Senin, 12 Juni 2017

Jalan-jalan ke K-Link Ramadhan Festival


Hari Selasa minggu lalu, tepatnya tanggal 6 Juni 2017, saya bersama beberapa teman blogger berkesempatan jalan-jalan ke K-Link Tower yang berlokasi di jalan Gatot Subroto, Jakarta. Ini pengalaman pertama saya main-main di sana. Seru juga, sambil ngabuburit bisa cuci mata di bazaar dan belajar masak. Eh, ternyata ada seminarnya juga, lho. Lengkap.

BAZAAR DAN DEMO MASAK
Selesai melihat-lihat barang-barang yang dijual di bazaar #klinkramadhanfestival, saya langsung menonton demo masak yang diadakan di lokasi yang sama. Yummm, enak-enak banget menu yang sedang dibuat oleh chef Ria.

Semua menu yang dibuat cukup sederhana, dengan bahan-bahan yang mudah didapat termasuk beberapa bahan andalan dari K-Link yaitu madu dan olive oil.

Ini dia hasil belajar masak bersama chef Ria. Yummm..

olive oil ini langsung masuk wish list saya :)

K-LINK BUILDING TOUR
Selesai melihat-lihat bazaar dan dapat ilmu di demo masak. Kami diajak berkeliling oleh bapak Herman Oscar, salah seorang Area Manager K-Link.

Kami mengunjungi banyak ruangan penting di gedung ini, antara lain K-mart di mana pengunjung bisa langsung berbelanja di swalayan milik K-Link ini. Suasanyanya terang, nyaman, dan bersih.

Di roof top, kami bisa melihat kantin dan tempat meeting serta tempat bersantai yang nyaman. Biasanya setiap hari Rabu ada makanan dan minuman gratis di sana bertepatan dengan acara BOP. Jadi kapan-kapan mampir ke sini di hari Rabu, langsung aja naik ke sini, ya :)

Di K-Link kita juga bisa konsultasi produk dengan dokter, lho, kata pak Oscar.
Berfoto di depan hand of fame :)
Ada salonnya jugaaaa.., asikkk...
Roof top, tempat santai, makan, ngemil, dll.

BERSYARIAH BERSAMA K-LINK
Sebelumnya, jujur saja saya agak gerah kalau mendengar kata MLM. Maaf ya, ini hanya karena saya punya beberapa pengalaman yang kurang enak soal bisnis MLM ini. Maka, saat K-Link mengadakan acara #KLinkRamadhanFestival saya hanya tertarik dengan acara bazaar serta demo masaknya. Ternyata di acara tersebut juga ada seminar berjudul "Bersyariah Bersama K-LINK."

Hmmm, penasaran juga saya, apalagi sebelumnya saya sudah berkeliling gedung K-Link, menikmati suasana yang nyaman dan homy serta ngobrol dengan beberapa orang yang semuanya ramah dan welcome. Okay, i will give it a try...

Dalam bincang-bincang tersebut, anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) bapak M Sofwan Jauhari menjelaskan tentang mengapa K-Link adalah bisnis yang sesuai dengan syariah. Dato MD. Radzi Saleh selaku Presiden Direktur K-Link Indonesia juga banyak berbagi informasi mengenai hal ini.

Islam dikenal sebagai agama samawi yaitu agama yang diturunkan Allah SWT kepada manusia. Islam adalah the way of life, yang tidak hanya mengatur masalah ritual atau hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan saja, namun Islam juga mengatur semua sisi kehidupan manusia, termasuk masalah yang menyangkut sosial, politik, budaya, bahkan soal bisnis.

Oleh karena itu seorang muslim semua kegiatan hidupnya diatur dan dikendalikan oleh syariah. Mulai dari sikap, ucapan, termasuk berbisnis harus sesuai dengan syariah.

Untuk menjaga bisnis K-Link tetap sesuai syariah, tentu saja ada peran ulama di dalamnya. Setiap lembaga bisnis yang mengumumkan sebagai lembaga bisnis syariah harus dikawal dan didampingi oleh ulama yang ahli dalam bidang bisnis syariah. Lembaga bisnis syariah akan mendapat sertifikat syariah dari DSN MUI.

Bisnis syariah sendiri mulai diformalkan di Indonesia pada tahun 1990-an dengan berdirinya Bank Syariah yang disetujui oleh pemerintah. Dari Bank Syariah kemudian bisnis syariah di Indonesia berkembang dengan lahirnya industri keuangan non bank seperti asuransi syariah, gadai syariah, dan seterusnya.



Selesai menghadiri acara ini saya jadi paham tentang perbedaan MLM pada umumnya yang kebanyakan berupa money game, dan MLM syariah yang semua kegiatan berbisnisnya harus sesuai dengan syariah.

*****

10 komentar:

  1. Waaah, K-Link memang oke bangeeeet... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun baru tahu pas datang ke sana mas..

      Hapus
  2. Bersyariah Bersama K-LINK, hebat benar. Jadi ingin tahu lebih banyak nih. Saya tertarik banget.Saya juga punya pengalaman buruk saat ikut MLM, rugi, rugi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, memang harus cari tahu biar gak salah :)

      Hapus
  3. K-LINK juga ada EVOO, ya. Aku suka banget pakai EVOO.

    BalasHapus
  4. Asyik banget acaranya ya mba. Aku baru tahu tentang K-LINK ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Lis, aku pun baru tahu detail pas hadir di acara ini hehehe..

      Hapus
  5. Wah baru tau kalo K-Link punya produk olive oil juga :)

    BalasHapus