Selasa, 06 Juni 2017

Kiat Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi



PERTAMA KALINYA INDONESIA MEMPERINGATI HARI KESEHATAN MENSTRUASI SEDUNIA
Saya mendengar kabar gembira ini saat menghadiri acara temu media mengenai Hari Kesehatan (dan Kebersihan) Menstruasi Sedunia di Penang Bistro, Oakwood Kuningan, tanggal 31 Mei 2017 lalu, bahwa Indonesia, untuk pertama kalinya, ikut memperingati Menstrual Hygiene Day atau Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia.

Hari Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi diperingati oleh dunia setiap tanggal 28 Mei. 28 melambangkan jumlah hari siklus menstruasi wanita pada umumnya.

Lalu apa pentingnya, sih, merayakan Hari Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi Sedunia?, toh semua orang sudah tahu apa itu menstruasi, semua orang sudah tahu tentang menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi. Eitsss..., siapa bilang?. Saya contohnya.

Saat saya mengalami menstruasi untuk pertama kalinya, saya benar-benar buta tentang hal ini. Saya bahkan merasa terlalu takut, dan malu untuk bilang pada mama. Efeknya cukup buruk, saya bahkan sempat merasa jijik pada diri sendiri. Alhasil, saya tidak mau hal tersebut terjadi pada anak perempuan saya, kaka. Sehingga, bahkan dua tahun sebelum kaka menstruasi saya sudah sibuk browsing sana-sini, mengumpulkan bahan tentang persiapan menghadapi menstruasi pertama yang bisa saya berikan pada kaka saat dia mengalami menstruasi.

Faktanya pula, hanya 63% murid perempuan di Indonesia yang mengerti soal manajemen kebersihan menstruasi, sisanya tidak mengerti apa yang harus dilakukan (Riset Burnet Institute tahun 2015 terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia).

Suasana Temu Media dan Bloggers dalam Peringatan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia tanggal 31 Mei lalu.

Bukan hanya itu, masih banyak mitos-mitos yang menyesatkan yang dipercayai oleh banyak orang terutama perempuan, misalnya tidak boleh berolahraga saat sedang menstruasi, tidak boleh keramas, ada makanan-makanan tertentu yang harus dihindari, dan lain sebagainya.

Maka saat dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyatakan bahwa mulai tahun 2017 ini Indonesia memperingati Hari Kesehatan Menstruasi Sedunia serta memberi paparan yang lengkap mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), saya merasa sangat senang dan ingin berbagi cerita dan informasi tentang hal ini.

APA ITU MENSTRUASI ?
Menstruasi atau haid adalah proses terlepasnya lapisan fungsional endometrium akibat perubahan hormonal siklik yang terjadi setiap 28 hari dan biasanya berlangsung selama kurang lebih 7 hari.

Normalnya menstruasi terjadi satu kali dalam satu bulan, dengan interval 21-35 hari serta lamanya 3-7 hari. Sebaiknya saat sedang menstruasi kita mengganti pembalut 3 hingga 4x sehari.


Dalam kesempatan yang sama, dr. Botefilia, SpOG KFER yang berbagi informasi mengenai menstruasi juga bicara tentang Perdarahan Uterus Abnormal (PUA). PUA adalah kondisi di mana perdarahan menstruasi abnormal berat dan berkepanjangan.

Gejalanya adalah darah menstruasi yang keluar lebih dari 80 ml serta lamanya menstruasi lebih dari 8 hari. Kram dan nyeri di perut bagian bawah serta kelelahan juga merupakan ciri-cirinya.

Penyebabnya antara lain karena kelainan saluran reproduksi, komplikasi kehamilan, penyakit sistemik atau faktor iatrogenik. Jika hal ini terjadi, segera hubungi dokter

BELAJAR SOAL MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI (MKM)
"Situasi yang ideal bagi perempuan yang sedang menstruasi adalah, mereka harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga" - sumber: Program Pemantauan Bersama antara WHO/UNICEF.

