7 Little Things I Do to Boost My Mood and Productivity | TIPS


I am a very visual person. Saat sekolah sampai kuliah dulu, ketika ujian tulis dan saya lupa akan jawaban suatu soal, biasanya saya akan membayangkan gambar serta warna di halaman mana jawaban dari soal tersebut tertera. Alhasil, bukan hanya saya bisa menjawab soal-soal ujian, saya bahkan bisa mengingat di halaman berapa jawaban soal tersebut tertulis, lengkap dengan detail gambar dan warnanya jika ada.

Saya juga ingat, mama pernah protes karena saya berlangganan beberapa majalah perempuan yang kebanyakan isi dari majalah tersebut 'hanyalah' iklan. Saya jelaskan pada mama bahwa saya senang membaca artikel-artikel dalam sebuah majalah dan saya pun suka melihat iklan-iklan dengan gambar yang bagus, berwarna, dan imajinatif, karena hal tersebut seperti menginspirasi saya, membuat saya semangat untuk berkreasi dan bekerja. Yes, i am that visual :).

Kebetulan masih suasana tahun baru, nih, dan salah satu target saya di awal 2018 ini adalah beberes ruang kerja di rumah agar semakin semangat dan produktif. Maklum, kalau kerja dari rumah kan banyak excuse-nya, hihihi..

Kebetulan juga saya pernah hadir di acara CASIO Blogger Gathering yang bertema "Little Things To Boost Mood & Productivity" di mana Diana Rikasari hadir sebagai salah satu pembicara.

Dalam kesempatan tersebut Diana Rikasari berbagi tips bagaimana benda-benda kecil di sekitarnya dapat memengaruhi suasana hati, kreativitas serta produktivitasnya dalam menulis. Diana menjelaskan kepada para blogger dan jurnalis yang hadir bahwa pemilihan warna dari benda di sekitar kita dapat memberi efek tersendiri.

Ia menyukai benda-benda kecil di atas meja, semakin penuh warna akan semakin baik. Karena percaya atau tidak, benda kecil dapat memberinya energi yang postif. Diana merasa senang saat ia dikelilingi benda warna-warni tersebut karena dapat membantu memberinya ide-ide yang kreatif. Wahhh, saya banget, nihhh…

Seperti halnya Diana, saya juga sangat suka dengan pernak-pernik berwarna di ruang kerja, maka saat saya ingin mengganti suasana ruang kerja, yang saya lakukan sederhana saja, yaitu hanya mengganti beberapa barang lama dengan yang baru dan lucu. Dan nggak selalu beli, lho, beberapa saya buat sendiri alias DIY. Lainnya saya beli di beberapa tempat, salah satunya kalkulator yang saya beli di MatahariMall.com.

Makin naksir sama Casio My Style saat diundang ke peluncurannya beberapa lama yang lalu.
Mr. Yasuhiro Ito, General Manager of Overseas Calculator Sales CASIO Jepang ikut hadir dalam blogger gathering tsb.

Dalam bidang pekerjaan saya yaitu membuat konten baik yang berupa artikel, foto, maupun video, saya merasa sangat perlu stimulasi yang bisa membangkitkan mood, produktivitas serta kreativitas. Di artikel ini, saya ingin berbagi mengenai hal-hal kecil yang biasanya membuat saya bersemangat dalam bekerja. Ehh, ada tips dan DIY-nya juga, lho...

Nah, berikut ini 7 hal kecil (namun efeknya besar) yang saya lakukan demi membangkitkan mood dan memaksimalkan produktivitas. Kamu juga bisa melakukannya, lho. Semoga menginspirasi yaaa...

1.CHECK YOUR COLOR
Yup, ini adalah hal pertama yang saya lakukan. Sebenarnya saya sudah tahu apa warna kesukaan saya, yaitu warna-warna pastel seperti pink, biru, dan tosca. Namun selama ini sepertinya saya 'denial' alias nggak terima kalo saya se-girly, itu, hihihi..

Selama ini warna yang saya akui sebagai warna kesukaan justru hitam dan abu-abu. Masa cewek yang katanya tomboy seperti saya suka warna pink, sih? ;p

Daaaannn..., saat saya mengecek kembali tentang warna yang cocok buat saya di www.knowyourcolor.id jawabannya adalahhhh... PINK!

Suami saya sampai tertawa saat saya memperlihatkan hasil tes padanya. "Makanya, nggak usah denial, deh. Aku tuh tahu, warna kesukaan kamu dari dulu itu pink, ungu, biru, dan tosca..."

