja bisa kali yah hahaha. Sebelumnya memang karakter gtu.asik nih bisa desain sesuai keinginan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa macem2 kok pesennya, lihat langsung aja di website mereka di www.brightstarkids.sg :) bisa customize ..

      Hapus
  10. Pengen beli neh buat ade dan Chantika yang bentar lagi masuk ajaran baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh iya cocok pasti buat ade dan Chantika mba Lis :)

      Hapus
  11. waaaaa serunya punya tiga jagoan. kalo aku, waktu kecil, seneng banget hunting buku tulis dan stasionary ke toko2 buku atau ke pusat glosir alat tulis ditemenin nyokap sama kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh sama banget mas, aku pun waktu masih kecil stationary hoarder heheheh...

      Hapus
  12. Sampe stikernya cukup untuk dipasang di stiker dan kece banget. Aku mba yang suka kasih label ke barang2 Naeema. Bahkan barangku yg biasa aku bawa suka aku labeli nama Naeema.....menandakan itu punya aku hahahaha.

    Intip bright star kid ah, kebetulan label nama Naeema sudah mau habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahha aku pun begitu Des, ibuk2 banget yaa.. abis label nama anak2 sekarang lucu2 banget, sukaaa..

      Hapus
  13. oooh gituuuu... keren beneran ternyata. Hahaha.. btw, mau pesen online dari luar gitu gimana sih, belum pernah eui... males ngurusin cukai dan pengirimannya kalau mesti ambil ke kantor pos gitu.. bisa kirim langsung ke rumah kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bisa langsung deh Shin, tar gw cek dulu..

      Hapus
  14. Jadi makin keren dilabeli seperti itu.
    Udah gitu jadi aman dan nggak gampang tertukar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul mas Rudi, biar gak gampang ketuker apalagi hilang..

      Hapus
  15. wah biasanya ngasih label manual. kalau ada yang keren kayak gini mending pilih ini deh. tengkyu sharingnya mbak. mau coba juga

    BalasHapus
  16. iya, paling suka ngasih label :) Gak jaminan sih gak ilang :)))) *pengalaman di kantor*, tapi bikin semangat si kecil ya dalam menata peralatannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya gak jaminan mba Ria, tapi minimal ngurangin lah yaa...

      Hapus