Selasa, 14 November 2017

5 Kegiatan Seru dan Sehat Bersama Ayah


Bertepatan dengan hari Ayah yang juga dekat dengan Hari Kesehatan Nasional, saya jadi ingin berbagi tentang peran ayah dalam kesehatan dan gizi keluarga. 

Nggak jauh-jauh, sih, bahannya, ya dari kehidupan kami sehari-hari di rumah. Jadi, ayahnya anak-anak punya beberapa cara untuk membantu saya membuat anak-anak insha Allah jadi lebih sehat dengan cara yang seruuu..

Saya adalah perempuan yang tidak jago masak dan kebetulang kurang suka makan ikan, huhuhu. Ini tidak bagus karena anak-anak berkaca pada saya sehingga mereka sempat terbawa tidak suka makan ikan juga. Tapi suami saya punya cara jitu untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya ada di 5 kegiatan seru dan sehat di bawah ini :)

1. BELANJA BAHAN MAKANAN 
Suami saya menjadikan kegiatan belanja bahan-bahan makanan termasuk juga belanja buah-buahan menjadi kegiatan rutinnya bersama anak-anak.

Setiap minggu, minimal satu kali ia akan pergi dengan tiga anak kami, atau salah satu dari mereka, untuk berbelanja, kadang ke pasar, kadang di supermaket. Bagi anak-anak, terutama si bungsu, ini adalah hal yang menyenangkan karena mereka bisa memilih sendiri bahan-bahan yang mereka inginkan. Khusus buat si bungsu, kadang suami menjadikan belanja sebagai cara untuk mengenalkannya kepada beragam sayur-mayur, buah-buahan, serta bahan makanan lainnya.


2. MEMASAK 
Yes, ini kegiatan yang seru banget yang dilakukan oleh suami saya bersama abang, kakak, dan si bungsu. Masaknya pun bukan main masak-masakan, atau bikin makanan sederhana, lho, tapi bakar ikan!. Mereka serius banget kalau lagi masak bareng, dari bikin ayam goreng, ikan bakar, spageti, sampai camilan martabak. Ahhh...indah banget melihat mereka menikmati saat-saat kebersamaan seperti itu, dan saya tinggal ikut makannya saja, hihihi..

3. MAIN DI LUAR
Jujur saja, di era digital ini, anak-anak saya tergolong sering sekali berkegiatan dengan gadget, entah itu PC, tablet, atau pun smartphone.

Main di luar adalah salah satu gagasan suami tiap ia sempat. Main sepeda bersama si bungsu dan kakak, main bola bersama abang dan si bungsu, dan lainnya. Apa pun itu, asal dilakukan di luar rumah, di bawah cahaya matahari pagi atau sore.

4. HIKING 
Kegiatan ini memang tidak bisa sering dilakukan mengingat waktu dan jarak yang harus ditempuh, namun sesekali mengajak anak-anak hiking bersama membuat mereka makin mencintai kegiatan di luar rumah. Saat diajak hiking, mereka bisa seharian tanpa gadget dan hanya sibuk menikmati pemandangan, ngobrol dan bercanda dengan saudaranya, dan makan serta ngemil tentunya :).


5. BERENANG
Nah, kalo ini jangan ditanya seberapa sering, karena anak-anak memang hobi sekali berenang, apalagi ayah mereka sekaligus adalah pelatih renang pribadi mereka. Abang dan kakak bisa mahir berenang di usia balita karena sering berenang bersama ayahnya sambil diajari cara berenang yang benar serta beberapa gaya berenang.

MCA INDONESIA & KONTES FOTO #AYAHPEDULI
Bicara soal peran ayah Indonesia dalam membantu memperhatikan gizi anak-anaknya , saya ingat sebuah artikel yang saya baca di www.mca-indonesia.go.id mengenai masalah gizi di Indonesia. 

Hampir 9 juta anak Indonesia berusia dibawah lima tahun tercatat mengalami pertumbuhan tak maksimal (stunted). Hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat kelima dunia untuk jumlah tersebut. Lebih dari sepertiga anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia tingginya berada di bawah rata-rata. Diperkirakan ada pula sekitar 3,3 juta anak Indonesia yang kurus (underweight).

Hal ini tentu saja sangat memprihatinkan, ya :(. Lalu apa yang sudah dilakukan oleh MCA-Indonesia dalam membantu pemerintah mengatasi hal tersebut?. Salah satunya lewat PKGBM atau Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting. Proyek ini berupaya mendukung pemerintah mengurangi prevalensi stanting tersebut. Proyek ini bertujuan mengurangi dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah dan anak stanting, serta kekurangan gizi pada anak-anak. 

Dalam jangka panjang, proyek diharapkan dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penghematan biaya kesehatan dan peningkatan produktivitas.

Nahhh.., dalam rangka Hari Ayah dan Hari Kesehatan Nasional, MCA-Indonesia mengadakan kontes foto #AyahPeduli, lho..

Jika kamu punya foto momen berharga suami sedang sedang mendampingi si kecil atau foto diri sendiri (jika kamu seorang ayah) yang sedang berkegiatan sehat dan seru bersama anak-anak, ikutan Kontes Foto "Ayah Peduli Kesehatan Anak Indonesia", yuk ...

Ayah punya andil yang sama pentingnya dengan ibu untuk peduli dan berperan penting dalam mencukupi gizi dan menjaga kesehatan anak.

Bagikan foto dan cerita menarik sang ayah dan keterlibatannya dalam tumbuh kembang buah hati dan kesehatan keluarga di Instagram!



Syarat dan Ketentuan:
1. Follow akun Instagram MCA-Indonesia
2. Upload foto ayah dan anak sedang melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Sertakan caption yang menarik.
3. Cantumkan hashtag #ayahpeduli #MCAI #TinggiPrestasi #HariKesehatanNasional dan #HariAyah pada caption foto
4. Mention akun Instagram @MCA_Indonesia
5. Kontes dimulai pada 10-17 November 2017.
6. 5 Pemenang akan diumumkan pada 20 November 2017
5 pemenang akan mendapatkan 5 paket souvenir eksklusif dari MCA Indonesia!

Ditunggu yaaa postingannya, Good Luck!

*****

4 komentar:

  1. suami saya termasuk yg sangat dekat dgn anak2. banyak kegiatan yg dilakukan bersama anak2, hanya saja, fotonya gak ada hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto aja dulu mba, kan masih sampe tgl 20 deadline-nya :)

      Hapus
  2. Di antara semua nuh, ya Ta...si Ayah tuh ga pernah main di luar sama anak-anak. Suami gue tipe yang ga bisa bersosialisasi di sekitar rumah wkwk. Sampai anak-anak hopeless gitu dan Pijar protes: Gaul dong yah, gauuul

    Kalau masak,outdoor piknik gitu,belanja iyesss sering banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha beda2 ya En, tapi itu mah okeee kalo ngajak anak masak dll gitu..

      Hapus