Jadi, untuk mulai menata kembali ruang kerja beserta pernak-perniknya, saya memang ingin menentukan warna yang benar-benar saya sukai karena saya ingin memasukan elemen warna tersebut di beberapa sudut ruang kerja.

Hasil tes di www.knowyourcolor.id ini makin membuat saya yakin tentang warna yang harus saya pilih untuk menghias ruang kerja.

Eh, trus tahu nggak kenapa penting untuk tahu warna kamu apa?. Karena para penata interior dan seniman percaya bahwa warna berpengaruh pada mood, perasaan, dan emosi.

So, are you curious what color you are?. You can also check your color at www.knowyourcolor.id.

Ini hasil tes saya. Kalau kamu?

2. APPEALING WORKING DESK
Namanya juga home office, ya salah satu yang wajib saya buat nyaman adalah meja kerja, karena saya menghabiskan mayoritas waktu bekerja di ruang tersebut.

Dalam ruang kerja, hampir semua yang saya butuhkan untuk bekerja ada di sana, terutama meja. Saya memilih meja kerja yang tidak besar namun cukup untuk meletakan sebagian perlengkapan, mulai dari laptop, alat-alat tulis, moodboard, sampai tanaman kecil. 

Kebanyakan orang pasti sudah memiliki meja, namun tinggal bagaimana kita menatanya, menempatkan pernak-pernik cantik, dll, agar meja tersebut membuat kita semakin semangat berkreasi.

Berikut beberapa tips yang saya lakukan dalam menata meja kerja di rumah ...

TEMPAT KHUSUS
Siapkan satu tempat khusus untuk menaruh meja kerja, entah sebuah ruang kerja atau pojok ruangan yang menyatu dengan kamar tidur, ruang makan, atau tempat lainnya yang cukup kondusif untuk bekerja.

Jika belum punya ruang khusus dan memakai ruangan lain untuk bekerja, hindari ruangan yang terlalu ramai atau sering dilewati anggota keluarga karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasi kita dalam bekerja.

MEJA YANG PAS
Selain nyaman, meja kerja kita sebaiknya ergonomis, di mana tubuh kita tidak akan pegal karena meja yang terlalu tinggi atau terlalu pendek.

TAMBAH AKSESORIS
Beri pernak-pernik lucu yang enak dipandang mata. Moodboard yang berwarna-warni, boneka kecil, foto, tanaman, dan tentu saja taruh stationery yang lucu di atasnya.

RAPIKAN MEJA KERJA
Ingat ya, meja kerja yang berantakan is a big no no, alias nggak banget!. Mood kita malah akan rusak jika meja dipenuhi kertas, majalah, pulpen, piring makanan, dan lain-lain.

Biasakan untuk selalu merapikan meja kerja seusai menggunakannya. Simpan kertas-kertas dan lainnya di dalam laci, jadi keesokan harinya kita bisa mulai bekerja dengan mood yang bagus lagi.

Ruang kerja saya didominasi warna yang sesuai dengan hasil saya di www.knowyourcolor.id :)

3. COLORFUL STATIONERY 
Sejak masih sekolah sampai sekarang, salah satu hal yang membuat saya bersemangat dalam belajar dan bekerja adalah alat-alat tulis yang lucu dan berwarna-warni.

Saat sedang membaca buku dan mendapatkan informasi penting, saya pasti akan meng-highlight buku tersebut dengan spidol berwarna. Saat sedang mencatat di buku harian serta buku ide, selain pulpen berwarna, saya juga senang menempelkan stiker.

Saat mencatat dan menghitung keuangan, saya menggunakan kalkulator Casio My Style yang sumpah lucu-lucu banget warnanya :). Bukan hanya warnanya saja yang oke, tapi saya juga suka dengan disainnya yang stylish.

Kenyamanan, meski hanya untuk kalkulator, juga sangat penting buat saya. Casio My Style punya lengkungan di setiap sisinya yang membuat kalkulator berwarna ini nyaman digenggam. Bentuk tombol-tombolnya yang flat dan presisi serta karakter font-nya membuat benda ini makin enak dilihat.

Saat ini saya punya dua colorful calculator, yang pertama berwarna pink dengan ukuran kecil sehingga mudah dibawa-bawa, yang kedua berwarna ungu dengan ukuran yang lebih besar dan khusus untuk saya pakai di meja kerja.

Buat saya, kalkulator bukan hanya tentang fungsinya untuk menghitung namun benda ini juga punya fungsi lain yaitu fashion dan lifestyle, di mana saya bisa mengekspresikan diri sesuai dengan gaya saya.

