Jumat, 20 Oktober 2017

#IbuBerbagiBijak dan INVESTASI


Seperti yang pernah saya tulis di sini, akhir-akhir ini saya memang mulai lebih peduli dengan  urusan keuangan dan hal-hal yang berkaitan dengannya, apalagi mengingat anak-anak sudah bertambah besar dan sangat butuh persiapan keuangan dan investasi yang serius. 

Beberapa waktu lalu saya mengikuti acara #ibuberbagibijak yang diselenggarakan oleh VISA bekerjasama dengan OJK. Seneng banget, meski temanya agak berat buat saya yang awam soal keuangan tapi tetap sangat menarik dan saya mendapat banyak ilmu baru tentunya.

Di acara yang diadakan pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu ini dihadiri oleh bapak Harianto Gunawan sebagai President Director of Visa World Wide Indonesia dan tentu saja financial educator kesayangan saya, mba Prita Ghozie.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang workshop investasi ini, saya masukan definisi investasi dari Wikipedia, ya..

"Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal."


Lalu, apa pentingnya berinvestasi?. Dulu, saking awamnya saya berpikir bahwa menabung saja sudah cukup. Saya pikir, kalau tabungan banyak harusnya aman-aman saja, tidak perlu memikirkan investasi ini itu, hihihi.. Ternyata saya salah banget, apalagi saat mendengar penjelasan mba Prita yang menganalogikan hidup sebagai lautan, tabungan sebagai kapal, dan investasi sebagai layar.


Kalau kapal besar tapi layar kecil, susah juga kan untuk menuju ke pulau tujuan kita? atau sebaliknya jika layar besar tapi kapal kecil, bahaya juga, jadi alangkah baiknya jika semuanya seimbang.




Nahhh, demi menjaga keseimbangan tersebut, jika memungkinkan ya kita punya tabungan dan juga tetap berinvestasi. Trus gimana agar investasinya benar dan aman?. Ada beberapa prinsip investasi yang perlu dipahami, yaitu:

Pahami Risiko Investor

Saat ingin memulai investasi, kita sebagai investor sebaiknya paham kita adalah tipe investor yang mana, yang seperti apa. Ada tiga tipe investor yaitu yang KONSERVATIF, MODERAT, dan AGRESIF. 

Tipe konservatif biasanya mau main aman saja, tidak mau mengambil risiko, sedangkan tipe moderat adalah tipe yang agak tengah-tengah nih, play safe tapi juga cenderung agresif, sekitar 60%-40% lah perbandingannya. Lalu yang tipe agresif sudah bisa diduga ya, yaitu investor yang memang berani atau senang ambil risiko :). 

Kalau saya sepertinya tipe yang moderat deh, kadang maunya play safe tapi sesekali senang bermain agresif. 

Tentukan Jangka Waktu

Saat mulai berinvestasi kita sudah harus menentukan jangka waktunya, mau jangka waktu pendek atau panjang?. 

Investasi untuk tujuan kehidupan masa tua yang aman dan nyaman adalah investasi jangka panjang, sedangkan untuk membeli barang mahal seperti mobil, dll, bisa dikategorikan sebagai jangka pendek.


Punya Beragam Investasi
Setelah mulai berinvestasi, sebaiknya ragamkan jenis investasi kita, tidak hanya mengeluarkan dana besar hanya untuk satu investasi saja, tentu saja ini adalah tindakan jaga-jaga jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.

Strategi Yang Tepat

Nah, jika sudah tahu kita tipe investor seperti apa, mau berinvestasi jangka panjang atau jangka pendek, dll, saatnya kita menentukan strategi yang tepat bagaimana agar kita bisa berinvestasi dengan aman.

Ada tiga strategi yang bisa kita gunakan untuk meminimalkan risiko investasi serta mencapai tujuan sesuai rencana. Yang pertama adalah COST AVERAGING, yang kedua DIVERSIFICATION, dan yang ketiga LONG TERM.

Evaluasi Investasi
Di tahap ini, saran mba Prita Ghozie adalah kita mengevaluasi investasi kita, apakah sudah sesuai rencana, apakah ada yang perlu diatur ulang bahkan diubah, dst.


Hal ini sangat krusial demi tercapainya tujuan kita tapi minim risiko.



Sebenarnya masih banyak ilmu yang saya dapatkan di sana, tapi mungkin di lain artikel saya bahas lagi yaaa.. Semoga bermanfaat...


******

9 komentar:

  1. Wahhhh artikel ini mau ayu share ke suami kah, kebetulan ayu sama suami dari kemaren lagi diskusi2 tabungan sm investasi. Makasih mbak zata^^

    BalasHapus
  2. Punya berbagai investasi, ini yg lagi aku pikirin sama suami... apalagi investasi jangka panjang bisa buat anak2 nanti, tapi emang bener, sekarang ini harus hati2 kalau mau investasi, jangan sampe terjebak sama investasi bodong yg ngga bertanggung jawab :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes betul banget San, jangan sampe kejebak investasi bodong..

      Hapus
  3. aku kayaknya bukan tipe investor agresif masih konservatif hehehhe tp memang iya mba mesti ditwntukan jangka waktunya jd ada planning yg matang atas segala resiki yg akan terjadi 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, nentuin jangka waktu penting banget biar bisa milih investasi yang tepat ya..

      Hapus
  4. Thanks buat pencerahannya ya Ka Zataa...
    ngebantu bgt buat aku yg masih awam di dunia investasi.

    Aku siap menunggu artikel berikutnya, soalnya lagi asik baca, eh abiiss :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha mudah2an bisa lanjut nulis soal ini lg kapan2 ya cinnn..

      Hapus
  5. Kapan ya ketemu Mba Zata lagi hehehe

    BalasHapus