Ada beberapa alasan mengapa kita, termasuk anak laki-laki, perlu belajar mengenai MKM, antara lain:
  • Banyak anak perempuan tidak paham sepenuhnya bahwa menstruasi adalah proses biologis normal.
  • Kurangnya akses untuk memperoleh bahan sanitasi.
  • Perempuan dan anak perempuan seringkali tidak dilibatkan ketika membuat keputusan tentang air, sanitasi, dan fasilitas kebersihan.
  • Berdampak bagi meningkatnya pengetahuan tentang kesehatan sistem reproduksi manusia.
  • Meningkatnya keterampilan pola pengasuhan orang tua, dan mendorong kesetaraan gender.
Perubahan ketika pubertas

KIAT MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI
Dari keseluruhan acara tersebut ada beberapa tips yang saya dapat dari para pembicara, baik dari dr. Eni, dr. Botefilia, mau pun dari mas Adi Prabowo, Manager Consumer Health, Mundipharma Indonesia.

1. GANTI PEMBALUT BEBERAPA JAM SEKALI
Ganti pembalut sesering mungkin, sekitar 4 kali sehari agar selalu bersih, nyaman, dan kering. Jangan mengganti pembalut dalam jarak yang terlalu lama untuk menghindari daerah kewanitaan menjadi lembab dan mudah terinfeksi bakteri.

2. LUPAKAN PANTY PERFUME
Hindari pemakaian pembalut dan panty liners yang mengandung pewangi berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan area kewanitaan kita.

3. GUNAKAN UNDERWEAR KATUN
Saat sedang menstruasi gunakan celana dalam dari bahan katun. Hindari celana yang terlalu ketat atau pun yang berbahan tidak nyaman.

4. PERIKSA KE GINEKOLOGI MINIMAL SETAHUN SEKALI
Menutut dr. Botefilia, sebaiknya minimal setahun satu kali kita harus mengunjungi dokter ginekologi untuk memeriksa kesehatan kita.

5. JAGA KEBERSIHAN & KESEHATAN AREA KEWANITAAN
Menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan kita sangat penting terutama saat sedang menstruasi. Risiko infeksi area kewanitaan meningkat pada saat menstruasi. Area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya dapat memicu ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan dan menyebabkan infeksi.

Di Indonesia banyak ditemukan kasus infeksi pada area kewanitaan seperti keputihan, gatal-gatal, perih, dan sebagainya
  • Membasuh area intim dari depan ke belakang.
  • Mengeringkan area intim setelah buang air.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah ganti pembalut.
  • Menggunakan pembersih antiseptik kewanitaan seperti BETADINE feminine hygiene.
Oh ya, ada video menarik nih tentang awareness MKM. Yuk, tonton sama-sama dan ikut menyebarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi :)


********

RELATED ARTICLE


36 komentar:

  1. Waahh pas banget ini mbak, anakku jg baru pertama dpt dtg bulannya. Bisa jadi acuan nih infonya padat dan mengena. Ijin simpan ya tuk anak keduaku nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, sama-sama mba Hida, semoga bermanfaat...

      Hapus
  2. ya ampun ada juga toh mbak hari kesehatan menstruasi sedunia ... hari sunatan sedunia ada gak? #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah boleh tuh diusulin mas idfi...

      Hapus
  3. aku termasuk salah satu mamak kudet yang nerima mitos bulet2 sampe sekarang kalau lagi Mestruasi jangan keramas :D jadi malu setua bangka ini masih kudet info ttg Mestruasi *tutupmuka
    Tapi zamannya aku dapet pertama kali, ibuku sampe bersyukur banget mba bahagia bgt deh pulang dari pasar tuh belanjaan dijatuhin teriak "alhamdulilah" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahha aku juga dulu pernah percaya bbrp mitos soal menstruasi mba, salah satunya yang gak boleh olahraga..

      Hapus
  4. dulu aku udah diajarin sama ibu tetapi ketika hari itu tiba.. Entah kenapa tetep aja ada rasa risih sama darah sendiri. hahhaaha.. Makasih mbak infonya, kali aja suatu saat punya anak cewek juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama mba, aku pun dulu risih dan malu banget, makanya nggak mau sampe kejadian ke anak yang cewek juga..