Meja kerja saya yang dipenuhi oleh alat tulis warna-warni. Sebagian disimpan di dalam laci.

Keberhasilan CASIO dalam memproduksi kalkulator yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen Indonesia tidak lepas dari dukungan penuh PT. Sahabat Utama TraCo yang merupakan distributor pilihan dan sudah memiliki jaringan distribusi di seluruh Indonesia dengan bekerja sama dengan sub distributor dan dealer di berbagai area di seluruh Indonesia.

Erick Moeksim, Sales Director PT. Sahabat Utama TraCo mengatakan bahwa hingga saat ini CASIO dan PT. Sahabat Utama TraCo mengkolaborasikan 3 konsep yakni kerja sama yang erat dengan para pelaku bisnis yaitu sub distributor dan dealer, kegiatan aktivasi produk baik online maupun offline, dan melakukan kegiatan untuk para guru dan siswa. Jadi dijamin kamu bakal gampang nemuin kalkulator lucu ini di mana-mana :). 

Btw,kamu pengen juga punya CASIO My Style Colorful Calculator yang didistribusikan oleh Sahabat Utama ini?. 

Kamu bisa dapetin DISKON lumayan banget, lho, dengan beli kalkulator lucu ini di Matahari Mall pakai kode CASIOBLOGUH79.

Yuk, ah, langsung dicek aja warna-warnanya yang lucu dan modelnya yang stylish ...

Calculator Casio pink ini ukurannya lebih kecil dan biasanya selalu saya bawa di tas bersama dengan buku catatan.

4. MUSIC
Musik adalah salah satu yang hampir selalu menemani saya saat bekerja. Biasanya saya akan menyetel musik dari komputer yang sedang saya pakai.

Saya menyukai hampir semua jenis musik, namun saat bekerja biasanya saya menyukai musik yang easy listening. Karena saya sedang suka dengan bahasa Perancis, lagu favorit yang wajib banget saya dengarkan saat sedang butuh ide dan kreativitas antara lain adalah lagu-lagu Couer De Pirate seperti Mistral Gagnant dan Comme Des Enfants, atau lagu-lagu Indila dan Carla Bruni.

Bekerja sambil mendengarkan musik benar-benar bikin mood saya makin bagus dan biasanya saya pun menjadi lebih produktif dan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan di hari tersebut.

5. MOOD BOARD
Buat yang belum tahu, selain pecinta #DIY, saya pun #ToDoListAddict yang seneng banget bikin to do list dan jadwal. Jadi punya mood board yang berfungsi sebagai planner juga penting sekali buat saya.

Kebetulan sekali mood board saya sudah usang, jadi saya pun membuat mood board baru dengan beberapa bahan yang ada di rumah.

Bahan-bahan DIY Mood Board adalah:
  • Board bekas, bisa yang dari kayu atau gabus.
  • Kertas kado dengan motif yang disukai.
  • Kain tile warna senada dengan kertas kado.
  • Post-it planner siap pakai, atau buat sendiri menggunakan kertas HVS/karton.
  • Foto dan gambar-gambar favorit.
  • Quotes yang sudah diprint.
  • Paku payung dan pin.
  • Gunting.
  • Double tape.
Cara membuat:
  1. Lapisi board usang dengan kertas kado, tempelkan dengan double tape.
  2. Lapisi board dan kertas kado dengan kain tile, gunakan paku payung di ujung board.
  3. Pasang planner di sudut board. Bisa menggunakan double tape atau paku payung.
  4. Tempelkan gambar, foto dan quotes sesuai selera.
  5. Gunakan sisa kain tile untuk membuat pita dan tempelkan di mood board sebagai aksesoris.
Selesai! dan di bawah ini penampakannya, lucuk, ya... Ada video tutorialnya, sih, tapi masih diedit, nanti saya posting juga yaa...

Makin semangat kerja, deh...

6. CUTE PLANTS
Saya suka sekali dengan tanaman sehingga ornamen ini wajib banget ada di ruang kerja. Eh, selain itu, memang ada alasannya, lho, mengapa tanaman membuat mood dan produktivitas kita lebih baik. 

Meletakan tanaman di rumah atau di ruang kerja dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Pekerjaan yang dilakukan di ruangan bernuansa natural seperti adanya tanaman-tanaman biasanya lebih berkualitas dan selesai dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang dilakukan di tempat yang tidak memiliki unsur natural.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Michigan, bekerja di alam terbuka atau memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga dua puluh persen. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

Sedangkan menurut sebuah artikel di NBCnews, adanya tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen serta mengurangi stress dan meningkatkan mood.

