Wonderful Life ...



Saya ingat sekali pada suatu hari di bulan Juni tahun 2015 saya menonton sebuah tayangan televisi tentang seorang pelukis cilik pengidap disleksia. Duhh, saat menonton tayangan tersebut tanpa sadar air mata saya menetes, antara haru, bangga, dan salut akan dua sosok tokoh dalam acara tersebut, yaitu Aqil Prabowo dan ibunya, Amalia Prabowo.

Sambil menonton acara tersebut, terlintas di kepala saya, alangkah kerennya kalau kisah Aqil diangkat menjadi sebuah film. Yes, harapan saya terwujud, bulan ini, tepatnya tanggal 13 Oktober 2016 lalu, film Wonderful Life yang berkisah tentang Aqil dan ibunya, Amalia Prabowo, resmi tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Belum lama tayang, film ini sudah menjadi perbincangan menarik di dunia maya, lihat saja timeline sosial media orang-orang yang sudah menontonnya, belum lagi artikel serta blog posts yang mereview film ini, menandakan bahwa film ini baik dan layak jadi tontonan keluarga Indonesia.

all photos courtesy of  SahabatCewek.com

Film yang diperankan oleh Atiqah Hasiholan sebagai Amalia Prabowo dan Sinyo sebagai Aqil ini, berkisah tentang kehidupan Amalia yang sukses sebagai wanita karir yang kemudian harus berubah ketika dihadapkan pada kondisi di mana, Aqil menyandang disleksia yang membuatnya tidak bisa membaca dan menulis sehingga ia dikucilkan oleh teman-teman.

Film ini menggambarkan perjuangan Amalia yang mengubah cara pandang hidupnya terhadap Aqil. Amalia berupaya melakukan berbagai cara untuk 'menyembuhkan' Aqil. Siapa sangka, perjalanan penyembuhan ini ternyata membawa Amalia pada kemungkinan terburuk dalam hidupnya yaitu kehilangan Aqil.

Pada titik inilah Amalia menyadari, ada yang lebih penting daripada sekadar mementingkan prinsip dan konflik batinnya, yaitu hidup dan kebahagiaan sang anak, sehingga akhirnya Amalia dapat menerima Aqil sebagai anak dengan kesempurnaannya sendiri.

The real Amalia Prabowo :)

Film Wonderful Life yang dipersembahkan oleh Sariayu bersama Visinema, Creative & Co, dan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) ini menjadi pembuka gerakan perubahan yang diinisiasi oleh Sariayu Martha Tilaar, yaitu Be Wonderful Movement. Gerakan ini akan menjadi gerakan berkesinambungan yang mengajak para perempuan Indonesia untuk membuat perubahan dalam hidupnya.

"Menurut saya, film ini inspiratif sekali yang bisa menjadi motivasi dan semangat bagi para orangtua yang mengalami hal yang sama, juga pengingat serta pembelajaran bagi para orangtua lainnya mengenai pentingnya menerima anak apa adanya lalu bersama-sama mencari solusi dan penanganan yang tepat, karena hidup ini terlalu indah untuk dihabiskan dengan memikirkan kelemahan dan kekurangan kita."

Selain mengangkat Empowering women yang menjadi salah satu pilar Martha Tilaar Group, ke depannya Be Wonderful Movement juga akan mengangkat isu-isu terkait Beauty Green, Beauty Education, dan Beauty Culturedengan merangkul sosok-sosok inspiratif di tanah air. Wah, kita tunggu saja, ya, siapa lagi sosok inspiratif yang akan ditampilkan selanjutnya...


Seusai menonton film ini saya bisa merasakan energi positif yang membuat saya introspeksi diri akan beberapa permasalahan yang saya dan anak-anak saya hadapi. Tiga anak favorit saya di rumah memang tidak mengidap disleksia, namun ada begitu banyak contoh treatment yang saya pikir bisa saya terapkan pada beberapa masalah lain yang mereka alami, misalnya masalah konsentrasi dan sulit fokus yang dialamai oleh salah satu anak saya.

Btw, film ini masih tayang di bioskop, lho.., yuk, ah, jangan sampai ketinggalan :) 

****

38 comments

  1. Huhuhu mbak zata... Iya bener mba zata filmnya inspiratif. Gak tau kenapa waktu nonton ini alseolah aku ikut ngerasain jd amalia.....

    Dan yang jelas film ini aku jd pengen ngajak banyak para ibu nonton gilm anak ini. Biar para ibu yang sering bentak, marahin dan maksa kehendaknya pada anaknya jd tobat hehehe lalu menyadari bahwa setiap anak cerdas dg kelebihannya masing2

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Farichatul Jannah: Iyaaaa bener banget mba Icha, itu jadi pengingat juga buat aku yg kadang juga gak sabaran sama anak..