      Hapus
  5. Makasih infonya mbak Zata, bisa jadi bahan saya menjelaskan ini ke Marwah nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-samaa, alhamdulillah kalau berguna..

      Hapus
  6. Penting banget nih buat yang punya anak beranjak abege
    Bahkan emak2 kayak kita juga masih harus banyak belajar, selama ini masih banyak mitos yang beredar seputar menstruasi

    Makasi artikelnya mbak
    Membantu banget buat edukasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba. Bener banget, bahkan kita pun masih harus terus belajar soal ini ya mba..

      Hapus
  7. Asli saya baru tau mbak kalo ada hari kebersihan menstruasi sedunia. Info ini berguna bgt, bukan untuk anakku saja mbak tetapi untuk ku juga, makasih mbak sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Leha, baru pertama kali soalnya :). Alhamdulillah kalo berguna..

      Hapus
  8. Kalau ganti pembalut, saya tiap kali ke toilet. Rasanya ga nyaman aja, jadi mending banyak beli pembalut deh. Ternyata dari sisi kesehatan pun juga ga baik ya pakai yang terlalu lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul banget mba Nita, sesering mungkin aja, saat dirasa perlu ganti, ya ngga usah nunggu lama2, langsung ganti aja, kalo aku gitu..

      Hapus
  9. baru tau Indonesia memperingati hari semacam ini. Curang kan, hanya wanita yang diperingati siklusnya. Mungkin hari mimpi basah juga harus diperingati agar tidak terjadi kesenjangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah silakan diajukan aja mas ;p

      Hapus
  10. Makasih mba share nya.
    Aku note banget tentang check up ke Ginekolog itu karena nyatanya sering ada bakteri yang hidup di area kewanitaan dan tidak terasa dan disadari, tapi bisa sangat bahaya nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba Yasinta.., smoga berguna bagi kita semua yaaa..

      Hapus
  11. maksudnya hari jaga kebersihan kali itu,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kebersihan dan kesehatan menstruasi mas. diperingati untuk menambah awareness karena meski pun semua wanita dewasa mengalami menstruasi namun nggak semua paham cara menjaga kebersihan dan kesehatan saat sedang datang bulan :)

      Hapus
  12. Tulisan highly recommend nih buat para anak gadis.
    Jaman aku, masalah mens itu semacam dapet durian runtuh.
    Tetiba dateng, entah dia mau matang harum atau sakit berguling2 karena kram perut..*tsah

    TFS yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kadang ada anak perempuan yang merasa dapat mens sebagai 'gift' sebaliknya ada juga yang merasa sbg 'curse' ya..

      sama2, semoga bermanfaat ya artikel ini..

      Hapus
  13. Yang belum pernah saya lakukan adalah rutin ke ginekolog. Padahal penting banget, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pun belum rutin mba Mir...

      Hapus
  14. baru denger ada hari kesehatan menstruasi .........

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang baru tahun ini kalau di Indonesia mas..

      Hapus
  15. Penting banget nih kayaknya manajemen kesehatan menstruasi biar tahu kalo menstruasi tuh penting banget, aku jadi agak nyesel kenapa nggak dari dulu belajar tentang ini karena menstruasiku pun nggak lancar sampai sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. owww harus dicari tau tuh mba apa penyebabnya..

      Hapus
  16. penting banget niih bekalin anak yang baru pertama kali menstruasi, untuk menghindari dari penyakit2 organ kewanitaan di kemudian hari...

    BalasHapus
  17. Dulu sering takut tanya mama atau temen masalah menstruasi tapi berkat artikel ini semua jadi lebih jelas. makasi mba zata :)

    BalasHapus
  18. Kalau mestruasiku bermasalah banget mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa mba Lis :( coba deh dicari permasalahannya, mudah2an bisa membaik yaaa...

      Hapus