"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood." - NBCnews

Kerennya lagi, tanaman ternyata juga mendatangkan kebahagiaan. Yes, tanaman dan bunga-bungaan yang ada di sekitar rumah dan ruang kerja meningkatkan mood kita serta mengurangi tingkat stress. Tanaman dan bunga juga memberikan energi positif dan membantu kita merasa lebih rileks dan aman.

Duh, kalau mau digali, banyak sekali ternyata manfaat tanaman bagi kita, lho, sehingga saya makin bersemangat menambah koleksi tanaman di ruang kerja, bahkan menghiasnya agar makin lucu, berwarna dan indah.

Sudut tempat tanaman di ruang kerja saya.

DIY pot kecil untuk ditaruh di meja kerja.

Berikut DIY Pot Tanaman Warna-warni ala saya ...

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  • Pot baru/bekas.
  • Cat poster warna-warni.
  • Kuas beberapa ukuran.
Cara membuat:
  1. Cat pot warna-warni sesuai keinginan kita.
  2. Beri hiasan atau aksen dengan kuas kecil, bisa ditekan-tekan sehingga berbentuk polkadot atau gambar bunga, dst.
  3. Keringkan pot dengan menjemurnya di luar.
  4. Jika pot sudah kering, tanaman dan media tanamnya siap untuk dimasukan ke dalam pot kembali.
Gampang banget kan. Hanya perlu beberapa menit untuk mengecatnya dan voila, tanaman kecil saya berubah menjadi cantik dengan pot warna-warninya!.

7. HEALTHY SNACKS
Yup, sebagai pecinta camilan, saya nggak bisa kerja tanpa ngemil, hihihi. Tapi untuk mengimbangi hobi ngemil, saya harus memilih camilan sehat terutama saat bekerja.

Biasanya saya akan menyediakan camilan sehat seperti buah-buahan, kacang almond iris dan dried fruits yang rendah kalori di samping meja kerja saya. Saat mengonsumsi camilan sehat, saya tidak merasa bersalah dan sebaliknya justru lebih berenergi dan makin produktif.

Camilan sehat ditambah teh hijau, dope!

Nah, itu dia tips nge-boost mood serta produktivitas dari saya, semoga berguna yaaa... dan jangan lupa, kalau naksir #CasioMyStyle seperti punya saya, langsung aja mampir ke Matahari Mall (linknya di sini ) dan gunakan kode CASIOBLOGUH79.

See you in my next post, yaaa ...


*****

Posted By

66 comments

  1. Setuju banget ni mba Zata. Warna yang bikin kita happy itu pasti ngaruh banget sama mood kita sehari hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, aku tipe yang seneng sama warna2, jadi happy bgt kalo dikelilingin warna :)

      Hapus
  2. wahhh cakep banget ruang kerjanya

    BalasHapus
  3. Cocok nih untuk ayu coba, mood akhir2 ini cepet banget terjun bebas, harus cari cara biar bisa tetep naik moodnya. Makasih mbak zata infonya.

    BalasHapus
  4. Waaaa meja kerjanya warna-warni amat sedangkan aku gak punya meja kerja di rumah hahahaha
    Btw, kalkulatornya gemesssss warna ungu

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu kan kerjanya di mana2 jadi mejanya juga dimana2 kali ya, hihihi.. iya gemezin banget smua warnanya Putt..

      Hapus
  5. fokus warna kalkulator hahaha. Asyik ya warna yang kita suka sesuai dengan test. Selamat kerja kak, sukses!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Git, untung ngetes warna dulu dan sesuai pula hasilnya, senenggg...

      Hapus
  6. Lucu warna-warnanya. Aku dapatnya warna hijau tosca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh iya, hijau tosca juga lucu tuh. aku maunya sih beli semua warna tapi ntar diomelin suami, hihihi...

      Hapus
  7. Casip makin digemari pengguna kalkulator

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya fungsional banget dan stylish sih mas..

      Hapus
  8. Jadi pengen test deh kira-kira warna aku apa yah?

    BalasHapus
  9. You are what you think. Here's the real you sis! How you enjoyed your life as seen as your colorful stuff is at your home and poppin' up in your fashion style/ appearance. Keep as it's you. Stay fun, fierce and being you ya mbak. I'd respect for all above

    BalasHapus
  10. wuih keren banget tipsnya, terutama yang healthy snack :D hehehe

    BalasHapus
  11. Ruang kerjanya bagus bgt iihhh. Mupeenggg. Warna warni bikin semangat bener 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, warna2 cantik bikin mood tambah bagus ya mba..

