Kamis, 25 Januari 2018

Yuk, Maksimalkan Instagram Kamu di 2018 ini ...



Hai hai, udah denger dong kalau algoritma Instagram agak2 bikin ilfil?, tapi ya mau diapain, selama kita butuh platform ini untuk branding, jualan, atau cuma sekedar ingin punya galeri cantik, dst, we have to deal with it, dan cari cara untuk tetap bisa memaksimalkan instagram kita, dari segi reach atau jangkauan, terutama yang organik.

Dari hasil riset kecil-kecilan sejak tahun kemarin sampai awal tahun ini, serta kebetulan abis ngikutin webinar yang speakernya adalah mentor favorit saya, Alex Tooby, saya menyimpulkan beberapa hal yang perlu kita perhatikan, yang mudah-mudahan bisa sama-sama dipakai untuk bikin instagram kita makin kece di tahun 2018 ini.

VIDEO, VIDEO, VIDEO!
Yes, video juga makin sexy di 2018 ini. Jadi jangan males-males ya untuk ngerekam dan mulai bikin video buat konten di instagram kamu. Memang, sih, dibutuhkan effort lebih untuk membuat video IG yang hanya berdurasi satu menit ini, tapi menurut saya efeknya lumayan oke buat branding. 

Saat saya mulai iseng-iseng banyakin video tahun lalu, ternyata responnya cukup baik, banyak brand yang mengajak kerjasama bukan hanya foto IG saja namun juga video. Menariknya lagi, gara-gara video IG, saya diajak untuk menjadi salah satu nara sumber di acara peningkatan kapasitas cybertroops Kemenkes.

INSTAGRAM STORY MAKIN DIGEMARI

Ini memang bukan fitur yang baru-baru banget. Fitur IG story ini sudah ada sejak tahun 2016 tapi kalau saya perhatikan, ini mulai ramai dipakai pertengahan 2017 lalu. Nah, tahun ini, kata para ahli, sih, bakalan lebih ramai lagi. Kenapa IG story? karena banyak orang yang enggak mau feed instagram-nya kurang bagus, jadi milih-milih banget apa aja yang harus diposting.

Dengan adanya IG story, di mana postingan tidak 'mengotori' feed instagram dan hanya berlangsung satu hari, orang mulai melirik IG story sebagai tempat asik buat berbagi cerita, baik yang organik maupun sponsored post. Apalagi baru-baru ini IG story sudah bisa disimpan di highlight, sehingga masih bisa dinikmati lebih lama, tergantung kemauan si pemilik akun. 

Entah mengapa (saya pun masih mencari tahu), postingan IG story pun ngga mesti sempurna, bagus, terang, dll. Baik foto mau pun video di IG story sepertinya tidak terlalu perlu menerapkan prinsip-prinsip seperti di IG feed kita. Mungkin karena sifatnya yang lebih personal justru membuat IG story ini makin digemari.

Nah, itu kenapa banyak brand atau agensi yang mulai minta IG story juga selain foto dan video instagram. Ayoo.., yang sering ngendorse tau, dong yaa.. #wink.

INSTAGRAM ADS
Merhatiin, ngga, kalau sekarang yang pakai Instagram Ads bukan hanya brands, influencer, dan blogger saja?. Nah, di tahun 2018 ini akan makin banyak orang yang menggunakan Instagram Ads untuk nge-boost postingannya.

Buat kamu yang belum pernah coba, sesekali mungkin bisa mencoba layanan ini untuk melihat efeknya pada akun IG kamu.

MICRO INFLUENCER SEMAKIN DIBUTUHKAN
Ini kabar baik banget buat yang followersnya belum terlalu banyak. Karena algoritma instagram berubah dan menyebabkan engagement para influencer berkurang, maka brand mulai melirik influencer mikro yang memiliki 500-5000 followers, atau lebih. 

Buat yang ingin tahu lebih jauh tentang micro influencer bisa membaca informasi menarik yang ditulis di website MAVRCK ini.

