Sabtu, 17 Juni 2017

Tak Punya Kartu Kredit? Tetap Bisa Belanja, kok!



Sebagian besar orang modern rasanya punya kartu kredit. Namun saya pribadi sudah sejak dua tahun lalu tidak menggunakannya. Setelah memutuskan berhenti kerja kantoran, atas saran suami, saya pun menggunting lima kartu kredit saya. Ya, lima!. Alasannya, sih, karena saya takut bablas, masih hobi belanja tapi udah nggak kerja tetap, bahaya, hihihi..

Lagi pula, saya takutnya, dengan punya kartu kredit, kita biasanya merasa punya uang, jadi rasanya ingin membeli apa saja. Padahal, uang itu kan belum ada di tangan. Dan lagi, bisa jadi benda yang dibeli sebenarnya nggak perlu-perlu banget. Kedua, bisa juga karena enggan membayar biaya ini-itu yang biasanya tersangkut dalam setiap kepemilikan kartu kredit. Contohnya, biaya tahunan, biaya bunga, biaya over limit, bahkan biaya penggantian kartu.

Alasan apa pun bisa diterima. Kartu kredit memang punya sisi tak baik. Namun, tahu juga kan kamu bahwa ada sistem di dalam kartu kredit yang punya berbagai manfaat?, misalnya sistem cicilan yang guna banget kalau lagi dibutuhin.

Saya pribadi merasa sangat terbantu dengan sistem tersebut, saat sedang menginginkan suatu barang, biasanya yang berhubungan dengan blogging, misalnya kamera DSLR dan mirrorless, saya pun bisa membelinya dengan sistem cicilan jika dana yang saya miliki belum mencukupi.

Bagi mereka yang masih hidup dengan nominal gaji yang belum sesuai dengan kebutuhan, penggunaan sistem cicilan ternyata bisa membantu kita membangun kualitas hidup yang lebih baik. Dengan menyicil, kita bisa menyisihkan sejumlah uang untuk memiliki benda-benda yang kita perlukan sambil tetap menjalani pengeluaran rutin sehari-hari seperti biasanya. Kita pun jadi tak perlu pusing memikirkan jumlah yang harus dibayarkan pada saat itu juga.

Bagi saya yang berprofesi sebagai blogger, laptop dan kamera yang bagus adalah prioritas.

Namun, ingat, ini berlaku jika kita menggunakannya secara bijaksana. Dalam artian, tahu jumlah budget yang kita punya untuk bisa menjalani cicilan tadi, dan memang dimanfaatkan untuk membeli benda yang benar-benar masuk dalam kategori prioritas. Misalnya, laptop untuk kegiatan menulis atau ponsel terkini yang memudahkan kita untuk ngetweet, posting foto di instagram, dan lain-lain, yang berhubungan dengan pekerjaan sebagai blogger dan influencer.

Nah senangnya, sekarang ini sudah ada sarana lain di samping kartu kredit yang menawarkan sistem cicilan yang bisa kita pilih, lengkap dengan jumlah limit yang pasti, yaitu Akulaku. Aplikasi belanja online Akulaku hadir sebagai solusi bagi kita yang membutuhkan bantuan kepemilikan barang baru, dengan syarat yang tak memberatkan. Setelah mengunduh aplikasinya, kita hanya perlu mengisi data via smartphone untuk registrasi, lalu menunggu pihak Akulaku melakukan verifikasi sebelum bisa memulai cicilan. Bukan hanya mudah, sistem yang dijalankan membuat kita jadi tahu nominal yang bisa kita belanjakan. Pihak Akulaku akan memberikan limit sesuai dengan data yang kita ajukan. Penasaran? Yuk, unduh aplikasinya sekarang.

Belanja jadi lebih praktis, pengeluaran pun jadi lebih terarah. Selamat tinggal kartu kredit!

*********

26 komentar:

  1. aku ngga punya kartu kredit.

    Akulaku jadi lebih mudah yah penggunaannya dari kartu kredit

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes betul mba, malah lbh ribet KK ya..

      Hapus
  2. Aku malah ga mau punya kartu kredit hehehe. Tapi asyik neh kalau ada Akulaku ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Lis..gw udah ngerasain gimana dulu pnya 5 KK heheh, jd mending gak punya..

      Hapus
  3. wow mb lima kartu kredit nyut2an aku kepalanya klo punya hahaha saat ini masi pny 1 itupun suami yg pegang. dan skrg ada aplikasi akulaku wkwk aku kok jd bahagia 🤣😂🤣😂 *ketauan suami dijitak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha sama, kayaknya solusi banget ya hihihi...

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf komentar dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa...

      Hapus
  5. Aku pribadi sangat anti kartu kredit mbak :) wah, apaaan ini akulaku, penasaran *cuzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah solusi bgt nih brarti buat yg anti KK ya hehehe... yuk ahh cuzz mba...

      Hapus
  6. Pas resign 5 tahun lalu, aku sekalian nutup semua kartu kreditku
    Nah sekarang ada Akulaku kayaknya menarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiii mba Putu kerennn.. toss dong mba...

      Hapus
  7. Penasaran ama sistemnya.. Aku sendiri kalo CC gunanya utk book tiket ama hotel pas traveling mba.. Tp sama, aku jg g pengen terjebak hutang walo skr msh kerja. Jd biasanya abis aku gesek, aku lgs bayar CC nya. Kebetulan ngincar poin kartunya juga. Kan lumayan bisa dituker ke miles pesawat :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya asal disiplin mah punya KK pasti menguntungkan ya mba. Aku pun sebenarnya butuh utk keperluan paypal misalnya..

      Hapus
  8. Wah, aku udah penasaran dengan AkuLaku waktu lihat iklannya di komuter. Ternyata ini semacam e-commerce yang juga mudah ya dalam proses belanjanya. Mau coba ah ntar. Makasi ya, Mbak, ulasannya. Salam kenal juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba betul sekali. salam kenal jugaaa :)

      Hapus
  9. Wah, bisa nyicil tanpa kartu kredit? Menarik nih. Lihat-lihat ah. TFS.

    BalasHapus
  10. aku belum punya kartu kredit dan gak kepingin punya, ada akulaku ternyata ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah ada akulaku kayaknya gak punya KK gpp juga ya hehehe..

      Hapus
  11. Wah Akulaku ngebantu banget buat yang ngga punya kartu kredit tapi mau nyicil barang ;) Soalnya kebanyakan ecommerce masih nawarinnya sistem pembayaran kartu kredit sih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul Dee, solusi banget buat yang gak punya KK kan jadinya..

      Hapus
  12. Saya gak punya kartu kredit dan emang menghindari yang namanya kartu kredit. Boleh deh ntar tengok si AkuLaku ini.

    BalasHapus
  13. Aku nggak punya CC dan emang nggak mau bikin. Kukira orang nggak punya CC semakin terpinggirkan, ternyata masih ada aplikasi yang ramah terhadap non pengguna CC ya.

    BalasHapus
  14. Wah...
    Menarik banget nih.
    Soalnya pengen nyicil mirrorless gitu.

    BalasHapus
  15. Punya kartu kredit itu penting kl lg urgent sih buat aku. Misalnya masuk rumah sakit.... tentunya buat bayarin keluarga ya... pas diri sendiri masuk rumah sakit krn kecelakaan ya ujung2nya bayar cash :))))

    BalasHapus