Sabtu, 03 Juni 2017

Berburu dan Berbagi Resep Masakan Keju Sambil Donasi?, ya cuma di #BerbagiKreasiKRAFT dong...




CURHATAN IBU YANG TIDAK PANDAI MASAK
Anak-anak saya suka sekali makan keju, tapi.......saya nggak pinter masak dan nggak kreatif menciptakan resep, apalagi yang ada kejunya 😔😔. Kadang anak-anak minta dibuatkan makanan yang berbahan dasar keju dan saya pun hanya bisa membuatkan mereka satu resep yang kebetulan memang favorit mereka, yaitu 'no bake cheesecake'.

Tapi ya cuma satu itu saja andalan saya. Masa, sih, stok keju yang ada di rumah cuma diparut lagi diparut lagi, ngga banget kan?? #sigh.

Kebetulan sekali, sekitar dua minggu yang lalu, saya mendapat informasi tentang www.bundakraft.com dan  langsung, dong, meluncur ke sana. Wiihh, ternyata itu 'surga' banget buat saya, hihihi, puas banget melihat banyak resep makanan dari mulai camilan, makanan berat, sampai dessert yang bahannya dari keju.

Langsung, deh, saya pamer ke anak-anak kalau sekarang saya bisa membuatkan mereka beragam masakan keju, mulai dari nasi rempah KRAFT, bola-bola rendang KRAFT, sampai es keju pelangi yang segerrrr banget itu.

TENTANG #BerbagiKreasiKRAFT
Saat membuka website tersebut saya jadi tahu bahwa sedang ada program Resep Kreasi Bunda untuk mendukung program #BerbagiKreasiKRAFT ke 5000 anak yang membutuhkan. Jika ingin berkontribusi, kita hanya perlu mengupload resep makanan berbahan keju Kraft.

Wah, saya pun nggak mau ketinggalan. Meski kurang pandai memasak, seperti yang saya ceritakan di atas, saya tetap punya resep berbahan keju juga, kok, yang mudah dibuat dan memang camilan favoritnya anak-anak juga, yaitu 'no bake cheesecake', yummm..


Ini dia resep berbahan keju Kraft yang saya upload di www.bundakraft.com

Bahan-bahan 'no bake cheesecake' ini pun sangat mudah didapat, di supermarket dan di toko-toko lainnya, cara membuatnya apalagi, mudah sekali. Mau tahu cara membuatnya? langsung aja lihat resep yang sudah saya upload di sini, yaaa...

Karena mengupload resep tersebut, saya pun berkesempatan hadir di acara buka puasa bersama yang diadakan oleh Kraft pada tanggal 30 Mei 2017 lalu di Veranda Hotel. Dalam kesempatan tersebut hadir Presiden Direktur Mondelez Indonesia, Sachin Prasad, dan Senior Brand Manager Meals, Mondelez Indonesia, ibu Putri Happy, serta penulis blog Justtryandtaste.com, mba Endang.

update: Total porsi makanan yang terkumpul sampai dengan tanggal 6 Juni 2017

EVENT #BerbagiKreasiKRAFT 30 Mei 2017
Apa latar belakang program #BerbagiKreasiKRAFT ini?. Bulan Ramadan adalah saat yang spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan salah satu hal yang membuat suasana bulan puasa makin berkesan adalah saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga dengan masakan yang biasanya dibuatkan khusus oleh ibu. Namun, tidak semua beruntung dan merasakan hal yang sama, banyak anak-anak dalam hal ini anak panti asuhan yang tidak bisa merasakannya.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Mondelez Indonesia melalui Keju KRAFT menjalankan sebuah kegiatan bernama #BerbagiKreasiKRAFT yang mengajak masyarakat terutama para ibu untuk berbagi inspirasi masakan berbahan dasar keju. Caranya dengan mengirimkan resep kreasi mereka yang menggunakan bahan dasar keju KRAFT ke www.bundakraft.com.

Di sebelah kiri saya mba Endang, ibu Happy, dan pak Sachin Prasad.