      Hapus
  2. semua anak terlahir sempurna katanya juga :)
    dan juga ada kelebihan dan kekurangan masing masing ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ikhsan maulana: iya mas setuju, setiap anak terlahir sempurna dan punya kelebihan masing2 :)

      Hapus
  3. Film yg akan membuat gue mewek2 nangis bombay!! Baca reviewnya aja dah berkaca2... Emang kadang sebagai keinginan orangtua ngga selaras dengan kebahagiaan anak, tapi tujuan orang tua ngga pernah ada yg mau nyusahin atau bikin anak sedih kan yeesss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @sandra buana sari: bangettt, pasti mewek deh San nontonnya..

      Hapus
  4. waktu baru liat trailernya aja udh mewek

    BalasHapus
  5. @bunda rizma
    nah, gimana pas nonton coba.. jangan lupa bawa tisue yang banyak, yaaa hehehe

    BalasHapus
  6. Denger cerita temen bagus filmya dan saya belum nonton ini huhu.

    BalasHapus
  7. @Kurnia amelia
    iyaa bagus..yuk mumpung masih ada di bioskop..

    BalasHapus
  8. Makin penasaran deh ma pelem ini, baca2 ripyunya seru, inspiratif banget kisahnya ya.

    Apalagi sebagai seorang Ibu, ahh turut merasakannya ..

    Atulaah belom sempet, belom ada waktu nonton *gayane sok sebok Zataaaa

    BalasHapus
  9. @Nchie Hanie
    aihhh emak cantik ini kan emang siboook terus... hayooo sempet2in dong nontoh tehhh :)

    BalasHapus
  10. Film keluarga yang sangat inspiratif dan mendidik tentunya ^_^

    BalasHapus
  11. Film keluarga yang sangat inspiratif dan mendidik tentunya ^_^

    BalasHapus
  12. Aku pengen banget nonton ini kak Zata, siapa tau bisa belajar dari film ini juga.
    Dari review yang bertebaran dan trailernya bikin makin pengen nonton ��

    BalasHapus
  13. pastinya sedih ya nonton film ini. Tapi selalu suka pada ibu yang akhirnya bisa membuat si anak merasa bangga (bukan sombong ya...) pada kemampuan dirinya sendiri

    BalasHapus
  14. baca reviewnya aja mendadak mellow... kalau liat filmnya langsung dijamin mewek sejadinya deh gue... two thumbs up utk Amalia Prabowo yg udah berusaha memberikan yg terbaik untuk putranya Aqil..

    BalasHapus
  15. Ini film yang juga sangat inspiratif dan banyak bangat pesan moralnya ya Mba Zata, saya sudah menontonnya, wajib ajak semua keluarga kalo menonton film ini :)

    BalasHapus
  16. aku belum nonton nih mbak. Dari sekolah anakku ada nobar film ini juga

    BalasHapus
  17. belum nonton mba...belum sempet :"( padahal mupeng

    BalasHapus
  18. Belum nonton, menginspirasi banget yaa mbaa ceritanya :)

    BalasHapus
  19. @Santi Dewi
    yes, salut banget sama ibunya ya mba..

    BalasHapus
  20. @shintadaniel
    iya Shin, wajib sedia tisu kalo nonton ini mah. Betul, salut bgt sama ibunya Aqil...

    BalasHapus
  21. @Awan
    nah iya Wan, pesan moralnya bagus banget...

    BalasHapus
  22. @Lidya Fitrian
    wahh seru tuh mba Lid, nobar bareng ortu lain...

    BalasHapus
  23. @suria riza
    nunggu ada DVD-nya aja deh dirimu Cha, udah kburu lahiran ntar hehehe...

    BalasHapus
  24. @SUCIATI CRISTINA
    iyaaa, makanya jangan sampe kelewatan yah, yahhh ;p

    BalasHapus
  25. shintadaniel.wordpress.com20 Oktober 2016 pukul 16.45

    @zata ligouw

    tapi gue bisa TER-distract deh kalau yg main si ganteng Rio Dewanto *jewewew, sluuurrp... istrinya pun cantik pisaaaan... couple duo die hard fans....

    BalasHapus
  26. Bagus banget ini film-nya ya mba..ahhh, harus nonton kalo gini caranya..hehe

    BalasHapus
  27. @Gena Lysistrata
    iya Gen, nonton deh, mumpung masih tayang..

    BalasHapus
  28. Tema film y menarik, Mbak. Kayaknya mesti nyempetin nonton. Masih ada ga ya di bioskop?

    BalasHapus
  29. @Levina
    kalo udah abis brarti tunggu dvd-nya ya mba hehehe

    BalasHapus
  30. pertama kali liat trailer nya penasaran banget, fixed nih harus banget nonton :)

    BalasHapus
  31. Very useful tips, my child always have troubles returning to school, especially after summer vacation. They are too long and he gets to relaxed. For first to weeks I use special service Visit website with online homework . And in about a month he catches up with the flow and everything goes well.

    BalasHapus
  32. If you are still confuse for your writing, then contact essay helper online for better outputs.

    BalasHapus