      Hapus
  12. Warna memiliki banyak makna ya...

    BalasHapus
  13. Mbaa, meja kerjanya bikin mupeng iiih

    BalasHapus
  14. Meja kerjanya, barang-barangnya juga lucu. Saya koq jadi ingin lihat rumahnya Mba. Suka sekali lihat pernak pernik lucu begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh makasih mba Yunitaa, yuk ah kapan2 mampir :)

      Hapus
  15. Oh my God mbaaaaaaaaaaaaaa lucu banget sik ruang kerjanya. Aku sukaaaaak. Ak pecinta warna warna jreng. Jd suka banget sama segala sesuatu yg colourful. Skrg lg bertahap nih ngerombak meja kerja di kantor. Masalahnya ada batasan standarisasi meja kantor. Jadi aku gak bisa eksperimen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo semangatt. Iya sih klo di kantor pasti ada aturan2nya ya. kalo gitu mainin di pernak-perniknya aja mba dan kasih aksen colorful di meja..

      Hapus
  16. keceeeee, bacanya aja juga bikin mood booster nih mb Zataaaa :)

    BalasHapus
  17. Beruntungnya bisa ketemu Diana Rikasari :D

    BalasHapus
  18. Ruang kerja dan pernak-perniknya rapi dan cakep mbak, jadi terinspirasi nih

    BalasHapus
  19. Waaah ruang kerjanya bagus banget mbak Zata! Aku mau coba bikin mood board juga ah. tapi bingung nanti ditaronya di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naronya ngga mesti di ruang kerja kok Ty, taro aja di sudut yang biasa dipake kerja

      Hapus
  20. Ruang kerjanya bagus banget mba, aku jadi pengen punya ruang kerja seperti itu. Selama ini kerja dimana saja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja di mana aja asal nyaman sih oke2 aja kok mba.. yasud, bikinlah ruang khusus buat kalo lg kerja dari rumah mba lis..

      Hapus
  21. ini pink banget?? anjay keren beuts euy....

    BalasHapus
  22. ya ampun ... you are so colorful yaaa mbak.
    Btw, warnaku adalah KUNING 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya mas idfi. eh kuning juga lucuuuu...

      Hapus
  23. Warna memang menentukan mood ya mbak. Kalau aku suka warna-warni

    BalasHapus
  24. Emang bener sih, warna jadi unsur terpenting untuk mood booster

    BalasHapus
  25. Ruang kerjanya apik banget, mbak Zata. Jadi pengen punya ruang kerja sendiri nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk bikin, banyak yang bisa dibikin sendiri kok mba ..

      Hapus
  26. warna ku kuning ternyata mba. maksih udh share foto ruang kerjanya, jadi inspirasi buat aku. btw itu tas jinjing yang anyaman, dirumahku ada buat beli sayuran mamaku ke pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa kuning juga lucuk tuh.. hihi iya, aku suka tas2 model gitu, ya buat ke pasar, buat pajangan, bahkan buat pot

      Hapus
  27. Ahh... impian banget bisa punya meja kerja sendiri. Sekarang ini masih nebeng sama punya anak-anak. Liat meja kerja ka zata jadi pengen bikin kaya gitu, tapi maunya tosca atau hijau. My favorite color :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ci bikin aja, bisa pesan di tukang mebel juga kok. Wahh tosca kan ucul, suka juga gw sama warna itu cii..

      Hapus
  28. Pasti betah berlama lama di ruang kerja yang rapih dan apik dengan warna yang colourful dan pasti hasil kerja lebih maksimal karena suasana hati ikut terbawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mang, bener, semangat kerja nambah dan biasanya hasil kerjanya juga lebih oke :)

      Hapus
  29. wah meja kerjanya lucu banget, mbak. kalau meja kerja saya asli berantakan banget. tapi saya pada dasarnya memang bukan tipe yang suka dengan barang-barang fancy sih. heu. btw selamat ya, mbak menang di lomba casio-nya :)

    BalasHapus
  30. Ruang kerjanya cakep, secakep yg punya. Nggak salah mbak dapet trip ke Japan, yeaaay selamat mbak cantik :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. awww, bikin ge er aja ih.. makasih yaaa...

      Hapus
  31. demi apa coba, ka zata bagus banget!! naksir sama semua barangnya :(

    BalasHapus
  32. This information you give us is great.

    BalasHapus