Dari resep yang terkirim, keju KRAFT akan mengubah setiap satu resep dengan sepuluh hidangan berbuka puasa ala keju KRAFT yang diperuntukan bagi anak-anak panti asuhan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Oleh karena itu ibu Putri Happy mengajak masyarakat terutama para ibu untuk lebih aktif mengupload resep keju kreasi mereka ke www.bundakraft.com agar di bulan yang baik ini makin banyak hidangan nikmat yang bisa kita bagi kepada anak-anak panti asuhan di Jabodetabek.

Pak Sachin Prasad menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Mondelez Indonesia untuk tumbuh dan berbagi kebaikan dengan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan memperhatikan kesejahteraan anak-anak panti asuhan.

PRAKTEK MEMBUAT ES KEJU PELANGI
Dalam acara tersebut, saya juga bisa mempraktekan secara langsung cara membuat es keju pelangi yang dipandu oleh mba Endang. Saya dan beberapa teman blogger pun diajak ikut lomba membuat es pelangi ini semirip mungkin dengan yang dibuat oleh mba Endang. Seru!

Saya dan mas Arie sedang membuat resep minuman es keju pelangi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Keju Pelangi ini adalah:
  • Buah anggur
  • Buah nanas
  • buah melon
  • Buah Strawberry
  • Buah Apel
  • Buah naga
  • Kelapa muda (air dan daging buah)
  • Sirup vanilla
  • Susu kental manis
  • Keju cheddar KRAFT yang sudah diparut
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:
  1. Bersihkan semua buah-buahannya, potong dadu.
  2. Keruk melon dan kelapa muda
  3. Campur air kelapa muda, sirup vanilla, susu kental manis, dan juga keju KRAFT, lalu blender hingga halus.
  4. Susun es batu dan semua buah di dalam gelas atau mangkuk bening, lalu tuang kuahnya.
  5. Tambahkan sedikit parutan keju untuk garnish.
Ini dia hasi jadi Es Keju Pelangi a la KRAFT.

KEGUNAAN TIGA JENIS KEJU KRAFT
Eh..eh, satu lagi, dari acara ini pula saya tahu tentang kegunaan jenis-jenis keju KRAFT, lho!. Norak, ya, hihihi. Kan, saya sudah bilang tadi kalau saya nggak pinter masak, makanya soal keju pun saya kurang tahu. Biasanya kalau bikin makanan yang berbahan dasar keju, ya saya pakai keju yang tersedia di dapur saja, tapi setelah tahu bahwa kegunaannya berbeda-beda, berikutnya pasti saya akan memilih sesuai kebutuhan.

Buat mama-mama di luar sana yang seperti saya, yang kurang bisa membedakan kegunaan jenis keju KRAFT, ini dia contekannya yaa...

Keju KRAFT Cheddar
Keju olahan siap saji yang lebih terasa kejunya. Ciri dan spesifikasi keju KRAFT Cheddar adalah berwarna kuning, hasil parutan lebih kuning, hasil panggangan kuning keemasan, dan lebih terasa kejunya.



Keju KRAFT Quick Melt
Tekstur lembut dan mudah meleleh ketika dipanaskan. Rasanya gurih seperti butter dan berwarna kuning tua.
Keju ini biasanya dipakai untuk makanan yang dipanggang, misalnya topping makanan panggang cepat saji. Bisa juga untuk makanan yang digoreng dan dikukus. Aplikasi lainnya adalah untuk dibuat saus.


Keju KRAFT Singles
Keju lembaran siap saji yang melengkapi resep makanan atau camilan. Ciri dan spesifikasi keju KRAFT Singles adalah memiliki kandungan kalsium yang tinggi dengan rasa dan aroma khas keju KRAFT.

Warnanya kuning muda cerah dengan tekstur halus dan lembut serta lembaran yang fleksibel.

Nah, mama, yuk ah ikutan berbagi dan berdonasi dengan mengirimkan resep masakan berbahan keju kreasi mama ke www.bundakraft.com!. Makin banyak mama kirim resep kreasi KRAFT, makin banyak makanan nikmat yang bisa kita bagi untuk anak-anak yang membutuhkan. 👧

**********

38 komentar:

  1. Keju KRAFT ini andalan keluarga kami sejak dulu. Rasanya enak. Sulthan bisa makan 5 lapis sendiri hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa toss dong mba Hay, kami skluarga juga dari dulu ini2 aja kejunya, gak ganti2 ;p

      Hapus
  2. Balasan
    1. iya unik, tapi rasanya enak kok mba, segerrr..

