Tips Menyaksikan Manhattanhenge, Peristiwa Matahari Terbenam Unik yang Hanya Ada di New York


Akhir-akhir ini saya lagi senang travelling dan juga cari-cari informasi soal jalan-jalan yang seru dan beda. Waktu itu, sih, karena sedang ada waktu dan dananya juga. Sekarang, saat anak-anak sudah bersiap masuk sekolah, sepertinya saya akan membuat wish list dulu, alias daftar tempat yang ingin saya kunjungi nantinya.

Nah, pas lagi browsing soal travelling, saya membaca artikel tentang Manhattanhenge, yaitu sebuah peristiwa matahari terbenam yang unik yang hanya ada di New York. Wihhh, keren banget buat pecinta senja seperti saya, nih...

Jadi, salah satu peristiwa astronomi terlangka di dunia akan terjadi sebentar lagi yaitu Manhattanhenge, yang hanya terjadi dua kali dalam satu tahun. Manhattanghenge adalah peristiwa di mana matahari terbenam sejajar dengan jalanan utama di kota bagian Manhattan, New York.

Kota bagian Manhattan sendiri merupakan kota yang memiliki gedung-gedung terbaik di New York, sehingga matahari terbenam dengan diapit oleh gedung-gedung yang megah. Kesejajaran antara matahari, gedung-gedung, dan jalanan utama Manhattan menyajikan pesona senja cantik yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Istilah Manhattanhenge pertama kali dikenalkan oleh astrofisikawan terkemuka, Neil deGrasse Tyson, dengan merujuk pada peristiwa yang juga terjadi di situs Stonehenge, Inggris. Di sana, matahari berada sejajar dengan susunan bebatuan pada saat titik balik musim panas. Bagi Anda para pencari senja, tunggu apa lagi? Pesan penerbangan Anda sekarang karena Manhattanhenge kedua akan terjadi pada tanggal 13 Juli 2018.

Tidak perlu khawatir karena beberapa maskapai Asia Tenggara kini menawarkan harga yang terjangkau dengan tidak mengorbankan kenyamanan, salah satunya Thai Airways.

Namun sebelum menikmati Manhattanhenge, ada baiknya simak beberapa tips berikut agar bisa menyaksikan dan mengabadikan pemandangan terbaik Manhattanhenge.

1. Pilih Lokasi Terbaik
Manhattanhenge dapat disaksikan di hampir semua jalan Manhattan yang menghadap ke timur-barat. Sehingga yang perlu menjadi bahan pertimbangan kita adalah objek apa yang ingin kita sandingkan dengan matahari terbenam.
Jika kita menginginkan matahari terbenam bersanding dengan gedung Chrysler maka 42nd Street. Namun jika kita menginginkan Empire State Building dalam frame foto kita, maka 34th Street adalah pilihan terbaik. Selain itu 14th dan 23rd Street juga merupakan tempat terbaik. Namun apabila kita menginginkan tempat yang tidak begitu ramai, maka seberang sungai kota bagian Queens akan cocok sekali.

2. Pilih Waktu Terbaik
Berbeda dengan Indonesia, matahari terbenam di Manhattan terjadi pada pukul 20:21. Oleh karena itu, sebaiknya kita sudah berada di tempat pilihan kita beberapa jam sebelumnya.
Manhattanhenge adalah peristiwa langka yang Instagram-able, sehingga tempat-tempat terbaik tentu saja dipenuhi oleh orang-orang. So, be ready instapeople, jangan sampai nggak kebagian tempat ya...

3. Berhati-hati Saat Memandang atau Mengambil Gambar
Apabila kita memutuskan untuk menikmati Manhattanhenge di 14th, 23rd, 34th, 42nd, dan 57th Streets, maka kita hanya bisa menikmatinya di tengah jalan raya. Oleh karena itu berhati-hatilah karena lalu lintas Manhattan cukup padat. Manfaatkan waktu yang disediakan saat penyeberangan di zebra cross untuk dapat menikmati dan mengabadikan momen Manhattanhenge.
Apabila kita dapat menemukan jembatan, maka itu lebih baik lagi karena kita bisa menikmati senja dengan lebih aman dan nyaman. Wow.., kebayang deh indahnya ...

4. Persiapkan Kamera dan Pengaturannya
Untuk mengabadikan Manhattanhenge dengan baik, maka sebaiknya persiapkan peralatan yang mumpuni. Bagi para fotografer mungkin dapat mempersiapkan tripod dan shutter remote untuk mencegah blur. Selain itu, penggunaan lensa zoom 18-85mm juga baik sehingga Anda dapat mengubah angle dengan cepat.

Tapi, kamera smartphone dan mirrorless will do, kok. Yang penying kamu punya alat perang buat mengabadikan momen unik dan berharga itu.


Nah, udah siap deh kita menyaksikan Manhattanhenge !. Yuk, ah, rencanain jalan-jalan kamu ke New York sekarang ...

*****

Posted By

1 comments

  1. Wah, habis baca artikel ini, langsung browsing lebih jauh tentang Manhattanhenge.
    Ternyata ada juga 'cityhenge' lainnya seperti Chicagohenge, Bostonhenge, Phillyhenge, Torontohenge dan Montrealhenge.

    Manhattanhenge, fenomena indah yang sangat dinanti sang pencinta senja.

    Sama seperti Campuhan Ridge Walk yang dinanti pencinta trek jogging tidak biasa.

    BalasHapus