Baca juga : TIPS MENINGKATKAN JUMLAH FOLLOWERS INSTAGRAM SECARA ORGANIK

5 Tips Agar Instagram Kamu Maksimal di 2018 ini (dan mendapat lebih banyak engagement tentunya):
  1. Secara berkala posting video di IG kita karena banyak orang yang kadang malas membaca caption dan senang melihat potongan-potongan gambar yang menarik serta informatif. Potongan video IG bisa kita jadikan insta story juga, kan.
  2. Maksimalkan insta story untuk berbagi tentang keseharian kita yang lebih personal (namun bukan yang berlebihan, ya..) karena biasanya teman, kenalan, serta followers seringkali senang melihat sisi personal kita.
  3. Berkomunitas. Selain untuk menambah ilmu dan bersilaturahmi, komunitas juga bisa mendukung perkembangan sosial media kamu, lho. Satu contoh, di komunitas Bloggercrony ada program #MostWantedFriday di mana pihak komunitas akan merekomendasikan beberapa akun untuk difollow (dan akan follow back.
  4. Jangan lupa untuk merapikan feed dan menulis bio selengkap dan semenarik mungkin.
  5. Manfaatkan instagram story highlight untuk mempromosikan diri atau brand kamu.
Masih banyakkkk sebenernya yang pengen ditulis, tapi segitu dulu deh, ya, update tentang IG di awal tahun 2018 ini. Berikutnya saya akan nyoba nulis lebih rinci lagi tentang beberapa hal di atas.

Sampai ketemu di tulisan berikutnya, yaa..

*****

17 komentar:

  1. Cara ikut most wanted friday gimana tuh? Member Bloggercrony juga tapi baru tahu adanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Okti, pantengin aja IG-nya BCC, ada kok infonya, tapi memang yang memutuskan siapa yang akan ditampilkan di Jumat tsb adalah tim BCC dan memang ada TC-nya. Nanti aku update lagi yaa...

      Hapus
  2. Iya nih.. algoritma IG bikin garuk2 kepala. Duhh video yaa?! Masih berat (dan malas) euy buat ngedit video. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeditnya pake aplikasi hape yg simple2 juga oke kok mba :)

      Hapus
  3. makasih vanget tips kecenya mba Zata.. IG ku engagementnya masih sedikit banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mba Yesi, pelan2 aja. tar aku juga mau nulis tips ttg engagement, ditunggu yaa... ;p

      Hapus
  4. Tipsnya luar byasaaa ka Zata!
    Kapan-kapan ajarin aku bikin video yah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayukkk Ndieee, kapan ke Depok lagi?

      Hapus
  5. Wah berarti harus rajin bikin instastory nih mulai sekarang. Heu

    BalasHapus
  6. Thanks infonya Mbk, aku jarang pakai insta story heheh

    BalasHapus
  7. Wah videogram hrs diperbanyak nihhh. Btw ada #W60 jg looh di BCC makasih yaaaa dah diinfokan Ketjups

    BalasHapus
  8. Kmrn baca tulisan mba carra ttg algoritma ig yg berubah :D. Bikin puyeng ya mba, tp aku sebisa mungkin ngelakuin poin2 yg ditulis supaya ig ttp hidup :D. Mungkin utk bikin video nih aku msh hrs bnyk bljar, bikin yg menarik

    BalasHapus
  9. aku lumayan rajin di instastory..tapi ngga cek-cek lagi hehehe. Semangaat...IG memang seruuu nih..

    BalasHapus
  10. nice info mba, pengen memperdalam ilmu mengoptimalkan IG

    BalasHapus
  11. Patut dibookmark tulisan ini 😄

    BalasHapus
  12. Wah makasih sharingnya mbak. Sekarang aku malah jarang upload foto, lebih sering instastory. Emang kudu terus belajar nih :)

    BalasHapus
  13. Ya ampun ini tulisan tentang instagram yang paling aptudet deh mba. Makasih ya

    BalasHapus