Kenapa Personal Branding Penting?


Saat dengar nama Mira Sahid lalu teringat Yoga dan KEB?. Atau saat dengar kata beauty blogger jadi ingat Tara Amelz?. Atau saat BloggerCrony disebut langsung teringat Wardah Fajri?. Serta masih banyak blogger lain yang memiliki personal branding dan keunikannya masing-masing.

Hal di atas hanya sebagian kecil dari pentingnya personal branding. Bagaimana personal branding bisa membantu kita lebih dikenal sebagai profesi, sebagai brand, atau sekedar sebagai individu yang berbeda.

Trus, apa sih, personal branding itu?. Personal branding adalah bagaimana cara kita memasarkan diri sendiri sebagai sebagai merek/brand atau pun sebagai profesi/karir. Personal branding merupakan usaha kita dalam membentuk image dan impression di dalam pikiran orang lain tentang seseorang, ya diri kita sendiri atau orang lain yang sedang kita tangani personal branding-nya.

Sadar atau tidak, setiap orang punya personal brand yang unik namun bisakah kita memanfaatkan personal brand tersebut dan menjadikannya menarik, unik, dan powerful?.

Lalu, kalau personal brand kita sudah kuat dan dinotice orang, apa untungnya buat kita?. Selain satu hal yang sudah saya sebutkan di atas tadi, memiliki personal brand yang kuat akan sangat menguntungkan, di antaranya:

DIHUBUNGI BRAND/AGENSI
Yes, brand dan agensi bisa langsung menghubungi kita karena kuatnya personal brand yang sudah terbentuk. Saat mereka mencari blogger, influencer, mamapreneur, dll, yang ingin mereka ajak bekerjasama, pasti mereka sudah mendengar tentang personal brand kita dan tertarik dengan hal tersebut.

MENDAPAT PEKERJAAN
Masih berkaitan dengan hal di atas, biasanya setelah dihubungi akan ada tawaran kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Asik, kannn...

LEBIH DIKENAL DAN JARINGAN BERTAMBAH
Karena personal brand kita unik, kuat dan engaging, popularitas kita pun bisa naik karenanya. Kita akan lebih dikenal sesuai dengan bidang yang kita geluti.

Tak hanya itu, karena lebih dikenal, kita juga akan lebih sering bertemu orang baru baik online maupun offline dan ini merupakan network yang bagus buat kita.

MAKIN PERCAYA DIRI
Percaya diri adalah bonus dari personal branding yang berhasil. Karena banyak tawaran pekerjaan, network yang makin luas, tawaran kerjasama, dll, tentu saja kita menjadi lebih percaya diri.

BISA PUNYA BISNIS SENDIRI
Nggak sedikit, lho, orang-orang dengan personal brand yang kuat akhirnya memiliki bisnis sendiri. Entah memiliki agensi, memiliki toko online, clothing line, dan lain sebagainya.

Jadi, apapun tujuan kita, ingin lebih dikenal, ingin mendapat lebih banyak tawaran kerja, dilirik oleh brand dan media, personal branding yang menarik dan unik adalah kuncinya. Yuk, sama-sama upgrade personal branding kita ... 

*****

Posted By

23 comments

  1. Wow! kalo kita dah punya personal branding untungnya banyak yah. Terutama point ke-1 tuh. Nice infonya mbka Zata. 😱👍

    BalasHapus
  2. Catet banget nih tentang personal branding, saya sebenernya masih galau juga sih branding saya gimana hehe *tutup muka.

    BalasHapus
  3. informatif banget mba zata...makasi ya.

    BalasHapus
  4. Zata, ajarin dooong personal branding :)

    BalasHapus
  5. jadi tanya2 sendiri nih, personal branding aku apa ya? :)

    BalasHapus
  6. Personal branding berpengaruh pd sikap org thd diri kita ya kak

    BalasHapus
  7. thanks kak infonya, kebetulan aku lg mencari identitas diri utk personal branding :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoo, mulai dipikirin aja Nes soal branding ini ;p

      Hapus
  9. Makasih infonya mba zata, aku belum punya personal branding diri sendiri nih, bisa di ajarin dong mba.hehehe

    BalasHapus
  10. Duuhh ak bingung nih klo udh ngomongin personal branding. Bingung apa ya yang bikin aku punya personal branding..

    BalasHapus
  11. Aku mulai mencoba personal branding juga nih mba Zata, pengin dikenal blogger hiburan (film dan musik), untuk itu perbanyak belajar dua hal tersebut.

    BalasHapus
  12. Ibaratnya identitas diri...

    BalasHapus
  13. aahh keren mbak tulisannya. Buat blogger pemula kayak saya ini, emang wajib utama yang dicari personal branding sebenernya. semakin kuat personal branding, semakin kuat juga tawaran kerjasama brand besar >,< btw, congrats yaa mbak, jalan2 ke japannya. cmiww! happy holiday :)

    BalasHapus
  14. Personal branding memang penting banget ya mba. Apalagi buat kita-kita. Suka ama tulisannya. Makasih sharingnya ya.

    BalasHapus
  15. Menguatkan Personal sebagai brand memang penting ya mbak, bukan gado-gado...

    BalasHapus
  16. Poin pertama dan kedua emang keuntungan utama banget ya mba. Thanks for sharing :D

    BalasHapus
  17. Noted. ahh selalu suka dengan sharingnya mba Zata, salah satu blogger inspirasiku

    BalasHapus
  18. Bener banget kak Zata. Personal Branding juga harus dibentuk oleh para Blogger

    BalasHapus
  19. Aku masih dlm proses mba buat membranding diri ingin menjadi sperti apa, btuh waktu dan proses untuk menju ke arah personal branding yg kuat. Duh kalo liat keuntunganya jadi makin smngat buat berusaha puny personal branding yg kuat.

    BalasHapus
  20. Kalau denger kak Zata jadi inget #mamablogger

    BalasHapus
  21. Nah mantab tuh, puncaknya bisa bikin bisnis sendiri, karena sudah banyak jaringan n pede!

    BalasHapus
  22. Saya lagi belajar juga nih soal personal branding, makasih sharingnya mbak :)

    BalasHapus