      Hapus
  3. KRAFT Quick Melt itu favorit anak2 gue Ta, biasanya aku gulung pake roti tawar, trus masukin oven... jadilah cheezy bites ala ala xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiii sama dong kita mba Ti.. eh iya idenya asik juga tuh, simple cheese bites yak mba hihihi

      Hapus
  4. Kraft Cheddar & Kraft singles favorit orang rumah juga niyy. Saya pun sebagai ibu yang kurang pandai memasak, heheheh biasanya paling suka dan simple bikin cemilan pisang keju bakar favoritnya si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulll mba evi, milihnya yang simpel2 aja ya.. Untung ada #BerbagiKreasiKRAFT ini, jd dpt inspirasi baru..

      Hapus
  5. Seger bgt es keju pelanginya...
    Pgn ikutan programnya ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ikutan aja, lumayan bisa bantu 10 anak :)

      Hapus
  6. Duh, baca ini di jam kritis puasa malah ngiler, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bacanya jangan siang2 kalo gitu mba, hihihi...

      Hapus
  7. Kalau saya, Mbak ... yang namanya keju, bisa saya cemilin begitu saja. Begitu saja enak, apalagi kalau dicampur dalam makanan ...... yummy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang aku juga suka nyemilin keju kalo mba, apalagi pas lagi diet, jadi gak nymil yg lain lg hehehe..

      Hapus
  8. Nyaaammm, ya ampuuun mupeng banget iniiii
    kindly visit my blog: --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah wajar banget sih mba kalo mupeng ;p

      Hapus
  9. kreatif, es keju pelangi juga tampak menggugah selera. pasti nikmat utk menemani berbuka puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. segerrrr banget mba, benerann.. cobain deh..

      Hapus
  10. Sama mba, aku dan anak2 juga penyuka keju bangetttttt, tp akunya ga pinter masak gitu :p. Kdg2 msh hrs nyari resep sendiri yg berbahan keju.. Itu resep no baked cheesecake mu mau aku cobaaaaaa :D. Itu udh kebayang enak bgt kayaknyaaa.. Utk buka puasa :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu enak pake bangetttt, kalo gak inget lagi diet aku bisa abis seloyang sendiri mba, hihihiii..

      Hapus
  11. Keren banget tuh programnya.
    Semoga craft bisa terus berbagi dengan anak-anak panti asuhan. Amin..

    Btw es kejunya bikin ngiler.

    BalasHapus
  12. bagus mbak memotivasi sekali ini, semoga craf juga bisa makin berkembang kedepanya

    BalasHapus
  13. aku suka keju craff buat pizza sendiri dirumah hhmm yamiii , enak pakek craff

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul mas, keju kraft enak banget buat topping homemade pizza..

      Hapus
  14. keju pelanginya hhmm bikin ngiler,,jadi ingin buat pakek craf nii

    BalasHapus
  15. Aku dulu doyan banget sama Keju sampe eneg sekarang malah ga terlalu paling beli kraft buat bikin Jasuke >> jagung susu keju :D selebihnya jarang bikin kue juga hahaha
    btw itu es pelanginya enak yah mau cobain ah sapa tau pada suka yg dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi jasuke, kayaknya enak dan gampang bikinnya ya :)

      Hapus
  16. Wah ada Mba Endang. Kak Zatta dan Mba Endang emang sama kerennya deh, haha... Asyik Kak disuruh racik minuman langsung juga. Walau senang masak, saya pun baru tau bedanya 3 variant Kraft, haha... Taunya cuma modelnya aja sih.

    BalasHapus
  17. enak banget kanyaknya tuh apalagi kalo buat buka puasa

    BalasHapus
  18. Entah karena bawaan gi puasa atu mang karena penyuka segala jenis makanan, koq jd ngeces banjir yak..*eh :))

    Resep2nya contekable pake banget keknya nih.
    So, pasti nyonteknya dapet ijin..:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt mba, resepnya slain mudah ditiru, gampang2 dan bahan2nya mudah ditemuin yaa...

      Hapus
  19. ngeliat keju kraft nya jadi ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk bikin apa kek gitu mas pake keju hehehe..

      Hapus